5 Sifat Rekan Kerja Di Kantor Yang Harus Kita Waspadai

5 Sifat Rekan Kerja Di Kantor Yang Harus Kita Waspadai

Sobat TOG, Rekan kerja adalah seseorang yang biasa bersama kita entah itu sedang kerja bersama atau sedang bekerja mengerjakan tugas masing-masing. Bekerja dan meniti karir hingga sukses dan mapan sudah pasti menjadi salah satu list dalam tujuan kita. Semua pasti ingin jika kita bisa bekerja sesuai bidang yang kita sukai, mendapatkan gaji yang mencukupi kebutuhan hingga jaminan karir dan hari tua yang sudah pasti kita dapatkan. Sudah pasti akan menjadi hal yang kita kejar sejak pertama kali mulai bekerja.

Dan kompetisi di dunia kerja harus disikapi dengan bijak, kepala yang dingin, dan strategi yang realitis. Sebab jika tidak, bisa mengakibatkan stres serta tekanan yang berpengaruh pada performa kerja Anda.  Upaya membuktikan kalau Anda adalah karyawan yang terbaik, jangan sebatas ucapan saja, melainkan harus benar-benar dibuktikan lewat kinerja nan cemerlang.

Sukses atau tidaknya kita bukan hanya dipengaruhi oleh bagaimana kinerja dan pencapaian kita dalam setiap yang dilakukan. Tapi juga dari lingkungan kerja yang selama ini kita diami. Baik buruknya kita pun dibentuk dari lingkungan. Seolah tidak bisa mencegah, tapi kita pun bisa menolak dengan keinginan kuat untuk sukses dengan cara yang kita yakini. Bahkan beberapa orang atau rekan kerja yang cukup mengganggu akan membuat karir kita pun terancam.

Info Loker

Di bawah ini ada 5 sifat rekan kerja yang harus kita waspadai:

1. Mereka yang mengajakmu melakukan suatu hal yang buruk

menunda

Jika kamu memiliki rekan kerja yang seperti ini, maka segera tinggalkan. Kamulah yang paling tahu mana yang terbaik dan buruk yang bisa kamu lakukan. Sekalipun kamu terancam tidak mendapatkan teman seperti ia lagi, tak mengapa. Kamu hanya butuh bertahan pada apa yang kamu yakini benar.

Bekerja bukan sekedar mencari nafkah dan menciptakan pertemanan yang banyak. Tapi juga membentuk sikap kita untuk menjadi lebih baik atau lebih buruk nantinya. Semua pilihan ada padamu.

2. Mereka yang tidak pernah mau berbagi ilmu denganmu

Bekerja di sebuah perusahaan membuat kita harus mau berbagi dan menerima dari orang lain. Termasuk ilmu dan pengalaman orang lain. Lingkungan kerja yang baik akan menunjukkan dukungan terhadap sesama rekan kerja. Salah satunya yaitu saling berbagi ilmu dan pengalaman yang dimiliki oleh dirinya kepada orang lain.

Rasanya tidak ada istilah hidup sendiri untuk sukses sendiri dalam dunia pekerjaan. Jika ada rekan kerja yang tak memberimu ilmu atau pengalamannya, bahkan tak segan menjauhimu dengan berbagai alasan, jangan memusingkan hal itu. Sebab rekan kerjamu tak hanya dia. Dia hanya ujianmu yang harus segera diatasi oleh bantuan dari orang lain. Kamu masih memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan ilmu dari orang lain dan juga sumber lainnya.

3. Mereka yang suka melakukan banyak kecurangan dalam bekerja

rekan

Tidak bisa dipungkiri, bersaing untuk mendapatkan nilai tertinggi dalam perusahaan bisa membuat kita dengan rekan kerja memiliki hubungan yang tidak baik. Akan ada perang dingin yang mungkin saja terjadi diantara kalian.

Bahkan mungkin saja rekan kerjamu akan bertindak curang terhadap suatu hal. Kamu yang mulai tahu hal itu, boleh saja menyimpan informasi penting itu. Berusaha untuk menjauh agar tidak ikut terseret dalam masalah. Tapi jika kamu mau, kamu tetap boleh membantu perusahaan menuntaskan masalah itu. Dimulai dengan mengingatkan dia untuk segera menghentikan perbuatan curangnya.

4. Mereka yang tidak pernah mau mendengarkan

Benar saja, kamu tidak akan bisa bekerja sendiri. Kamu membutuhkan orang lain, begitupun mereka yang membutuhkanmu. Suasana kerja akan sangat menyenangkan jika dalam satu tim bisa saling memberi ide dan menghargai pendapat.

Tapi jika satu orang tidak pernah mau mendengarkan dan menerima ide atau pendapat rekan kerjanya, maka cukupkan saja. Berbagai peringatan mungkin audah ia terima, tapi tetap saja ia kekeh fokus pada apa yang ia yakini saja. Untuk membuat suasana kembali nyaman, cobalah fokus kepada apa yang bisa kamu lakukan. Sekalipun bukan dengan dia tapi dengan rekan kerjamu yang lainnya.

5. Mereka yang menggunakan waktu senggang untuk bergosip

rekan

Saling berbagi cerita saat waktu istirahat dengan rekan kerja memang akan membantu kita meningkatkan kelekatan dengannya. Tapi jika mulai menggunjing atau bergosip hingga tidak terkendali, maka sudahi saja.

Terlebih saat yang dibicarakan adalah rekan kerja lainnya atau bahkan atasan hingga perusahaan. Kamu mungkin menjadi orang yang paling tahu, mendapatkan informasi dari banyak sumber. Tapi bukankah tidak etis saat hal itu disebarkan tanpa kendali kepada rekan kerja lainnya. Bahkan hingga menimbulkan kecemasan dan kekhawatiran berlebih dalam pekerjaan.

PT TOG HR Indonesia masih terus mencari para talenta muda berbakat untuk di bidang IT, agar bisa mendapat kesempatan berkarir di perusahaan yang kalian mau atau sesuai dengan skill dan kompetensinya. cek info lowongan kerja disini ya, bisa langsung juga apply melalui e-mail kita di [email protected]

Salam Sukses

TOG INDONESIA

By |2018-11-22T14:52:01+00:00November 22nd, 2018|Article, Career|0 Comments

Leave A Comment

WhatsApp chat