Apa itu Blogspot? Blogspot merupakan salah satu layanan yang diperuntukkan bagi mereka yang hobi menulis dan ingin membagikannya secara bebas dan online. Blogspot ini merupakan layanan blog yang gratis dan cocok bagi pengguna pemula.

Selain Blogspot, layanan blog gratis lainnya yang cukup populer dan familiar orang gunakan adalah WordPress. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang membuat penggunanya bisa memilih.

Akhir-akhir ini penggunaan blog sebagai salah satu media online cukup populer. Bukan hanya sekadar menyalurkan hobi menulis, namun juga sebagai salah satu wadah untuk menghasilkan uang. Oleh sebab itu, yuk kenali Blogspot secara lebih detail.

Mengenal Apa Itu Blogspot?

Apa itu blogspot

Berbicara tentang blog, tentunya tidak asing dengan istilah Blogspot. Mungkin Anda tahu bahwa blog merupakan situs web yang menyajikan konten berupa tulisan.

Istilah Blogspot ini merupakan bagian dari blog. Yang mana merupakan jenis blog sederhana yang mudah dan dikelola oleh Google. Blogspot menjadi pilihan populer dan banyak orang gunakan untuk menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan.

Blogspot juga menjadi layanan blog gratis, sehingga cocok sekali untuk pemula yang ingin mencobanya. Blogger dan Blogspot merupakan dua istilah yang saling berkaitan.

Yang mana Blogspot merupakan subdomain dari penyedia layanan blog untuk menyediakan domain gratis kepada siapa saja. Sedangkan Blogger merupakan platform penerbitan yang menyediakan layanan secara gratis.

Baik Blogger maupun Blogspot, keduanya sama-sama merupakan milik dari perusahaan teknologi raksasa di dunia, Google.

Jadi sesuai dengan pengertian tersebut dapat disimpulkan dalam konteks sederhana. Kalau Anda hendak membuat blog di Blogger, maka akan secara otomatis mendapatkan domain Blogspot secara gratis.

Anda bisa membuat berbagai konten untuk nantinya dimuat dalam blog tersebut. Selain sekadar menuangkan ide atau pikiran, dewasa ini blog juga dijadikan sebagai wadah digital marketing untuk berbagai keperluan.

Fungsi atau Kegunaan Blogspot

Secara umum fungsi Blogspot dalam dunia bloging adalah untuk menuangkan ide/pikiran dalam bentuk tulisan secara gratis pada suatu platform. Detailnya sama dengan fungsi blog.

Karena sejatinya Blogspot sendiri merupakan bagian atau salah satu jenis dari blog. Fungsinya yaitu bisa untuk brand awareness, portofolio online, sarana publikasi, hingga digital marketing suatu produk.

Untuk saat ini blog menjadi sarana yang cukup ampuh di bidang bisnis. Hampir semua perusahaan besar menggunakannya untuk keperluan promosi. Mengingat pengguna internet dari tahun ke tahun terus meningkat.

Baca juga : Cara Cepat Dapat Uang dari Blog

Kelebihan Menggunakan Blogspot

Setelah mengetahui beberapa hal terkait dengan pengertian dan fungsi Blogspot, Anda perlu menyimak beberapa kelebihannya. Hal ini bisa jadi referensi nantinya ingin menggunakan layanan dari Blogspot atau lainnya.

1. Gratis dan User Friendly

Semua orang tentunya menyukai sesuatu yang gratis dan tidak berbayar. Karena hal ini bisa membantunya menghindari kerugian saat terjadi risiko yang tidak diinginkan.

Meski demikian, Blogspot juga menawarkan akses berbayar bagi yang ingin lebih profesional. Tenang saja, Blogspot merupakan layanan yang mudah digunakan, jadi cocok untuk pemula.

2. Terintegrasi dengan Google

Karena dibackup langsung oleh Google jadi keamanan akan selalu terjamin dan tentunya memudahkan pengguna. Media Blogspot ini terintegrasi dengan Google sehingga akan membuat pengguna bisa mendapatkan seluruh akses layanannya.

3. Bisa Bantu Hasilkan Uang

Yang lebih menarik, Blogspot ini bisa menghasilkan uang jika traffic blognya meningkat. Anda juga bisa memanfaatkan afiliasi Pay Per Click untuk mendapatkan pasive income. Menarik bukan?

Cara Membuat Blogspot

Lantas bagaimana cara membuat blog dari Blogspot? Tidak sulit seperti yang Anda bayangkan. Karena bisa memulainya dengan menggunakan perangkat seadanya seperti smartphone atau PC.

Cara berikut ini adalah untuk membuat Blogspot dari laptop atau PC.

  1. Buka halaman browser dan klik www.blogger.com;
  2. Jika halaman sudah muncul, maka bisa klik create your blog;
  3. Masukkan alamat akun Gmail Anda, setelah berhasil maka ikuti langkah-langkah yang diminta. Seperti mengisi profil, judul blog, mengatur tema atau template, dan sebagainya;
  4. Mulai pilih alamat blog yang diinginkan, jika ingin lebih profesional maka pilih yang berbayar;
  5. Setelah selesai kembali ke halaman dashboard dan mulai lakukan pengaturan, jika masih bingung bisa mencari tutorial video di internet atau bertanya ke teman yang sudah ahli.

Semoga informasi tentang apa itu Blogspot pada pembahasan ini bisa membantu menambah referensi bagi siapapun yang ingin menjajal dunia perbloggeran.

(Visited 9 times, 1 visits today)