Berkarir sebagai Human Resources (HR), menjadi impian bagi sebagian orang. Apalagi posisi ini merupakan salah satu komponen penting di dalam perusahaan. Seperti yang banyak orang ketahui, departemen HR bertugas merekrut karyawan berkualitas yang bisa memberikan kontribusi pada perusahaan. Nyatanya, tidak hanya sampai situ saja, HR memiliki tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan hanya sekadar merekrut karyawan. Bagi Anda yang tertarik dengan manajemen Sumber Daya Manusia, berkarir sebagai HR memang pilihan yang tepat. Namun, sudahkah Anda mengetahui, skill apa yang harus dimiliki seorang Human Resource?

Tentunya, seorang HR tidak hanya memiliki kemampuan dalam mewawancarai atau menguji kandidat saja. Berikut skill khusus yang harus dikuasai oleh Human Resources.

Skill Human Resource Yang Wajib Dikuasai

1. Baik Dalam Berkomunikasi

Dalam perusahaan, HR akan terus berkomunikasi dengan banyak pihak, seperti manajer, pelamar, kandidat terpilih, dan tentunya setiap karyawan yang ada di perusahaan. Skill human resource dalam berkomunikasi sangat berpengaruh untuk membangun hubungan yang baik dan kedekatan emosional antar personil di lingkup perusahaan.

2. Multitasking

Skill multitasking diperlukan dalam posisi human resources. Seorang HR harus mampu mengerjakan berbagai pekerjaan secara bersamaan. Divisi HR akan mengurusi masalah kantor, hingga masalah personal karyawan. Selain itu juga, HR akan dipenuhi beban tugas lainnya seperti pengurusan dokumen, surat kontrak, payroll, asuransi, dan lain sebagainya.

3. Mampu Memecahkan Masalah  

Seorang HR harus memiliki pola pikir yang kritis untuk dapat memecahkan setiap permasalahan yang terjadi di lingkungan kerja. Contohnya, ketika seorang karyawan merasa tidak nyaman dengan karyawan pada divisi lain. Seorang HR harus mampu menemukan pokok permasalahan dan solusi pemecahan masalah tersebut. Sehingga, kualitas kerja dan produktivitas bisnis perusahaan dapat terus meningkat menjadi lebih baik lagi. 

4. Rekrutmen

Proses rekrutmen bukanlah tugas yang mudah. Seorang HR harus memastikan bahwa karyawan yang direkrut sudah sesuai kebutuhan dan memenuhi ekspektasi perusahaan. Sehingga, hasil rekrutmen dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan.

5. Kemampuan Mengorganisasi

Seorang Human Resource harus memiliki skill dalam mengorganisasi segala hal dengan baik. Seperti proses rekrutmen karyawan baru, menyimpan dokumen perusahaan, menyusun jadwal meeting bersama, dan lain sebagainya. HR juga harus mampu bekerja dengan tepat waktu dan efisien.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Docker mulai dari Pengertian sampai Cara Menggunakannya

(Visited 64 times, 1 visits today)