Standar Gaji – Jurusan IT bisa dibilang adalah jurusan yang cukup diminati dan menjanjikan, terlebih karena perusahaan-perusahaan dari berbagai ranah industri pasti membutuhkan tenaga kerja spesialis IT. Lulusan IT di Indonesia diperkirakan berjumlah 25rb sampai dengan 35rb setiap tahunnya, baik dari universitas negeri maupun swasta. Angka tersebut bahkan masih di bawah jumlah permintaan perusahaan akan tenaga IT yang besarnya mencapai 500 ribu setiap tahunnya. Tingginya permintaan membuat gaji berbagai profesi lulusan jurusan IT relatif kompetitif.

Berikut standar gaji yang bisa didapatkan oleh seorang yang bekerja di bidang IT. Nominal gaji dapat berbeda untuk setiap daerah:

1. Programmer

standar gaji

Tugas utama seorang programmer adalah mengaktualisasikan konsep yang datang dari system analyst agar dapat dijalankan dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Anda yang lebih mendalami programming bisa berprofesi sebagai web programmer, desktop programmer, application programmer, atau game programmer. Bahwa gaji rata-rata programmer ada di kisaran Rp 4.000.000 hingga Rp 6.000.000. Beberapa perusahaan bahkan menawarkan gaji di atas Rp12.000.000,

2. System Analyst

Pekerjaan utama system analyst adalah merancang solusi IT untuk meningkatkan efisiensi bisnis dan produktifitas organisasi client dengan melakukan pendekatan logis terhadap masalah teknis. System analyst biasanya datang dari seorang programmer yang sudah mahir dan memiliki pengalaman sebagai pengembang software, sehingga dibutuhkan rata-rata 3-5 tahun untuk bisa menjadi system analyst. Dengan standar gaji rata-rata sebesar Rp 6.500.000 hingga Rp 10.000.000, posisi sebagai system analyst cukup menggiurkan.

3. Software Engineer

standar gaji

Tugas dari seorang software engineer mirip dengan pekerjaan seorang programmer dan system analyst, maka dari itu software engineer diwajibkan paham mengenai keduanya. Yang membedakan software engineer dengan kedua profesi tersebut adalah seorang software engineer harus mendalami ilmu mengenai Software Development Life Cycle (SDLC) sebagai modal untuk mengembangkan software, mulai dari requirement hingga maintenance. Biasanya profesi ini dibutuhkan oleh perusahaan yang memang bergerak di bidang IT, khususnya bidang pengembangan software. Seorang software engineer dapat memperoleh gaji rata-rata dengan rentang Rp 5.000.000 sampai Rp 15.000.000.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

4. IT Consultant

IT consultant bekerja memberi saran dan ide kepada client tentang bagaimana mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi untuk memenuhi target bisnis atau menyelesaikan suatu masalah. IT consultant juga bekerja untuk memperbaiki struktur dan efisiensi dari sistem IT organisasi client. Gaji rata-rata yang bisa diperoleh IT consultant berada di range Rp 6.000.000 hingga Rp 13.000.000, termasuk yang tertinggi dari pelbagai profesi jurusan IT dari data kami.

5. Database Engineer

standar gaji

Database engineer umumnya bekerja untuk mendesain dan memonitor database kompleks. Mereka bertanggung jawab di bidang pemeliharaan yang memastikan database tersebut responsif dan dapat menyediakan data yang valid. Lulusan jurusan IT yang bekerja sebagai system analyst dapat memperoleh gaji rata-rata sebesar Rp 6.000.000 hingga Rp 20.500.000.

6. Software Developer

Software developer adalah otak di balik proses desain, instalasi, dan maintenance sistem software. Bekerja sama dengan IT analyst, mereka yang berprofesi sebagai software developer menciptakan peranti lunak yang nantinya akan digunakan untuk mengoperasikan sistem. Bagi lulusan jurusan IT yang bekerja sebagai software developer, gaji rata-rata yang bisa diperoleh berada di kisaran Rp 5.500.000 hingga Rp 18.500.000.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

tog indonesia

(Visited 1,084 times, 1 visits today)