Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi mobile dan website untuk kepentingan bisnis mereka. Hal ini menyebabkan kebutuhan akan profesi UX research yang ahli untuk membanntu mereka. Nah melihat kebutuhan perusahaan yang banyak akan UX research  yang satu ini, maka peluang kerja dibidang ini akan sangat terbuka. Jika Anda tertarik untuk menjadi UX research, yuk cari tau lebih lengkapnya apa saja sih yang dibutuhkan agar menjadi UX research andal.

Mengenal Pekerjaan UX Research

UX Research

Sumber Foto : experience.sap.com

Biasanya profesi ini sering dibutuhkan oleh perusahaan berbasis teknologi seperti e-commerce. UX researcher adalah profesi yang bertugas untuk melakukan riset mulai dari perilaku dan kebutuhan pengguna. Hasil riset teresebut nantinya akan dianalisis untuk dibuatkan desain yang cocok dengan target pengguna.

Dalam pekerjaannya, UX Researcher akan sering bekerja sama dengan designer hingga product manager untuk terus memperbaiki produk seperti yang dibutuhkan oleh para penggunanya.

Keberadaan UX Researcher sangatlah penting karena tanpa mereka maka perusahaan tidak akan tahu seperti apa keinginan dari para target penggunanya.

Skill yang Dibutuhkan UX Researcher

Memiliki kemampuan analisis yang hebat

Setelah mengumpulkan berbagai informasi dari para pengguna, UX researcher harus bisa mengolah datanya.

Anda harus bisa berpikir seperti seorang pengguna agar bisa memberikan solusi yang tepat dan terbaik. Jika analisis yang dilakukan tidak kuat dan tajam, maka informasi yang telah didapatkan tersebut tidak akan bisa dieksekusi dengan baik dan hasilnya yang diterima oleh pengguna tidak akan bagus.

Mengerti Masalah User

Anda harus selalu fokus pada user untuk bisa paham apa saja yang dibutuhkan oleh user dan masalah apa yang sering terjadi. Dengan begitu, user akan merasa puas akan informasi produk perusahaan Anda yang ditampilkan pada website dan aplikasi.

Jenjang Karier UX Researcher

Kualifikasi dan pekerjaan dari seorang UX researcher cukup berat. Akan tetapi, profesi yang satu ini memiliki jenjang karier yang sangat baik dimasa depan. Berawal dari menjadi UX researcher, Anda bisa menjadi seorang product executive dan berlanjut menjadi seorang product manager.

Baca juga : Ingin Jadi UX Writer yang Dicari Perusahaan Besar? Kuasai Skill ini


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 24 times, 1 visits today)