Ketika tahun ini profesi yang berbasis data mulai menjamur, termasuk profesi Data Analyst. Karena profesi ini tidak lepas dari kebutuhan perusahaan yang sangat penting terkait data – data yang perusahaan miliki. 

Data – data perusahaan biasanya akan mereka analisa atau diolah untuk dijadikan kepentingan perusahaan. Misalnya, untuk kepentingan marketing. Dengan mengetahui data konsumen mereka, pastinya akan lebih mudah melakukan promosi terhadap produk perusahaan. 

Lalu, detail seorang Data Analyst bagaimana sih? Prospek karir di tahun 2021 ini bagaimana, baca sampai habis artikel ini ya. 

Definisi Pekerjaan Data Analyst

Menurut sumber di internet, Morning Future. Pekerjaan ini adalah sebuah profesi yang berhubungan dengan menganalisa sebuah data. Profesi ini akan menuntut seseorang untuk bisa memahami asal-usul data dan mendistorsikan dengan cara menganalisa data tersebut.

Tanggung Jawab Data Analyst

Profesi ini memiliki beberapa pekerjaan seperti : 

  1. Dapat memahami asal-usul data dan memungkikan distorsi data-data tersebut dengan teknologi khusus. 
  2. Menganalisis data-data dan mengumpulkannya
  3. Melakukan identifikasi pada hubungan suatu data tersebut, dan hasil identifikasi datanya harus menghasilkan informasi yang bermanfaat terutama bagi perusahaan. 

Melihat tanggung jawab diatas, berikut ini keterampilan dasar yang harus dimiliki jika Anda ingin menjadi seorang Data Analyst atau bekerja pada profesi ini.

1. Keterampilan Menganalisis

Lewat kemampuan analisa yang kuat, Anda dapat bisa mempelajari, meneliti dan menyimpulkan informasi dari data-data tersebut menjadi sistematis. Jika dirasa Anda cukup yakin dengan salah satu kemampuan ini, mungkin Anda bisa melamar sebagai Data Analyst.

2. Menilai Bisnis

Biasanya kita temukan profesi ini pada dunia perbisnisan. Karna perusahaan perlu berkembang dan maju, untuk itulah dibutuhkan seorang yang dapat menganalisa data untuk kemajuan bisnis kedepannya. 

3. Komunikasi

Tidak hanya analisa data, Anda juga dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik, dapat menyampaikan hasil analisa Anda dengan sangat baik. 

Jenjang Pendidikan Profesi Data Analyst

Di Indonesia, saat ini memang belum ada yang membuka jurusan khusus terkait mengolah data. Karena ini adalah hal baru di Indonesia. Untuk itu, siapa saja bisa bekerja dibidang yang satu ini dengan latar belakang pendidikan apapun. 

JIka di luar negeri, memang sudah ada kampus yang membuka jurusan khusus mempelajari tentang Data Analyst. Yaitu University of Rome Tor Vergata asal Italia. Universitas ini membuka jurusan Ilmu Data. 

Prospek Kerja Tahun 2021

Apakah profesi ini akan diminati banyak orang? Jawabannya adalah Iya, bahkan sangat menjanjikan profesi ini akan meningkat. Dengan syarat mereka dapat menganalisa data dengan sangat kuat. Dan diperlukan ketelitian yang tinggi. 

Dan banyak perusahaan yang membuka lowongan ini, karena setiap industri kerja seperti perbankan, kesehatan, asuransi, apalagi dunia IT sangat membutuhkan profesi ini. 

Kebetulan kami sedang membuka lowongan Data Analyst, jadi jangan sampai ketinggalan ya. 

Baca juga artikel lainnya : Mengenal Perbedaan Data Scientist, Data Engineer dan Data Analis

 

(Visited 24 times, 1 visits today)