Kerja Efektif – Setiap pekerja pasti pernah mengalami lembur atau kerja hingga melewati batas waktu bekerja normal. Meski dianggap lumrah, bekerja lembur sebenarnya tak baik bagi Anda para pekerja. Bekerja lebih dari jam yang sudah ditentukan, bisa membuat kesehatan Anda terganggu dan tentunya berakibat buruk dalam budaya kerja.

Lembur menjadi salah satu cara untuk memaksimalkan kinerja kita di kantor. Namun sebenarnya, lembur sendiri merupakan salah satu dampak dari diri kita sendiri yang tidak dapat memanfaatkan waktu dengan efektif dan efisien. Tak jarang pekerjaan kamu yang seharusnya dapat dikerjakan pada waktu kerja lama-lama menumpuk sehingga terpaksa harus lembur untuk menyelesaikannya.

Pahami deskripsi pekerjaan agar tahu apa yang dituntut dari pekerjaan, dan pastikan juga kita tahu target yang harus dicapai (harian, mingguan, bulanan) agar tak perlu selalu diingatkan oleh atasan.

Ada beberapa tips kerja efektif tanpa harus lembur dibawah ini:

1. Jadikan tiap waktu sebagai investasi berharga bagi masa depan

kerja efektif

Mungkin terdengar berlebihan bagi Anda, tapi menjadikan waktu sebagai investasi berharga adalah salah satu cara jitu agar Anda tak lagi-lagi lembur atau bekerja overtime. Cobalah berpikir bahwa apa yang Anda kerjakan saat ini akan membawa dampak positif di masa depan. Dengan menggunakan pola pikir tersebut, maka secara otomatis Anda akan semakin terpacu untuk melakukan hal bermanfaat setiap waktu yang Anda habiskan di kantor.

Pola pikir investasi seperti ini akan membuat rasa malas saat bekerja yang biasanya jadi penyebab Anda bekerja overtime pun sirna. Anda akan lebih giat bekerja agar bisa pulang tepat waktu dan mengerjakan aktivitas lainnya seperti berolahraga atau berkumpul bersama keluarga.

2. Atur waktu bekerja sebaik mungkin, jangan biarkan ada waktu kosong

Agar tak lagi bekerja lembur ada baiknya memang Anda mengatur waktu bekerja sebaik mungkin. Upayakan produktif selama bekerja dan tentukan power hour Anda, apakah itu di pagi hari, siang hari atau malah sore hari. Menentukan waktu bekerja sebaik mungkin akan membuat Anda tak membuang waktu sia-sia, sehingga pekerjaan bisa terselesaikan sesuai deadlinetanpa Anda harus bekerja di luar waktu bekerja.

Kendati demikian, mengatur waktu sebaik dan se-produktif mungkin bukan menghilangkan waktu istirahat Anda. Setiap orang termasuk Anda pasti membutuhkan waktu istirahat, maka tentukanlah proporsi waktu yang bijak dalam aktivitas pekerjaan sehari-harimu.

3. Hindari menunda-nunda pekerjaan

kerja efektif

Masalah pekerja pada umumnya terkadang memang suka menunda-nunda pekerjaan. Berakibat buruk, ada baiknya memang mulai sekarang Anda wajib mengerjakan tugas-tugas yang dibebankan kepada Anda sesegera mungkin. Meski butuh pembiasaan, bukan berarti bekerja tanpa menunda-nunda itu adalah hal yang susah dilakukan.

Mulailah dengan berpikir bahwa Anda tidak akan memiliki kesempatan yang sama di masa depan ketika ada niatan untuk menunda mengerjakan tugas. Dengan mencoba untuk berpikir seperti itu, niscaya kebiasaan menunda-nunda pekerjaan akan hilang. Anda tak perlu susah berlembur-lembur ria di kemudian hari karena pekerjaan sudah diselesaikan tepat waktu.

4. Biasakan bekerja cekatan tapi tak tergesa-gesa

Yang perlu Anda garis bawahi di sini adalah membedakan antara bekerja dengan cekatan dan tergesa-gesa. Bekerja cekatan adalah ketika Anda mampu melakukan suatu hal sesegera dan secepat mungkin dengan tetap merencanakan hal tersebut dengan baik. Anda tidak melakukan pekerjaan Anda seakan diburu oleh waktu. Bekerja secara cekatan bisa dibilang juga adalah pekerjaan yang sudah Anda rencanakan dan pikirkan secara baik-baik, sehingga Anda bisa tahu strategi apa yang perlu dilakukan agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu dengan hasil sebaik mungkin.

5. Terakhir, lakukan evaluasi tiap hari!

kerja efektif

Cara terakhir agar Anda tak lagi-lagi bekerja lembur adalah dengan melakukan evaluasi tiap hari atas performa Anda. Tanyakan pertanyaan ini kepada diri sendiri tiap akhir hari “Bagaimana cara saya memanfaatkan waktu hari ini?”. Dari pertanyaan tersebut, Anda dapat merefleksikan keseluruhan hari atau aktivitas bekerja Anda kala itu. Ketika Anda mengetahui bahwa ada hal yang kurang sesuai dari harapan, maka Anda akan mendapatkan pembelajaran untuk kemudian hari. Sehingga, Anda bisa jadi pribadi yang lebih baik lagi sebagai karyawan dan tentunya tak lagi bekerja overtime alias lembur. Ayo semangat untuk kerja efektif demi hidup yang lebih baik !


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia

(Visited 60 times, 1 visits today)