Profesi Infrastructure Engineer sangat dibutuhkan oleh perusahaan di Indonesia. Oleh karena itu, peluang kerja Infrastructure Engineer masih terbuka luas. Bagi Anda yang ingin bekerja sebagai Infrastructure Engineer, beberapa skill Infrastructure Engineer dibawah ini wajib dikuasai.

Skill Infrastructure Engineer

IT Infrastructure

Skill pertama yang harus Anda kuasai adalah IT infrastructure. Karena apabila Anda sudah menguasai skill yang satu ini, Anda sudah mampu untuk merancang, mengimplementasikan, mengelola, serta mendukung teknologi infrastruktur. Contohnya adalah infrastruktur jaringan, software, infrastruktur fisik, hingga cloud computing.

Information security

Skill kedua yang harus Anda kuasai adalah tentang informasi keamanan. Skill ini sangat penting agar Anda punya pemahaman mengenai keamanan informasi dan jenis kontrol keamanan harus cukup baik. Karena, hal itu akan sangat berguna untuk mengurangi ancaman keamanan yang bisa saja terjadi pada sistem perusahaan.

Komunikasi

Tak selalu hard skill yang perlu Anda kuasai, soft skill seperti kemampuan dalam berkomunikasi juga akan sangat dibutuhkan oleh seorang Infrastructure Engineer. Tanpa adanya skill yang satu ini, Anda akan kesulitan pada saat harus berkolaborasi dalam mengerjakan sebuah proyek. Selain itu, mereka juga harus selalu melaporkan hasil kerja mereka ke manager sehingga sangat dibutuhkan kemampuan komunikasi yang baik.

Problem solving

Soft skill selanjutnya yang harus Anda miliki untuk menjadi Infrastructure Engineer adalah problem solving. Karena pekerjaan yang satu ini juga memiliki tanggung jawab untuk selalu mengawasi sistem agar bisa terus berjalan dengan efisien. Jika terdapat masalah, Anda harus bisa segera menyelesaikannya dengan baik dan cepat. Tanpa kemampuan problem solving yang baik, pastinya Anda akan sulit untuk mengidentifikasi dan mencari jalan keluar dari masalah yang dihadapi.

Selain menguasai skill diatas, Anda juga bisa mengikuti sertifikasi seperti:

  • Cisco Certified Network Associate (CCNA)
  • CompTIA A+
  • IT Infrastructure Library
  • Microsoft Certified Solutions Expert (MCSE): Core Infrastructure
  • AWS Certified Solution Architect

Dengan memiliki sertifikasi di atas, Skill Anda juga akan semakin bertambah dan pastinya karier Anda sebagai seorang Infrastructure Engineer akan jauh  lebih cepat berkembang dan dicari oleh perusahaan besar di Indonesia.

Baca juga artikel lainnya : Kisaran Gaji Full Stack Developer di Indonesia

(Visited 22 times, 1 visits today)