Salah satu profesi yang semakin banyak dibutuhkan perusahaan di Indonesia adalah network engineer. Hal ini disebabkan karena internet sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi perusahaan. Nah bagi Anda yang tertarik dan ingin menjadi network engineer , simak ulasan berikut ini.

Apa Tugas Network Engineer ?

Tugas utama profesi network engineer adalah untuk menjaga keberlangsungan serta stabilitas jaringan internal di perusahaan. Ukuran stabilitas jaringan internet mulai dari panggilan, video, suara, data dan hal lainnya.

Selain itu, terdapat tugas lain dari profesi ini seperti ;

1. Mendesain jaringan

Tugas ini mengharuskan Anda untuk membuat kerangka untuk komponen organisasi, fisik dan juga konfigurasi fungsional di jaringan yang ingin digunakan.  Tak hanya itu, Anda harus membuat uraian seputar layanan dan produk yang dipakai agar pendataannya benar di setiap jaringan.

2. Mendukung pemakaian jaringan

Untuk dapat mengerjakan tugas ini, Anda harus mempunyai pemahaman dasar seputar jaringan internet hingga proses konfigurasi dan penginstalannya yang meliputi DNS, WAN accelerators, proxy servers, router dan juga DHCP.

3. Melakukan pengadaan peralatan

Tugas ini terdiri dari mencari kontraktor yang menjual alat jaringan. Ada tiga hal penting yang harus Anda perhatikan, yaitu kualitas alat, usia alat dan biaya. Bagi mereka yang berprofesi sebagai engineer, meminimalisir harga konsumsi menjadi hal penting untuk diperhatikan.

4. Membuat jaringan yang aman 

Masalah ini menjadi tugas utama seorang engineer, karena harus menciptakan jaringan yang efisien dan juga aman dari gangguan.

Tak hanya membuat jaringan yang aman, Anda juga harus membuat jaringan yang efisien. Efisien ini berhubungan dengan harga yang dikeluarkan untuk membangun sebuah jaringan. Apalagi  jika internet aman itu mempunyai harga mahal dan tentu ini memberatkan kas perusahaan.

Untuk mengatasi hal ini, kreativitas para engineer sangat dibutuhkan. Seperti memakai provider yang murah atau menggunakan sistem keamanan terpadu.

Gaji Network Engineer Di Indonesia

Dilansir dari indeed.com rata rata gaji yang diterima untuk network engineer di Indonesia adalah Rp 3.788.939 per bulan di Indonesia. Untuk rata-rata gaji untuk a network engineer adalah Rp 5.511.999 per bulan di Jakarta.

Baca juga artikel lainnya : Profesi Network Architect yang Sangat Menjanjikan

(Visited 55 times, 1 visits today)