Saat ini, Indonesia telah memasuki masa revolusi industri 4.0 yang membuat data menjadi unsur penting didalamnya. Hal inilah yang membuat perkembangan big data terus meningkat. Penggunaanya yang hampir menyeluruh mampu menyentuh segala aspek industri, seperti industri kesehatan, marketing, retail, telekomunikasi dan asuransi. Fungsi dari big data yang mampu mengolah informasi dari pelanggan dan menyajikannya langsung kepada perusahaan yang membuat mereka mengetahui kondisi pasar dan mengenali konsumen. Nah melihat peran penting dari big data terhadap perusahaan, lowongan pekerjaan big data banyak dibuka. Bagi kalian yang merupakan IT Freshgraduate dan ingin bekerja di big data,

Berbagai pekerjaan big data dibawah ini yang saat ini paling banyak dicari oleh perusahaan.

1. Data Engineer

Data Engineer adalah profesi yang memiliki tugas dalam membangun infrastruktur big data yang masih belum terstruktur. Data Engineer nantinya akan mengambil beberapa data penting yang dibutuhkan untuk analisa  yang dilakukan oleh seorang data analyst atau data scientist. Bagi Anda yang memiliki komunikasi skill yang baik, dan dengan didukung kemampuan dalam menyeimbangkan pengetahuan bisnis dan teknis, posisi ini adalah pilihan yang tepat.

2. Data Scientist

Data Scientist merupakan pekerjaan yang memiliki tanggung jawab seperti analisis sampai mendapatkan insight ataupun rekomendasi yang bertujuan untuk pengembangan bisnis. Data Scientist juga bertugas dalam melakukan menganalisis berbagai macam data dalam jumlah yang besar di perusahaan. Untuk bekerja di profesi ini, Anda diharuskan memiliki kemampuan dalam menganalisis data

3. Data Analyst

Data Analyst merupakan pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk memahami asal-usul data dan distorsi dengan cara menganalisis data-data tersebut. Seorang Data Analyst juga harus memiliki pengetahuan yang luas dan juga ahli dalam mengoperasikan berbagai program komputer seperti Microsoft Excel, Microsoft Acces, Sharepoint, dan database SQL. Dan yang terakhir Anda juga harus bisa berkomunikasi dan presentasi dengan baik serta mampu menerjemahkan informasi dan data serumit apapun dengan cara yang efektif dan mudah dimengerti.

4.  Data Manager

Jika ingin menjadi seorang Data Manager, Anda  perlu memiliki kemampuan project management dan mampu bekerja multitasking. Database Manager bertugas untuk meninjau apabila ada permintaan data dan mengevaluasi sumber data yang akan diberikan. Database Manager juga merancang dan menginstal media penyimpanan hardware. Dan yang tak kalah penting adalah Anda juga harus menguasai software database seperti MySQL dan Oracle.

5. Data Architect

Data Architect memiliki tugas dalam mengatur serta memelihara data dalam database pada perusahaan. Mereka juga mengembangkan strategi arsitektur data untuk setiap area subjek dari model data perusahaan. Apabila Anda ingin menjadi seorang Data Architect, kemampuan seperti SQL dan XML, pemecahan masalah, visualisasi kreatif dan orientasi detail sangat diperlukan.

6. Database Administrator

Tugas dari profesi yang satu ini adalah mengatur database dalam suatu perusahaan. Mereka juga diharapkan mampu mengatasi perubahan dan modifikasi yang terjadi pada database serta menjaga database untuk tetap stabil dan memiliki backup. Jika Anda termasuk orang yang sangat memperhatikan detail dan senang bekerja dengan tim untuk menjaga database bekerja dengan baik, profesi ini sangat cocok untukmu.

Baca juga artikel lainnya : Skill Junior Front End Developer yang Wajib Dikuasai


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 28 times, 1 visits today)