XML vs HTML

XML dan HTML, bagi seorang PHP Developer, 2 kata tersebut bukanlah hal yang asing. Namun bagi orang awam, meskipun seringkali membaca ataupun mendengar kedua kata tersebut, belum tentu memahami arti keduanya.

XML dan HTML, keduanya dapat digunakan untuk aplikasi web dan pertukaran data. Lalu buat apa membuat bahasa baru untuk keperluan yang sama, apakah XML akan menggantikan HTML? Jawabannya tentu saja tidak. Meski kelihatannya mirip dengan HTML (Hyper Text Markup Language), kedua bahasa ini berbeda. HTML menitikberatkan pada bagaimana format tampilan dari data, sedangkan XML menitikberatkan pada struktur dan konteksnya. XML dan HTML dibuat untuk tujuan yang berbeda dan keduanya saling melengkapi. Sebuah file HTML tersusun atas tag-tag yang mengatur bagaimana data dalam file itu akan ditampilkan, tetapi tidak ada informasi mengenai isi dari data tersebut. Didalam file XML, kandungan informasi berbentuk format yang terstruktur. Dengan XML data dan tampilannya dibuat terpisah.

Dokumen XML dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan, yaitu:
1. Sebagai penyimpanan data (database) yang mudah dibaca oleh user karena disimpan dalam bentuk teks.
2. Standar transfer data, dapat digunakan untuk pengiriman data transaksi antar perusahan,. atau mentransfer data dari DBMS yang berbeda (mis: Oracle ke SQL Server).
3. Sebagai acuan membuat bahasa baru, seperti WML (Wireless Markup Language) yang di gunakan pada mobile device dengan protokol WAP,atau VoiceXML yang digunakan sebagai bahasa markup untuk pengenalan suara, dialog, aplikasi interaksi respon suara maupun DTMF (seperti aplikasi pengisian pulsa atau call center), dll.
4. Sebagai file konfigurasi, di java dokumen-dokumen XML sering kita jumpai seperti file server XML dan Web yang digunakan Tomcat, atau perintah-perintah query yang disimpan dalam file XML yang dipakai pada framework iBatis atau Hibernet.

Sedangkan fungsi HTML yang lebih spesifik yaitu :
1. Membuat halaman web
2. Menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.
3. Membuat link menuju halaman web lain dengan kode tertentu (hypertext).

Berikut adalah contoh XML vs HTML :

xml en html

 

Jadi yang perlu diingat adalah :
– XML bukan merupakan pengganti HTML.
– XML dan HTML dirancang dengan tujuan yang berbeda:
– XML didesain untuk menampilkan data dan di fokuskan pada apa sebenarnya data itu, sedang HTML didesain untuk menampilkan data dan bagaimana agar data tersebut bisa di lihat
– XML bertujuan untuk mendiskripsikan informasi, sedang HTML untuk menampilkan informasi

Demikian perbedaan dan tujuan dibuatnya XML dan HTML. Salam Sukses

(Visited 20 times, 1 visits today)