Ada beberapa cara mendapatkan uang dari blog, beberapa diantaranya melalui Google AdSense hingga endorsement. Blog merupakan wadah untuk menulis artikel, namun siapa sangka jika dari situ orang bisa menghasilkan cuan.

Lantas bagaimana cara agar bisa mendapatkan uang dari blog? Anda bisa memulainya dengan membangun blog berkualitas. Nah, seperti apa prosesnya? Ulasan berikut ini akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan cara mendapatkan uang dari blog.

Sumber Pendapatan Blog

Sebelum membahas langkah dapat uang dari blog, mari memikirkan terlebih dahulu bagaimana memonetisasinya. Ada beberapa sumber pendapatan blog yang bisa hasilkan cuan, seperti berikut ini.

1. Google AdSense

Merupakan layanan periklanan paling populer dari perusahaan Google yang diperuntukkan bagi para pemilik situs web yang menampilkan iklan. Proses penayangan iklan pada blog cukup sederhana prosesnya.

Cukup dengan meletakkan kode AdSense pada website. Kemudian nanti pengiklan akan melakukan penawaran untuk iklannya dengan harga besar. Setelah iklan tampil pada website, jika ada pengunjung yang melakukan klik iklan, maka Anda akan mendapatkan bayaran.

Bayaran per klik sekitar $0,1 sampai dengan $5, tergantung lokasi (negara), kompetitor dan pembahasan artikel.

2. Endorsement

Seorang blogger bisa juga mempromosikan produk maupun layanan orang lain pada kontennya. Bisa dalam bentuk deskripsi, unboxing, maupun review produk. Nantinya bayaran bisa Anda terima langsung dari pihak pengendorse dan patokan harganya bebas tergantung kualitas blog.

3. Program Afiliasi

Sumber pendapatan lain dari blog ialah melalui program afiliasi. Para pengunjung blog Anda yang membeli produk kerjasama lewat link atau banner penjualan, akan mendapatkan komisi. Besaran komisi bervariasi, mulai dari 25% sampai 70%.

4. Layanan Jasa

Penghasilan lainnya bisa dengan menawarkan jasa kepada pengunjung blog. Misalnya jasa pembuatan artikel, jasa desain web, dan lainnya sesuai keahlian yang dimiliki.

5. Penjualan Suatu Produk

Seseorang juga bisa mendapatkan uang lewat blog dengan menjual produk. Bisa produk berbentuk fisik maupun digital. Misalnya untuk produk fisik seperti makanan ringan, buku, alat dapur, dan sebagainya.

Sedangkan untuk produk digital seperti e-book, video tutorial, materi pembelajaran, dan sebagainya.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Banyak yang sudah berhasil mendapatkan uang dari blog dan menjadikannya sebagai penghasilan utama. Namun tentunya untuk sampai di titik tersebut juga butuh waktu dan ketelatenan.

Lebih jelasnya, berikut ini beberapa langkah untuk mendapatkan uang dari blog yang bisa Anda terapkan.

1. Bikin Platform yang Berkualitas

Langkah pertama adalah membuat platform yang berkualitas. Bisa memilih berbagai platform blog seperti WordPress, Blogspot, Joomla, Drupal, hingga Magento.

Setiap platform punya kelebihan masing-masing, namun untuk saat ini saran kami pilihlah WordPress. Alasannya banyak, seperti penggunaan gratis, cocok untuk siapa saja termasuk pemula, memiliki kualitas tinggi, dan sebagainya.

Dengan memilih platform yang tepat, nantinya Anda bisa menghasilkan blog berkualitas pula.

2. Isi Konten Blog dengan Lebih Bermanfaat dan Menarik

Pastikan konten yang ada di dalam blog bisa memberikan manfaat untuk banyak orang. Bukan hanya itu, pastikan konten blog juga menarik minat pembaca.

Manfaatkan kata kunci yang bagus, update, dan relevan, sehingga akan menghasilkan konten yang berkualitas dan banyak peminat. Ingat, ketika membuat konten dengan tema tertentu pastikan milik Anda lebih baik dari kompetitor.

3. Perhatikan Kualitas SEO

Agar blog ramai pengunjung dan bisa berada di peringkat pertama mesin pencari, maka perlu memperhatikan kualitas SEO. Blog dengan SEO yang baik akan membantu menjangkau lebih banyak pembaca.

Membangun SEO agar berkualitas baik, tidak bisa dilakukan dalam waktu cepat. Butuh waktu lama dan konsisten mengikuti algoritma Google.

4. Promosi Blog

Langkah lain untuk menjangkau pengunjung adalah dengan melakukan promosi di media sosial. Bisa memanfaatkan platform Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya.

5. Menjaga Kepercayaan Pembaca

Penting sekali menjaga kepercayaan para pembaca maupun pengunjung blog. Caranya adalah dengan membuat konten berkualitas, bukan tindak kejahatan, dan tidak membohongi pengunjung.

6. Lakukan Monetisasi

Jika semua sudah, langkah terakhir adalah melakukan monetisasi blog agar bisa menghasilkan cuan. Perlu Anda ingat, ada beberapa sumber pendapatan yang bisa dipilih untuk menghasilkan uang dari blog.

Apakah Anda tertarik untuk memulainya? Lakukan sekarang juga, karena menunda hanya akan membuat malas dan lupa. Segera bangun blog berkualitas dan lakukan monetisasinya.

Nah, itulah ulasan terkait cara mendapatkan uang dari blog yang bisa jadi referensi untuk Anda. Semoga bermanfaat sebagai referensi bagi pembaca yang ingin hasilkan cuan lewat blog.

Baca Juga Pikirkan 7 Hal ini Sebelum Melamar Kerja

(Visited 27 times, 1 visits today)