Selain hard skill, programmer juga harus memiliki soft skill yang nantinya akan membantu Anda dalam pekerjaan sehari-hari, menguasai beberapa soft skill ini akan membawa karier Anda melesat jauh diperusahaan. Berikut ini adalah beberapa soft skill yang perlu Anda kuasai sebagai seorang programmer.

Soft Skill Programmer

1. Kemampuan memecahkan masalah

Skill yang satu ini sangat dibutuhkan oleh seorang IT programmer untuk memberikan solusi. Karena apapun bahasa pemrograman yang sudah Anda kuasai namun jika tidak menguasai skill yang satu ini, perusahaan akan mencari kandidat lain.

2. Mampu berpikir kritis

Berpikir kritis dalam menganalisa sesuatu akan membuat solusi lebih tepat dan cepat ditemukan. Berpikir kritis juga merupakan salah satu bentuk dari correct thinking, yaitu sebuah keterampilan berpikir benar. Sebuah software juga tidak mungkin diciptakan tanpa adanya proses berpikir yang benar.

3. Mampu belajar mandiri

Dunia teknologi, termasuk software di dalamnya, terbilang cukup dinamis dan bisa berkembang dengan cepat. Jadi, Anda tidak memiliki keterampilan untuk belajar mandiri, maka pengetahuan yang didapat akan tertinggal. Oleh karena itu, programmer diharapkan terus mengasah dan meningkatkan skillnya agar bisa menambah pengetahuan baru dan membuat dirinya berkembang lebih baik lagi.

4. Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi dengan baik akan memudahkan pekerjaan Anda akan menjadi lebih mudah. Apalagi jika harus mengerjakan proyek dengan tim yang cukup banyak, diperlukan komunikasi serta koordinasi yang baik akan proyek tersebut bisa diselesaikan bersama dengan baik dan tepat waktu.

5. Mampu bekerja dalam tim

Pada saat bekerja dalam tim, seorang programmer tidak selalu mengerjakan pekerjaannya sendirian. Saling mendorong dan mendukung anggota tim satu sama lain dalam menyelesaikan proyek yang sedang dikerjakan. Seorang programmer yang berpengalaman akan mengaplikasikan keahlian khusus nya dalam sebuah tim. Hal ini tentu saja memiliki nilai tambah karena kemampuan yang dimilikinya dalam melihat proyek secara keseluruhan.

6. Bisa melakukan presentasi

Seorang programmer harus bisa menjelaskan konsep teknologi yang rumit namun menyajikannya dengan sesederhana mungkin dalam slide presentasi tanpa mengurangi hal-hal esensialnya. Agar bisa menguasai soft skill programmer yang satu ini, Anda harus rutin berlatih dan melalui banyak kesempatan presentasi. Anda bisa belajar dari para ahli public speaking dan cobalah untuk mengamati dengan detail bagaimana cara mereka melakukan presentasi.

7. Inovasi dan Kreativitas

Soft skill programmer yang terakhir dan tak kalah penting untuk Anda kuasai adalah kemampuan untuk berinovasi. Tidak hanya skill yang bagus dalam menulis kode dalam program yang selalu anda kerjakan, Anda juga harus bisa berpikir jauh ke depan secara kreatif untuk menyelesaikan suatu masalah. Seorang ahli IT yang inovatif dan kreatif bisa berpikir secara cemerlang dan menawarkan solusi yang efisien sekaligus efektif untuk kendala yang dihadapi perusahaan.  Kreativitas yang Anda miliki sebagai seorang programmer akan membuatmu selalu dibutuhkan didalam lingkungan kerja dan membantu perkembangan kariermu.

Baca juga artikel lainnya : Kisaran Gaji Programmer di Tahun 2020

 

(Visited 36 times, 1 visits today)