Pernahkah Anda mendengar istilah apa itu Data Mining? Proses penambangan informasi data yang biasa digunakan oleh data scientist. Sebagai aset penting bagi perusahaan, tentu informasi data harus dikumpulkan dan diolah untuk pengembangan bisnis perusahaan ke depan.

Lantas, apa itu data mining? Semua akan dibahas pada artikel kali ini, mulai dari pengertian, manfaat, hingga penerapannya.

Kenali Apa itu Data Mining dari Pengertian Sampai Penerapannya

Apa itu Data Mining

Data mining adalah proses mengekstraksi dan mengidentifikasi informasi penting dari suatu data, dengan menggunakan teknik statistik, matematika, artificial intelligence, hingga machine learning. Data mining juga dikenal sebagai Knowledge Discovery in Database (KDD), yaitu proses mencari pengetahuan yang bermanfaat dari data.

Di era teknologi dengan berbagai macam data yang bisa digunakan untuk menghasilkan informasi dan knowledge. Data mining ini diperlukan karena mampu mengekstraksi semua informasi yang tersedia, dan membuat ringkasan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

 Dalam menjalankannya, proses data mining memiliki tahapan yang harus ditempuh, yaitu :

1. Data selection

Tahapan pertama adalah melakukan proses seleksi data. Data yang dipilih selanjutnya diubah ke dalam format yang sesuai untuk analisis data, dan disimpan dalam file terpisah lalu diolah atau dieksekusi oleh proses data mining.

2. Processing

Sebelum proses data mining dijalankan, data yang tidak valid dan tidak perlu akan dibuang terlebih dahulu. Proses pembersihan mencakup membuang duplikasi data, serta memeriksa dan menghapus data yang inkonsisten.

3. Transformation

Transformation atau consolidation, dimana data-data yang telah dipilih, ditransformasikan ke dalam bentuk-bentuk yang cocok untuk mining procedure dengan melakukan agresi data.

4. Data mining

Proses mencari pola atau informasi menarik dalam data terpilih dengan menggunakan metode, teknik, dan juga algoritma tertentu yang beragam dan kompleks.

5. Interpretation & Evaluation

Pola informasi yang dihasilkan dari data mining ditampilkan dalam bentuk data yang mudah dipahami oleh semua pihak yang berkepentingan. Tahapan ini juga termasuk dalam pemeriksaan pola atau informasi yang ditemukan, apakah bertentangan atau tidak.

Manfaat Data Mining

Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan perusahaan, dengan melakukan data mining :

  • Hasil analisis data mining membantu dalam pengambilan keputusan atau membuat keputusan yang didukung oleh pengetahuan.
  • Data mining membantu memberikan informasi yang tepat, dalam membuat prediksi yang akurat untuk perencanaan.
  • Data mining membantu perusahaan dalam mengenali karakteristik pelanggan. Sehingga, perusahaan bisa membuat strategi tepat yang bisa meningkatkan user experience.  
  • Alokasi dana menjadi lebih efisien karena otomatisasi pengambilan keputusan dapat menekankan biaya pengeluaran.

Penerapan Data Mining

Data mining dapat diterapkan di berbagai bidang kehidupan. Berikut penerapan data mining yang perlu Anda ketahui.

  • Telekomunikasi

Data mining bisa digunakan oleh perusahaan telekomunikasi untuk melihat data jutaan transaksi yang masuk. Dengan begitu, perusahaan dapat mengetahui mana saja transaksi yang harus ditangani secara manual.

  • Keuangan

Data mining membantu perusahaan jasa keuangan mendapatkan pandangan yang lebih baik terkait risiko pasar, mengelola pemenuhan peraturan, mendeteksi penipuan, dan menadapatkan return optimal dari investasi pemasaran.

  • Asuransi

Data mining juga diterapkan di perusahaan asuransi untuk mendeteksi penipuan, mengidentifikasi faktor risiko pengajuan klaim, analisa pelanggan, dan lain sebagainya.

  • Olahraga

IBM Advanced Scout menggunakan data mining untuk menganalisis statistik permainan NBA dalam mencapai keunggulan bersaing untuk tim-tim NBA.

  • Manufaktur

Dalam perusahaan manufaktur, data mining digunakan untuk menyesuaikan rencana supply dan perkiraan permintaan, quality assurance, prediksi aset produksi, dan antisipasi pemeliharaan.

Baca Juga: Alasan Sertifikasi CHFI Banyak Dicari Perusahaan

(Visited 35 times, 1 visits today)