IT Consultant (Konsultan IT) atau juga yang dikenal sebagai Technology Consultants sangat dibutuhkan oleh banyak bisnis untuk memberikan solusi atau saran terbaik di bidang IT. Di dalamnya sendiri terdapat divisi presales yang memiliki tugas sebagai jembatan antara client dengan tim teknis agar proyek yang dikerjakan dapat selesai tepat waktu serta sesuai dengan harapan client. Sama seperti sales pada umumnya, profesi ini juga berhubungan dengan penjualan, akan tetapi, profesi Presales lebih menjual sebuah solusi. Karena bergerak di bidang IT Consultant, divisi Pre Sales juga harus menguasai fitur serta teknologi yang digunakan di perusahaannya. Tidak jarang, divisi Pre Sales IT Consultant ini mendapatkan kesempatan untuk mencoba produk dengan teknologi terbaru.

Pre Sales IT Consultant  Memiliki Tugas Utama Sebagai Berikut.

  • Melakukan pertemuan dengan Client atau pelanggan yang potensial .
  • Melakukan pendekatan kepada Client, mengatur perencanaan promosi, serta mengumpulkan berbagai informasi yang berhubungan dengan solusi yang nantinya akan ditawarkan.
  • Memberikan solusi terbaik sesuai dengan jangka waktu yang diinginkan Client yang telah disepakati sebelumnya.
  • Menyampaikan presentasi.
  • Merespon proposal RFP ( Request for Proposal )
  • Memfollow up dan memantau proses penawaran.
  • Menjaga hubungan baik dengan client serta memonitor pembayaran dari client.

Profesi ini cukup menarik terutama jika Anda memiliki passion di bidang IT. Anda akan dituntut untuk selalu belajar karena Anda akan berhubungan dengan sistem, teknologi, atau fitur-fitur terbaru. Jika Anda menguasai Pre Sales IT Consultant berikut ini, maka banyak perusahaan yang akan menerima Anda untuk bergabung dengan mereka.

  1. Komunikasi

Dalam pekerjaan, nantinya Anda akan sering berhubungan dengan Client dan juga tim Developer, maka Anda harus mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik. Nantinya Anda akan bertemu dengan banyak Client dengan Background yang berbeda. Dengan kemampuan berkomunikasi, Anda bisa menyampaikan pesan secara tepat sehingga solusi yang diberikan dapat diterima dengan baik oleh Client.

  1. Memecahkan masalah

Anda juga harus mendengarkan masalah yang Client alami. Anda juga harus bisa menganalisis poin utama yang harus segera ditangani. Seorang Pre Sales IT Consultant akan memastikan bahwa solusi yang mereka berikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh para Client.

  1. Berkoordinasi atau bekerja secara tim

Dalam menjalankan tugas yang ada, Anda tidak akan bekerja sendirian. Anda harus bisa bekerja sama dalam tim dengan baik, serta mampu berkoordinasi dengan banyak pihak agar permintaan client dapat selesai sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

  1. Basic technical knowledge

Pre Sales IT Consultant  juga harus memiliki pengetahuan yang sangat baik dalam bidang teknologi seperti pembuatan website, web sistem, atau aplikasi mobile.  Karena salah satu tugasnya adalah melakukan analisa terhadap teknologi atau sistem untuk kebutuhan konsultasi atau penawaran, maka setidaknya Pre Sales IT Consultant harus memiliki pengetahuan dasar tentang teknologi tersebut.

Baca juga artikel lainnya : Berapa Sih Kisaran Gaji UI UX Designer?

Bagi Anda yang sedang mencari lowongan PreSales IT ConsultantAnda bisa langsung Apply dan bergabung dengan TOG Indonesia yang merupakan perusahaan IT di Jakarta.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 19 times, 1 visits today)