Data Scientist merupakan salah satu profesi yang saat ini banyak dicari oleh perusahaan di Indonesia. Kebutuhan tenaga kerja Data Scientist yang besar ini rupanya tidak sejalan dengan ketersediaan talenta di Indonesia. Oleh karena itu, menjadi Data Scientist memiliki prospek kari yang sangat bagus. Bagi kalian yang merupakan seorang IT Freshgraduate dan ingin menjadi Data Scientist, tips dibawah ini bisa Anda coba lakukan.

Tips Menjadi Data Scientist

1. Memahami komponen dasar

Pada saat bekerja, seorang Data Scientist akan membutuhkan tiga komponen dasar yang saling berkaitan satu sama lain. Ketiga komponen tersebut adalah ketersediaan data yang berlimpah, ketersediaan Data Scientist, dan terakhir ada riset, insight, dan rekomendasi.

Riset, Insight, dan masukan adalah produk akhir yang merupakan Value dari dua komponen sebelumnya. Nantinya  data yang sudah dikumpulkan oleh Data Scientist akan digunakan untuk membangun Machine Learning. Machine Learning bisa memperoleh data yang ada melalui perintahnya sendiri.  Machine Learning juga bisa untuk mempelajari data yang dia peroleh sehingga bisa melakukan tugas tertentu. Tugas yang bisa dilakukan oleh Machine Learning pun sangat beragam, tergantung dari apa yang ia pelajari.

2. Memahami Komponen Software untuk Bekerja

Terdapat lima komponen Software yang diperlukan oleh seorang Data Scientist untuk bekerja. Seperti Data Warehouse, Data Treatment, Status Model, Art, dan teknologi.

3. Pahami Bisnis Perusahaan

Data Scientist bukan hanya harus mengerti bagaimana cara menganalisis data, tetapi juga harus memahami dunia bisnis perusahaan yang akan dianalisis. Dengan memahami bisnis perusahaan tersebut, Anda bisa dengan mudah untuk berkomunikasi ke manajemen perusahaan dan konsumen mengenai strategi apa saja yang harus dilakukan perusahaan berdasarkan analisis data yang sudah Anda telusuri.

4. Mulai Bekerja dengan Memecahkan Masalah

Anda bisa memulai dengan mengumpulkan data sebanyak-banyaknya, kemudian membuatkan solusi. Contohnya seperti yang dilakukan Data Scientist pada industri p2p lending, dia akan membuat prediksi churn rate, memetakan segmentasi konsumen, underwriting-nya seperti apa, dan bagaimana cross-sell dan up-sell-nya.

5. Menguasai Skill Utama 

Skill utama yang harus Anda kuasai jika ingin menjadi seorang Data Scientist adalah :

  • Penggunaan Software/Pemrograman Dasar seperti SPSS, Microsoft Excel dan SAS
  • Pengetahuan statistika dasar seperti statistika deskriptif, maksimum likelihood, statistika matematika, dan lain-lain
  • Machine Learning digunakan dalam berbagai bidang seperti computational finance, image processing, computer vision, computational biology, energy production, automotive, aerospace, manufacturing dan natural language processing.
  • Kalkulus dan Aljabar Linear. Jika Anda memahami kalkulus pastinya tak akan asing mengenai fungsi, integral, turunan, trigonometri yang merupakan skill dasar dan harus dikuasai oleh seorang Data Scientist. Begitu pula aljabar linear yang memiliki andil besar untuk melakukan perhitungan komputasi menggunakan algoritma tertentu terhadap data.
  • Data Munging merupakan kemampuan untuk merapikan data baik berdasarkan struktur, tipe data dan lain-lain. Karena beberapa data yang dianalisis bisa saja tidak teratur atau bahkan menjadi lebih berantakan, oleh karenanya diperlukan kemampuan untuk menangani ketidaksempurnaan data.
  • Kemampuan Software Engineering akan sangat diperlukan untuk membangun suatu sistem yang bisa mempermudah pekerjaan suatu perusahaan. Contohnya seperti kemampuan membuat software desktop, website maupun mobile apps.

Baca juga artikel lainnya : Kisaran Gaji Data Scientist di Indonesia Tahun 2020


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 16 times, 1 visits today)