Data Scientist adalah salah satu profesi yang sedang banyak dicari saat ini. Namun kebutuhan perusahaan terhadap Data Scientist berbanding terbalik dengan tenaga kerjanya. Oleh karena itu peluang menjadi seorang Data Scientist sangat terbuka. Nah bagi Anda yang merupakan seorang IT Fresgraduate dan tertarik terjun kedalam bidang yang satu ini, wajib mengetahui tugas dan tanggung jawab apa sih yang nantinya akan dikerjakan seorang Data Scientist.

Tugas Penting Data Scientist

Menganalisis data perusahaan

Analisis data merupakan sesuatu yang sudah pasti akan dilakukan seorang Data Scientist. Untuk pekerjaan seorang Data Scientist di Perusahaan skala menengah mereka diharuskan untuk mengambil data dari database dengan menggunakan query SQL, membuatkan tabel pivot dengan menggunakan Microsoft Excel atau bisa juga menggunakan software lainnya seperti SPSS, memvisualisasikan data dalam bentuk grafik dan terkadang juga menggunakan bantuan bahasa pemrograman untuk melakukan analisis data seperti R dan MATLAB.

Di beberapa perusahaan ada di Indonesia seorang Data Scientist diberikan tugas lain seperti menganalisis akun Google Analytic perusahaan atau paltform lain seperti PIWIK yang sudah terkoneksi langsung dengan data penjualan perusahaan. Tugas-tugas seperti ini akan sangat cocok bagi Anda yang merupakan seorang IT Freshgraduate yang mulai berkecimpung di profesi Data Scientist.

Menjadi penanggungjawab kualitas data perusahaan

Apabila suatu perusahaan memiliki trafik data yang tinggi seperti data konsumen, penjualan, maupun statistik website. Peran dari seorang  Data Scientist , karena mereka mampu menyiapkan infrastruktur data perusahaan dengan baik. Tak heran apabila banyak perusahaan akan mencari “Data Scientist” dan “Data Engineer” untuk melakukan tanggung jawab ini. Dalam konteks ini, seseorang dengan latar belakang Software Engineer juga mempunyai peluang lebih agar diterima sebagai kandidat yang dicari perusahaan. Infrastruktur data yang diinginkan oleh perusahaan seperti mampu membangun struktur data yang baik, kemudahan akses serta kemudahan untuk melakukan analisis data.

Penelitian terkait data

Untuk tugas Data Scientist yang satu ini biasanya sering dilakukan oleh Data Scientist yang bergerak di sebuah perusahaan dengan produk berupa jasa analisis data atau analytical platform. Seperti: Histat, Google Analytic dan PIWIK. Untuk pekerjaan dalam menganalisis data, Data Scientist dengan latar belakang ilmu matematika, statistika, dan fisika akan jauh lebih mudah menyelesaikan tugas ini. Latar belakang seperti tentunya sudah mempunyai dasar yang kuat terhadap keilmuan tersebut yang erat kaitannya dengan penelitian.

Sebagaimana kita ketahui produk yang dihasilkan ilmuan pastinya memiliki nilai yang sangat tinggi untuk pengembangan selanjutnya oleh praktisi terkait. Hasil dari penelitian tersebut bisa digunakan sebagai metode penentuan keputusan konsumen pengguna jasa analisis data atau dapat diterapkan lebih lanjut pada produk analytical platform perusahaan tersebut.

Mengola Big Data

Perusahaan yang berhubungan dengan Big Data sebagian besar adalah perusahaan non-data. Berbeda dengan tugas di nomor 3 dengan studi kasus perusahaan lain. Tugas yang satu ini akan berkaitan dengan melakukan analisis data perusahaan tersendiri dalam jumlah yang besar. Perusahaan ini pastinya akan memiliki kebutuhan tenaga Data Scientist yang lebih banyak dari perusahaan biasanya.

Data Scientist pada bidang ini akan dituntut untuk mahir dalam menggunakan platform Big Data seperti Hadoop, Hive dan Pig serta pemahaman menggunakan SAS dan R untuk mengurangi beban komputer melakukan analisis data. Pemahaman yang matang terhadap Machine Learning akan menjadi pertimbangan yang luar biasa penting di perusahaan jenis ini. Perusahaan jenis ini memiliki trafik yang sangat tinggi, seperti perusahaan telekomunikasi, perusahaan marketplace, dan lain-lain.

Baca juga artikel lainnya : Kisaran Gaji Data Scientist di Indonesia Tahun 2020


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 39 times, 1 visits today)