Business Development adalah proses identifikasi dalam waktu jangka panjang yang bertujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan melalui pengembangan hubungan, market, dan customer. Tanpa Business Development yang berkelanjutan, kemajuan suatu perusahaan tidak bisa mengembangkan bisnis mereka dengan maksimal. Proses Business Development juga harus disesuaikan dengan bisnis dan segmentasi perusahaan tersebut. Karena hal ini bersifat terus menerus dan jangka panjang, Tugas Business Development dalam suatu perusahaan sangat penting dan utama.

Tugas Business Development

Bersamaan dengan tanggung jawab, Business Development juga memiliki beberapa tugas yang harus mereka lakukan setiap harinya. Tugas Business Development antara lain:

  • Menghubungi klien potensial untuk menjalin hubungan dan mengatur pertemuan
  • Merencanakan dan mengawasi inisiatif pemasaran baru
  • Meneliti organisasi dan individu untuk menemukan peluang baru
  • Meningkatkan nilai pelanggan saat ini sambil menarik yang baru
  • Menemukan dan mengembangkan pasar baru dan meningkatkan penjualan
  • Menghadiri konferensi, rapat, dan acara industri
  • Mengembangkan penawaran dan proposal untuk klien
  • Mengembangkan tujuan untuk tim pengembangan dan pertumbuhan bisnis dan memastikan mereka terpenuhi
  • Melatih personel dan membantu anggota tim mengembangkan keterampilan mereka

Tantangan Business Development Perusahaan

Business Development dalam sebuah perusahaan juga menghadapi berbagai macam tantangan. Tantangan yang dihadapi oleh Business Development dalam suatu perusahaan seperti:

Perubahan Tren Bisnis Cepat Berubah

Tren bisnis bisa berubah dengan sangat cepat bahkan dalam hitungan hari. Tidak ada kepastian mengenai kapan bisnis akan berubah atau bagaimana tren bisnis akan berubah. Bahkan suatu proyeksi bisnis pun bisa saja berubah seiring dengan waktu. Perubahan tren bisnis dipengaruhi berbagai macam faktor, yaitu; teknologi, kebijakan dan regulasi pemerintah, dan nilai yang berkembang di tengah masyarakat.

Time Management

Business Development dalam suatu perusahaan diharuskan mengalokasikan waktu mereka dengan seefisien dan seefektif mungkin untuk mengikuti perubahan yang terjadi. Dalam hal ini time management akan sangat diperlukan. Seluruh tim dalam Business Development harus kompak dalam bekerja sama untuk dapat beradaptasi dalam waktu yang mungkin cukup terbatas dalam transisi perubahan tren bisnis.

Menghubungkan Koneksi Bisnis

Dalam perkembangannya, Business Development juga harus selalu menghubungkan titik-titik koneksi dalam lingkungan bisnis perusahaan untuk perkembangan bisnis secara berkelanjutan. Proses yang memulai koneksi bisnis tidaklah mudah. Business Development harus bisa memahami bagaimana tipe individu atau organisasi yang mereka butuhkan agar koneksi dapat terjalin dengan sangat baik.

Financial Management

Setiap adaptasi atas suatu perubahan pasti akan memerlukan atau mengeluarkan biaya. Tim Business Development harus melakukan financial management yang baik dan tepat pada sasaran. Untuk dapat mengalokasikan dana dengan tepat, cara yang dilakukan dalam suatu perusahaan adalah harus menganalisis bagaimana perubahan bisnis yang terjadi di sekitar lingkungan mereka dan biaya apa saja yang akan dikeluarkan untuk penyesuaian.

Baca juga artikel lainnya : Jenjang Karir Business Development yang Sangat Menjanjikan


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 23 times, 1 visits today)