Tahukah Anda virtual machine adalah? Di era digital yang semakin pesat, segala hal di dunia sudah dapat tersimpan dan terintegrasi ke dalam cloud service dan sistem virtual. Sistem tersebut dikenal sebagai Virtual Machine. Perusahaan terutama pada bidang teknologi, banyak memanfaatkan Virtual Machine demi kelancaran bisnis perusahaan.

Nah, penasaran apa itu Virtual Machine? Simak artikel ini, ya!

Virtual Machine adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi, & Kelebihannya

Virtual Machine adalah

Virtual machine (VM) adalah rekayasa software yang memiliki fungsi seperti komputer fisik, dengan komponen-komponen pembangunannya yang lengkap. Sederhananya, VM ini  merupakan sistem operasi tambahan yang bekerja pada server virtual seperti OS bawaan komputer.

Software ini mampu melakukan aktivitas layaknya komputer pada umumnya. Mulai dari penginstalan aplikasi, membuat file, menjalankan program, pembaharuan sistem, dan lain sebagainya. Meskipun diciptakan pada sebuah perangkat keras, pengguna Virtual Machine dapat memanfaatkan software/perangkat lunak Hypervisor untuk memisahkan sumber daya VM dari perangkat keras.

Implementasi dari teknologi ini dapat digambarkan seperti ruang kedua pada komputer, tanpa mempengaruhi keadaan komputer utama. Tentunya, hal ini sangat ideal untuk uji coba program komputer atau pembaharuan sistem operasi, dan juga berguna untuk membuka file dengan risiko virus.

Dalam lingkungan cloud computing, teknologi VM banyak digunakan karena dapat menjalankan operating system-nya sendiri, dan berfungsi secara terpisah dengan perangkat. Selain itu, operating system juga dapat dioperasikan secara bersamaan pada host atau perangkat yang sama.

Jenis-Jenis Virtual Machine

Virtual Machine memiliki beberapa jenis, yaitu :

1. Process Virtual Machine

Jenis virtual machine yang pertama adalah process virtual machine. Jenis virtual machine juga memungkinkan suatu operating system untuk dioperasikan sebagai aplikasi utama pada device atau perangkat yang menjadi host. Jenis VM ini mampu menyediakan lingkungan pemrograman yang independen dari software platform apapun.

VM ini menyembunyikan informasi dari sebuah hardware atau operating system yang mendasari suatu device, sehingga tampilan dan fungsi device dapat diubah sepenuhnya. Java Virtual Machine adalah contoh dari VM jenis ini, dimana aplikasi Java dapat dijalankan di OS apapun.

2. System Virtual Machine

Jenis yang kedua adalah sistem virtual machine. Jenis ini sepenuhnya sudah di virtualisasi dan dapat menggantikan kinerja komputer fisik. Platform ini juga mendukung keperluan sharing sumber daya dari komputer host ke beberapa Virtual Machine. Kemudian, masing-masing VM nantinya dapat menjalankan salinan OS secara mandiri. Proses pada virtualisasi juga bergantung pada kinerja Hypervisor, yang dapat beroperasi dalam hardware atau di atas sebuah operating system.

Kelebihan Virtual Machine  

Virtual machine berguna untuk meningkatkan produktivitas dalam perusahaan. Berikut merupakan kelebihan virtual machine, jika dibandingkan dengan sistem computing konvensional:

  • VM jauh lebih fleksibel dan efisien. Dalam satu device, pengguna dapat memanfaatkan berbagai macam operating system untuk berbagai macam kebutuhan.
  • Perangkat lunak pada virtual machine jauh lebih mudah dikelola, biaya perawatan pun lebih murah.
  • Memberdayakan user untuk mencapai tujuan final mereka dengan kinerja, dan kualitas yang melampaui sistem computing konvensional. 

Baca Juga: Langkah Langkah Membuat Software Untuk Developer Pemula

(Visited 107 times, 1 visits today)