Tips Mengelola Uang THR

thr
Menjelang libur hari raya Idul Fitri, yang dinanti-nanti oleh para karyawan baik di pemerintahan maupun swasta tidak lain adalah turunnya Tunjangan Hari Raya (THR) atau yang biasa disebut dengan gaji ke-13.

Seharusnya THR digunakan sebagai sumber dana untuk memenuhi kebutuhan yang relatif lebih besar menjelang hari raya. Namun jika anda kurang teratur dalam mengelola gaji dan uang THR, bisa saja gaji dan THR anda akan habis bahkan defisit setelah hari raya usai.

Melalui artikel ini, simak alokasi dana THR anda agar menjadi lebih bermanfaat bagi anda dan keluarga.

1. Tabungan
Seringkali yang menghalangi kita untuk tidak menabung adalah karena kita tidak punya dana untuk di tabung. Saat anda mendapatkan uang THR, sebaiknya pisahkan 10-20% THR anda untuk dana Tabungan. Dengan begitu, tabungan anda akan terdongkrak jumlahnya. Segera pisahkan begitu anda mendapatkan dana THR.

2. Membayar Hutang
Jika anda memiliki hutang sebelumnya, jangan lupa untuk menyisihkan sekitar 15% dari dana THR anda untuk membayar hutang. Walaupun resikonya adalah anda tidak bisa menggunakan uang THR anda secara maksimal, setidaknya anda lega bahwa hutang anda berkurang bahkan lunas.

3. Investasi
Sebaiknya anda tidak menggunakan seluruh dana THR untuk kebutuhan konsumtif. Anda bisa mulai untuk mengalokasikan dana THR anda sekitar 10% untuk investasi. Ditambah lagi modal ini anda dapat secara cuma-cuma. Dana investasi yang anda simpan, dapat berguna untuk anda dimasa depan.

4. Anggaran Hari Raya
Sesuai dengan namanya, THR digunakan untuk hari raya. Jadi jangan segan menggunakannya untuk hal-hal yang anda butuhkan dan inginkan. Dana THR anda dapat digunakan untuk membeli tiket mudik, baju lebaran, berbagi untuk saudara-saudara dan banyak hal yang lain. Jangan lupa berbagi dengan yang membutuhkan, karena berbagi dapat membuat anda menjadi lebih bahagia.

Mengatur pemakaian uang THR sangatlah penting, agar anda tidak boros. Menjadi bijak menghindarkan anda dari sifat boros. Kelola sebaik-baiknya uang THR anda agar rejeki yang anda dapat menjadi lebih bermanfaat dan berkah, bagi anda dan juga sekitar anda.

Salam Sukses.

By |2018-05-21T12:13:25+00:00May 21st, 2018|Article, Uncategorized|0 Comments

Leave A Comment

WhatsApp chat