10 Peluang Kerja Yang Cocok Untuk Lulusan Teknik Informatika

10 Peluang Kerja Yang Cocok Untuk Lulusan Teknik Informatika

Dunia informatika sangat menarik untuk dipelajari oleh mereka orang-orang yang suka dengan teknologi dan berwawasan luas yang ingin berkarya dan menghasilkan sebuah teknologi. Kehadiran informatika secara tidak langsung telah mengantarkan dari ketidak tahuan menjadi mengerti hingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Tidak bisa kita pungkiri lagi bahwa jurusan Teknik Informatika kini sedang berada di puncak popularitas. Banyak orang yang mengincar jurusan ini sebab jaminan karier yang gemilang. Kemajuan teknologi memang menjadi pengaruh penting yang sangat berperan dalam eksistensi jurusan Teknik Informatika.

Informatika sendiri tidak jauh dengan perangkat berupa komputer dan perangkat lunak lainnya yang di dalanya membahas sistem jaringan dan telekomunikasi, sebab komputer merupakan sebuah bidang yang juga sangat penting dalam kehidupan manusia di setiap harinya.

Untuk sekedar diketahui saja di Indonesia sendiri setiap minggunya ada sekitar 200-an website baru yang muncul dibuat, bukankah itu merupakan peluang bagi para lulusan ahli Teknik Informatika?

Info Loker

Berikut ini ada 10 peluang kerja yang cocok untuk lulusan Teknik Informatika:

1. Konsultan IT

teknik informatika

Seorang lulusan Ilmu Komputer / Teknik Informatika juga dapat menjadi IT Consultant / Konsultan IT, dengan demikian ia dapat menerapkan ilmu yang ia dapatkan di jurusan Teknik Informatika yang dimilikinya secara nyata, terutama dalam hal perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dalam teknologi dan informasi.

Seorang konsultan IT bekerja dengan cara mencari solusi atas permasalahan dan kebutuhan sistem yang ada. Pemecahan masalah adalah tantangan terberat yang ada dalam pekerjaan ini, kamu harus bisa berpikir kritis dengan mencari jalan keluar yang efektif dan tidak merugikan banyak pihak.

2. Mobile Programmer

Lulusan jurusan Teknik Informatika pasti tugasnya membuat program. Seorang programmer terbaik itu mampu untuk membuat program perangkat lunak dari komputer dari nol sehingga bisa membuat seseorang lebih mudah dalam mengerjakan tugasnya.

Untuk menjadi sang mobile programmer itu, Anda disarankan menguasai bahasa pemrograman Java. Tetapi, itu juga tergantung dari perusahaan, akan memakai bahasa pemrograman Java atau yang lainnya. Biasanya, jika ingin membuat aplikasi android menggunakan Java.

3. Game Developer

teknik informatika

Menjadi seorang gamer bisa menuntunmu pada masa depan yang terjamin, yaitu dengan bekerja sebagai game developer. Kamu pasti sudah paham betul bahwa bidang ini adalah mereka yang memproduksi dan mengembangkan game. Kamu bisa bebas bereksperimen dan mengembangkan kreativitas dalam menciptakan game yang kalian inginkan.

Pada pekerjaan Game Developer ini juga memerlukan keahlian dari lulusan informatika, terutama ia yang mahir grafis. Untuk membuat game, harus dilakukan secara tim karena proyek ini bisa dikatakan cukup berat. Ada yang bagian membuat animasi grafis, ada yang bagian programming, dll.

4. Tenaga Pengajar IT

Seorang lulusan jurusan Teknik Informatika ternyata juga bisa menjadi pengajar IT seperti dosen atau guru, termasuk guru SD. Hal itu dikarenakan kebutuhan IT yang sangat diperlukan di masa yang akan datang sehingga siswa SD pun sejak sekarang sudah dibekali wawasan tentang dunia teknologi sehingga mereka menjadi melek IT/ Teknologi.

Bagi Anda lulusan Teknik Informatika yang tidak terlalu suka berlama-lama duduk di depan komputer, Anda bisa mencoba profesi yang satu ini. Anda tidak harus duduk berlama-lama di depan komputer karena tugas utama Anda itu mengajarkan pendidikan teknologi / IT kepada murid-murid Anda.

5. Web Developer

teknik informatika

Web developer merupakan sebuah bidang yang mencakup tata pengelolaan serta pembuatan web. Kamu dituntut untuk bisa menguasai bahasa pemrograman PHP, JavaScript, CSS serta server/client architecture agar mudah beradaptasi pada job desk yang ada nantinya.

