CRUD merupakan istilah yang populer di kalangan pengembang, khususnya back-end developer. Dalam dunia pemrograman, banyak sekali jenis fungsi, library, dan teknik pengembangan yang digunakan, salah satunya adalah CRUD. Nah, apa itu CRUD? Seperti apa  kegunaannya dalam pemrograman?

Ketahui Apa itu CRUD dan Kegunannya Dalam Pemrograman

Mengenal Apa itu CRUD

Apa itu CRUD? Create, Read, Update, dan Delete (CRUD), ke-empat poin ini merupakan yang fungsi utama yang nantinya diimplementasikan ke dalam basis data (database). Dalam membangun program yang bersifat dinamis seperti penggunaan basis data, CRUD sering kali dimanfaatkan.

Akronim CRUD mengindikasikan semua fungsi utama yang melekat pada penggunaan database relasional serta aplikasi yang mengelolanya, seperti MySQL, Microsoft SQL Server, Oracle, dan lain sebagainya.

Metode CRUD dapat dihubungkan dengan tampilan antar buka (interface) sebagai fasilitator untuk melakukan perubahan data atau tampilan informasi berbentuk formulir, tabel, atau laporan. Nantinya, bentuk ini akan ditampilkan dalam browser atau aplikasi pada perangkat komputer user.

Fungsi CRUD

1. Create

Komponen pertama pada CRUD adalah Create. Create merupakan sebuah fungsi yang digunakan untuk melakukan insert suatu kalimat untuk membuat sebuah record baru pada sistem basis data. Secara singkat, dengan menggunakan fungsi create, pengembang dapat membuat tabel atau data baru sesuai atribut. Data yang diinput selanjutnya akan disimpan ke database.

2. Read

Read merupakan proses pengambilan suatu data pada database. Read berguna untuk menampilkan dan membaca catatan atau record tabel. Layaknya fungsi search, read digunakan untuk menemukan record file dengan menggunakan kata kunci.

3. Update

Update berfungsi untuk memodifikasi data atau record yang telah tersimpan dalam database. Namun, agar record dapat diubah sesuai kebutuhan, perlu dilakukan pengubahan beberapa informasi terlebih dahulu.

4. Delete

Fungsi Delete digunakan untuk menghapus data atau record yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Beberapa aplikasi terkait database relasional mengizinkan untuk melakukan hard delete atau soft delete. Hard delete akan menghapus secara permanen, sementara soft delete hanya akan memperbarui status baris bahwa data akan dihapus meskipun informasi tetap ada.

Keunggulan Penerapan CRUD

  • Fleksibel dapat digunakan oleh berbagai macam bahasa pemrograman, seperti JavaScript, PHP, SQL, Ajax, Java, Python, dan lain sebagainya. CRUD juga dapat digunakan dalam berbagai framework, seperti Codeigniter dan Laravel.
  • CRUD mendukung tampilan User Interface (UI), sehingga menjadi lebih terkontrol, akurat, dan tepat sasaran.
  • Meskipun CRUD terbilang basic, namun metode ini cukup lengkap dan akan terus digunakan di berbagai skema.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Drupal Secara Lengkap 


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 30 times, 1 visits today)