Melambungnya tingkat penggunaan digital di era ini, membuka peluang atau prospek kerja yang sangat besar bagi para lulusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan). Teknik komputer dan Jaringan merupakan program studi yang mengintegrasikan teknik elektro dan ilmu komputer. Untuk mengembangkan sistem hardware, software, dan network, bidang studi ini sangat dibutuhkan.

Menjajaki era serba teknologi ini, prospek kerja jurusan teknik komputer dan jaringan ini pun sangatlah besar. Sudah banyak perusahaan besar, maupun startup menyalurkan ide cemerlang untuk membuat perangkat yang unik dan menarik. Tentunya, tingkat pembuatan hardware, maupun software pun akan semakin sulit. Apa saja prospek kerja lulusan Teknik Komputer dan Jaringan beserta skill yang harus dikuasai? Berikut ulasannya.

1. Network Engineer

Network Engineer (NE) bertugas untuk mendukung dan membantu agar keberlangsungan stabilitas jaringan internet dapat berjalan, dan tidak mengalami masalah. Profesi NE sangatlah luas, tidak hanya berhubungan dengan internal perusahaan seperti database saja, tapi juga berhubungan dengan eksternal perusahaan seperti pengguna. Kemampuan yang harus dikuasai oleh seorang Network Engineering adalah  routing, switching, pemeliharaan infrastruktur internet, dan pengelolaan virtual server.

2. Security Engineer

Banyak sekali oknum yang melakukan perampokan atau pencurian data untuk keuntungan dan kepuasannya sendiri. Security Engineer bertanggung jawab untuk melindungi internal perusahaan, memastikan data perusahaan aman tersimpan dalam server, dan menangani kebocoran data. SE ditugaskan untuk membantu pengguna komputer agar terhindar dari penipuan, dan juga mendeteksi risiko peretasan IT. SE menerapkan sistem deteksi gangguan, memasang firewall, dan bekerja sama dengan ahli IT lainnya untuk mencari solusi masalah keamanan. Oleh karena itu, seorang SE harus memiliki pengetahuan tentang firewall, virus atau anti-virus, kemampuan analisis dan mitigasi risiko, paham akan cloud security, bahasa pemrograman, dan penanggulangan masalah.

3. DevOps Engineer

DevOps Engineer adalah orang yang memiliki pemahaman mendalam mengenai siklus hidup pengembang dalam sebuah sistem. Sederhananya, posisi ini berperan dalam mengembangkan software, dan metode pengiriman aplikasi. Tentunya untuk menjadi seorang DevOps Engineer pemahaman akan Software Development harus dimiliki. Skill khusus yang dibutuhkan untuk profesi ini adalah kemampuan mengaplikasikan Linux, Container, & Container Manager, dan juga memiliki pengetahuan metodologi agile, serta teknologi CI/CD.

4. Automotive & Robotic Engineering

Kini sudah banyak industri yang bergantung pada mesin-mesin otomotif. Teknisi robot berperan dalam menciptakan dan merawat robot-robot, dan juga memastikan robot bekerja dengan baik sebagaimana mestinya. Seorang teknisi robot harus memahami teknik dasar mekanik dan komputer. Kemampuan yang harus dikuasai adalah assembly language dan microcontroller hardware, kemampuan mengembangkan logika mesin, dan mengembangkan Artificial Intelligence.

5. Programmer

Di era digital seperti sekarang, prospek kerja lulusan TKJ yang banyak diincar adalah programmer. Banyak perusahaan yang mencari posisi programmer untuk melakukan pengembangan pada  website, aplikasi, hingga program komputer yang dimiliki. Seorang programmer harus menguasai skill membaca dan menulis source code, aljabar dan aritmatika, debugging, bahasa pemrograman basic.

Baca Juga: Mengenal Fungsi dan Kelebihan Bahasa Pemrograman R

(Visited 26 times, 1 visits today)