Anda pasti sudah sangat mengenal dengan profesi di bidang teknologi informasi seperti front end developer, back end developer atau full stack developer. Profesi umum tersebut sangatlah penting dan banyak dicari oleh perusahaan di Indonesia. Namun, ada satu lagi profesi yang saat ini mulai naik daun dan memiliki peranan yang penting bagi perusahaan. Profesi itu adalah network architect. Nah jika Anda tertarik ingin menjadi network architect berikut tanggung jawab dan skill yang dibutuhkan.

Tugas Network Architect

network architect

Sumber Foto : codemotion.com

1. Mendesain jaringan

Ini merupakan tugas utama yang harus dikerjakan oleh seorang arsitek jaringan. Pada saat mendesain jaringan, efisiensi bukanlah satu-satunya aspek yang selalu dipertimbangkan. Ada faktor lain seperti kebutuhan bandwidth, infrastruktur, dan keamanan juga harus dipikirkan. Karena, desain yang dirancang seorang network architect harus bisa memenuhi kebutuhan yang ditetapkan perusahaan berdasarkan kapasitas dan tujuannya.

2. Membuat model jaringan

Untuk mengerjakan tugas ini, Anda harus mengetahui informasi tentang network traffic yang berfungsi untuk mengestimasi pertumbuhan jaringan. Dengan begitu, seorang network architect tahu akan kebutuhan apa saja yang harus disediakan agar performa jaringan tetap maksimal.

3. Menjaga keamanan jaringan

Salah satu tanggung jawab  lain yang tak kalah penting adalah memastikan bahwa jaringan yang dibuat juga aman dari kejahatan-kejahatan digital seperti hacking dan sebagainya. Untuk terjun ke profesi ini, Anda wajib memiliki pengetahuan di bidang cyber security.

4. Membuat jadwal perawatan sistem jaringan

Mereka juga harus bisa mengatur dan mengawasi sistem jaringan, termasuk juga membuat jadwal perawatan sistem jaringan. Karena dengan melakukan maintenance atau perawatan secara rutin, merupakan cara menjaga jaringan agar tetap bisa bekerja optimal.

Skill yang Dibutuhkan Network Architect

  • Komponen jaringan komputer. Mereka wajib memahami komponen-komponen yang digunakan. Anda wajib memahami bagaimana cara menggunakan dan merawat komponen-komponen jaringan komputer tersebut.
  • Sistem informasi. Anda juga wajib paham tentang sistemnya. Mereka harus tau bagaimana alur sistem informasi yang dan memahami teknologi terkait sistem informasi.
  • Manajemen proyek. Bukan cuma hardskill aja, softskill juga perlu. Softskill utama yang diperlukan profesi ini adalah skill manajemen proyek.erlaksana, dan terawat sebaik mungkin.

Baca juga : Tugas IT Infrastructure yang Hasilkan Gaji Besar


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 39 times, 1 visits today)