6. Software Engineer

Software Engineer biasanya mengembangkan perangkat lunak menjadi berbagai macam keperluan yang dapat di gunakan untuk mendukung pekerjaan atau yang lainnya. Di dalam mpengembangan software tersebut seorang engineer harus benar-benar memiliki skill bagus dibalik ilmu teknik informatika yang ia kuasai.

Seorang ahli software engineer biasanya sangat pandai membuat perangkat lunak yang ia kebangkan untuk simulasi-simulasi teknologi yang sering kita jumpai. Itulah salah satu prospek terbaik bagi lulusan informatika.

7. System Analyst

teknik informatika

System Analyst adalah profesi yang memiliki tanggung jawab atas perencanaan, koordinasi, dan analisa sistem perangkat lunak yang telah direkomendasikannya. Tugas utama profesi System Analyst / System Integrator adalah menganalisa sistem yang akan dibuat. Selain itu, seorang analis sistem setidaknya memiliki keahlian analisis, manajerial, interpersonal, dan teknis.

Seorang System Analyst biasanya dapat melakukan analisa terhadap sistem atau program yang basisnya teknologi dan informasi. Dari hasil analisis tadi kemudian ia berusaha menemukan jalan keluar.

8. Software Tester

Biasanya software tester menguji perangkat lunak dengan menggunakan perangkat lunak tersebut tetapi di luar aturan dari perangkat lunak tersebut.

Contohnya : Pada sebuah game terdapat pernyataan bahwa jika tokoh tersebut tidak bisa berenang, dan jika dia berada di laut / kolam renang yang cukup dalam ketinggiannya dalam sekian detik, maka ia akan mati. Maka aturan permainan adalah tokoh tersebut jangan sampai berada di kolam/laut.

Sang software tester tersebut mencoba bermain game namun ia mencoba menceburkan tokoh tersebut ke laut/kolam. Jika tokoh tersebut mati, berarti game tersebut cukup berhasil. Jika tidak mati, maka sang developer game harus memperbaiki gamenya.

Hal itu dilakukan berulang-ulang sampai tidak menemukan kesalahan sedikitpun. Karena jika salah sedikit, maka game tersebut akan dianggap tidak berkualitas dan akan berkurang peminatnya.

9. Database Administrator

teknikj informatika

Biasanya pekerjaan dari seorang Database Administrator ini hanya mengurusi perawatan dan pengembangan database / basis data. Dengan demikian data-data yang ada pada sebuah intansi atau perusahaan dapat dirancang dan dipelihara sebaik mungkin, serta teratur dan mudah untuk diakses.

Selain itu, tugas dari profesi ini adalah mengatur hak akses tiap user. Dengan kata lain, siapa saja user yang boleh mengakses database ini secara penuh (admin), dan siapa saja yang hanya bisa melihat isi databasenya.

10. Web Designer

Sesuai dengan namanya seorang web designer bertanggung jawab atas desain seluruh layout dari website yang akan dibangun. Seorang web desainer akan menentukan tampilan dan susunan layout website mulai dari gaya dan konsep desain yang diinginkan, penggunaan warna, jenis font, foto, elemen bidang geometri, pola, penempatan tombol, logo dan sebagainya.

Tampilan dan susunan layout yang telah didesain oleh web desainer bertujuan untuk memberikan harmonisasi dan menciptakan user experience yang baik bagi pengunjung website nantinya.  Untuk mendesainya, seorang web desainer akan membutuhkan program-program desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, 3DS Max, Flash Player, dan lain-lain.

Seorang lulusan informatika pastinya dapat menciptakan beberapa teknologi melalui perangkat lunak computer sehingga hasilnya bisa dirasakan oleh orang banyak. Teknologi secara tidak langsung telah memberikan banyak perubahan pada dunia, dari yang tadinya tidak mengetahui informasi menjadi mengerti apa yang terjadi di dunia ini melaui perangkat yang diciptakan oleh mereka-mereka para ahli perangkat lunak.

PT TOG HR Indonesia masih terus mencari para talenta muda berbakat untuk di bidang IT, agar bisa mendapat kesempatan berkarir di perusahaan yang kalian mau atau sesuai dengan skill dan kompetensinya. cek info lowongan kerja disini ya, bisa langsung juga apply melalui e-mail kita di [email protected]

Salam Sukses

TOG INDONESIA

 

 

 

By |2018-10-29T14:34:29+00:00October 29th, 2018|Article, Technology|0 Comments

Leave A Comment

WhatsApp chat