Sertifikasi Programmer sangat penting untuk dimiliki oleh seorang Programmer yang ingin melamar kerja. Sertifikasi Programmer tersebut berfungsi sebagai pembuktian secara legal bahwa Anda benar-benar ahli dalam bidang IT.  Meskipun Anda sudah ahli dalam bidang IT namun jika tidak ada pembuktian yang menjelaskan mengenai keahlian Anda tersebut maka orang tidak akan mudah percaya, apalagi jika Anda ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan besar.

Terdapat berbagai Sertifikasi Programmer yang bisa Anda dapatkan

Amazon

Amazon sendiri memiliki layanan yang bernama Amazon Web Service (AWS) yaitu sebuah layanan yang menjadi salah satu solusi terbaik dalam mengembangkan aplikasi yang berhubungan dengan web. Karena layanan ini terbilang cukup luas, Amazon sampai mengeluarkan berbagai program sertifikasi khusus AWS diantaranya AWS Certified Developer, AWS Certified SysOps Administrator, dan AWS Certified DevOps Engineer.

Microsoft

Sertifikasi yang dikeluarkan oleh Microsoft menjadi salah satu sertifikasi yang banyak dicari. Kategori sertifikasi yang dimiliki Microsoft ini terdiri atas Mobility, Cloud, Productivity, Data, App Builder, dan Business. Kategori yang cocok untuk Programmer adalah Cloud, Data, dan App Builder. Teknologi yang termasuk kedalam tiga kategori tersebut adalah

  • C#
  • Visual Studio
  • .NET
  • HTML5
  • SQLite
  • ASP.NET MVC
  • CSS3
  • JavaScript
  • SQL Server
  • Windows Server Virtualization
  • Microsoft Azure.

Unity Certified Developer

Program sertifikasi ini dikeluarkan langsung oleh Unity Technologies, yang merupakan sebuah perusahaan pengembang game engine Unity yang memvalidasi pengetahuan akan dasar-dasar desain game dan kemampuan programming untuk kebutuhan industri game. Untuk mendapatkan sertifikasi ini, harus melewati ujian dengan mengerjakan 100 pertanyaan yang telah dibagi menjadi 16 topik. Format soal ujian ini juga bermacam-macam ada pilihan ganda, hot-spotdrag-and-drop, juga mencocokkan. Batas waktu yang diberikan untuk pengerjaan soal adalah 90 menit dengan minimal nilai untuk lulus sebesar 70%.

Google

Terdapat berbagai sertifikasi yang telah dikeluarkan oleh Google seperti :

Associate Android Developer

Program yang terdapat di sertifikasi ini menunjukkan bahwa seorang Programmer mampu membuat aplikasi Android dan telah menguasai dasar-dasar ilmu yang dibutuhkan untuk membuatnya. Untuk bisa mendapatkan sertifikasi yang satu ini, Anda akan diuji kemampuan melakukan testing & debugging, ui & ux, dasar-dasar komponen aplikasi Android (Activity, Service, Broadcast Receiver, Content Provider), database, dan integrasi sistem.

Mobile Web Specialist

Sertifikasi yang ini merupakan jenis yang menunjukkan kemampuan kita dalam mengembangkan aplikasi mobile web. Nantinya Anda akan diminta untuk menulis kode-kode yang menerapkan offline-first experience, mengaudit performa aplikasi, dan melakukan debug fungsi asynchronous.

Google Cloud Certified – Professional Cloud Architect

Dalam program sertifikasi ini Anda harus bisa menunjukkan mahir dalam mendesain, membangun, dan mengelola solusi perangkat lunak yang menggunakan Google Cloud Platform.

Google Cloud Certified – Professional Data Engineer

Professional Data Engineer merupakan jenis sertifikasi yang lebih menunjukkan kemahiran dalam mendesain dan membangun data processing system dan membuat machine-learning model di Google Cloud Platform.

Itulah Sertifikasi Programmer yang paling banyak dicari saat ini. Tak hanya sebagai pembuktian bahwa Anda ahli dalam bidang IT, memiliki sertifikasi juga bisa saja membuat kisaran gaji Programmer lebih tinggi.

Baca juga artikel lainnya : Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Programmer

(Visited 62 times, 1 visits today)