Headhunter adalah seseorang yang diminta oleh perusahaan untuk mencari kandidat yang cocok mengisi posisi tertentu dengan keahlian tertentu. Biasanya untuk keahlian dan latar belakang yang sulit ditemukan.

headhunter

Headhunter biasanya bekerja pada sebuah agen perusahaan atau berdiri sendiri sebagai consultant. Mereka akan mendapatkan bayaran untuk setiap kasus yang diterimanya. Jadi, mereka ini tidak hanya menerima pendapatan dari satu perusahaan saja, tapi dari setiap perusahaan yang menggunakan jasanya. Biasanya orang yang menjadi headhunter mencari kandidat dengan posisi dan kualifikasi yang lebih spesifik.


Baca juga: Keuntungan Menggunakan Headhunter


Dalam mencari kandidat, mereka lebih aktif dan juga agresif dalam mendekati kandidat yang diincarnya. Biasanya karena kandidat yang mereka incar adalah top management, sehingga cara pendekatannya pun berbeda. Apabila kandidat yang diincar itu statusnya masih sedang bekerja, maka akan lebih menarik lagi bagi head hunter untuk bisa membajaknya ke perusahaan lain.

Di bawah ini ada cara menilai apakah sebuah perusahaan headhunter baik atau tidak:

  1. Kenali nama dan sejarah perusahaannya. Jangan menerima tawaran jika perusahaan tersebut baru berdiri dan tidak jelas afiliasinya atau profil perusahaannya.
  2. Headhunter tidak akan meminta komisi dari kandidat. Jika meminta komisi dari Anda, jauhi saja. Logika berpikir dari poin ini adalah: jika ia mendapatkan komisi dari kandidat, bagaimana ia akan dengan obyektif memberikan assessment atau penilaian tentang kandidat?
  3. Uji pengetahuan headhunter yang menghubungi Anda. Headhunter yang baik harusnya menguasai industri yang menjadi pilihan karir Anda saat ini. Jika ia terdengar atau terlihat tidak memahami industri Anda, anggap saja dia bukan dari perusahaan yang bagus. Sebagai contoh, jika saat ini Anda sedang berkarir di bank, mereka seharusnya mengerti dan paham soal industri perbankan di Indonesia.

IT Konsultan & Rekruitmen HR Terbaik di Jakarta dan Yogyakarta

IT Professional Service, Managed Services, Training & Development

Hubungi Kami di: +628151622988 (Jakarta) / +6285290880808 (Yogyakarta)

Email:  [email protected] / [email protected]


Cara menarik perhatian para headhunter:

Agar bisa masuk dalam daftar pencarian head hunter, Anda bisa mempercantik curriculum vitae yang Anda pajang di media sosial prbadi. Pastikan CV yang Anda buat dapat memukau head hunter sejak  detik pertama.

Beberapa poin penting yang harus dicantumkan pada CV yaitu:

  1. Peran dan tanggung jawab. Cantumkan daftar tugas dan tanggung jawab yang pernah Anda emban yang relevan dengan posisi yang Anda inginkan. Anda tidak perlu bertele-tele dengan menulis semua pekerjaan yang pernah Anda lakukan di perusahaan sebelumnya.
  2. Pengalaman. Tuliskan pengalaman kerja yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda inginkan. Ungkapkan dengan jelas dan spesifik tentang kontribusi Anda dalam sebuah proyek. Hal ini akan meningkatkan “nilai jual” Anda.
  3. Keterampilan. Lengkapi CV dengan daftar keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang ditawarkan. Hal ini akan membuat pembaca yakin bahwa Anda benar-benar bisa  dipercaya untuk menerima beban kerja yang ditawarkan.
  4. Hasil dan prestasi. Head hunter juga akan memperhatikan hasil kerja yang sudah Anda capai di perusahaan sebelumnya. Tuliskan prestasi terbaik dan jangan ragu untuk menambahkan keterangan bahwa Anda telah melampaui target pada beberapa proyek.
  5. Pendidikan. Pastikan Anda menyorot sertifikat pendidikan yang relevan dengan pekerjaan yang diinginkan. Selain ijazah dari sekolah formal, mungkin Anda pernah mengikuti pelatihan khusus yang diselenggarakan satu lembaga terkenal dan terpercaya.
  6. Mudah dibaca. Jabarkan daftar kemampuan, pengalaman, prestasi dan pendidikan dalam bentuk poin-poin. Jangan gunakan kalimat bertele-tele. Pastikan Anda hanya menggunakan satu jenis font saja.
  7. Konsisten. Jelaskan pekerjaan atau  prestasi yang pernah diraih dalam sebuah kronologi yang berurutan. Inkonsistensi pada CV Anda akan membingungkan pembaca.
  8. Bahasa yang relevan. Gunakan kalimat baku dengan unsur kata-kata yang dipahami secara umum. Hal yang paling penting adalah kata-kata tersebut memperkuat “nilai jual” Anda di mata pembaca. Hindari penggunaan kata spesifik terkait pekerjaan yang Anda geluti selama ini. Sebab head hunter atau manajer sumber daya manusia belum tentu bekerja  dalam bidang industri yang sama dengan Anda.
  9. Format dan label. Head hunter atau manajer sumber daya manusia tidak punya banyak waktu untuk mengunduh berkas CV Anda. Jadi, simpan CV Anda dalam format yang tepat, mudah dibuka dan dibaca. Jangan lupa untuk mencantumkan nama Anda sebagai label pada berkas tersebut.

TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

tog indonesia

(Visited 37 times, 1 visits today)