Diera digital ini, seluruh proses bisnis sebuah perusahaan dilakukan menggunakan web. Hal itu berpengaruh kepada peningkatan kasus siber atau cybercrime di dunia. Demi keberlangsungan bisnis, perusahaan tentunya mempunyai informasi atau data terpenting terkait strategi bisnis atau informasi klien yang harus dijaga. Oleh karena itu, orang-orang dengan sertifikasi CHFI diincar banyak perusahaan di era perkembangan teknologi ini. Nah apa itu CHFI? Mengapa sertifikasi ini sangat dibutuhkan? Yuk, simak ulasannya!

Alasan Sertifikasi CHFI Banyak Dicari Perusahaan

Apa itu CHFI?

Certified Hacking Forensics Investigator (CHFI) adalah sebuah pelatihan untuk mempelajari teknik identifikasi sebuah kejahatan yang melibatkan sistem komputer. Serta, mengumpulkan bukti-bukti kejahatan yang bisa dianalisa, agar dapat dibawa ke pengadilan.

Sertifikasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pesertanya terkait penanganan cybercrime. Bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia cyber security, sertifikasi ini sangat penting agar karir semakin meningkat.

Pentingnya Ahli Sertifikasi CHFI

Setiap perusahaan perlu merekrut tenaga ahli yang terampil dalam bidang cyber security, terutama yang sudah memiliki sertifikasi CHFI. Mengapa demikian?

Perlu kita sadari, para oknum peretas merupakan orang-orang dengan pengetahuan teknologi yang sangat baik. Tentunya, profesional yang terampil dan mumpuni dibutuhkan untuk menghadapi oknum tersebut, agar perusahaan terhindar dari kejahatan dunia maya.

Pemilik sertifikat CHFI, merupakan profesional keamanan di bidang IT yang peka terhadap serangan dunia maya, dan mampu mengamankan data dan informasi sebuah perusahaan. Ahli IT dengan sertifikasi CHFI dikenal dengan keahlian dalam mencari jejak, pembajakan, peretasan server web, peretasan sistem, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa tanggung jawab seorang ahli IT dengan sertifikasi CHFI :

  • Merekonstruksi jaringan yang diretas;
  • Memeriksa dan memulihkan bukti atau informasi;
  • Mengumpulkan dan membuat laporan bukti;
  • Bersaksi di pengadilan terkait bukti yang dikumpulkan untuk menuntut para oknum peretas.

Mengapa Harus Mengikuti Sertifikasi CHFI?

Dalam menangani kejahatan dunia maya, pengetahuan mengenai penangan hacking dan cyber crime dengan teknik digital investigation sangat dibutuhkan. Baik itu pengumpulan dan pengamanan bukti, digital forensic, serta standar pemulihan data komputer dan perangkat mobile. Pelatihan sertifikat CHFI memberikan kesempatan bagi pesertanya, untuk meningkatkan pengetahuan dalam hal tersebut.

Berbagai perusahaan atau industri di seluruh dunia,  beresiko terkena ancaman serangan siber. Sehingga, peluang bagi pemilik sertifikat CHFI untuk mendapatkan pekerjaan semakin tinggi. Baik bekerja pada perusahaan IT, perbankanan, lembaga penegak hukum, hingga sektor pertahanan dan militer.

Posisi yang tersedia untuk profesional dengan sertifikasi CHFI, antara lain analis forensik komputer, analis malware, analis keamanan informasi, administrator keamanan, spesialis keamanan jaringan, dan masih banyak lagi. Tentunya dengan sertifikasi ini, Anda sudah pasti menjadi aset berharga bagi semua perusahaan.

Baca Juga: Apa itu Express JS? Pengertian, Manfaat, Kelebihan, Cara Kerja

(Visited 37 times, 1 visits today)