Web developer tentu tidak asing dengan istilah JSON. Namun, bagi Anda yang belum tau apa itu JSON, pada artikel kali ini kami akan mengajak Anda berkenalan dengan JSON dan apa perbedaannya dengan XML. Yuk, simak artikel berikut ini.

Kenali Apa itu JSON dan Perbedaannya dengan XML

Mengenal Apa itu JSON?

Apa itu JSON? JSON atau JavaScript Object Notation disingkat JSON adalah sebuah format yang digunakan untuk menyimpan, membaca, dan menukar informasi dari web server, agar dapat dibaca manusia dan dapat diakses secara logis.  Sederhananya, JSON adalah bagian dari JavaScript yang digunakan untuk menyimpan dan mentransfer data. Ekstensi file JSON adalah .json.

JSON dikatakan sebagai bahasa yang ideal untuk pertukaran data antar aplikasi. Hal ini dikarenakan JSON dapat dibaca dengan berbagai macam bahasa pemrograman seperti C, C++, Java, JavaScript, Python, dan masih banyak lagi.

JSON terdiri dari dua struktur, yaitu :

  • Kumpulan value yang saling berpasangan, contohnya seperti object;
  • Kumpulan value yang berurutan seperti array.

Kelebihan & Kekurangan JSON

Kelebihan

  • Mendukung semua browser;
  • Data dapat disimpan dalam bentuk array dan memudahkan transfer data;
  • Ukuran sintaks kecil sehingga lebih ringan;
  • Mendukung banyak bahasa pemrograman lain;
  • Parsing data di sisi server lebih cepat;
  • Unggul dalam penanganan API baik untuk aplikasi berbasis web, ataupun desktop.

Kekurangan

  • Berbeda dengan XML yang mudah dipelajari karena sintaksnya mirip dengan HTML, format penulisan JSON  agak sulit dipahami.
  • Bahasa notasi JavaScript rentan terhadap hacking;
  • Tidak ada penangan error pada request.

Perbedaan JSON dan XML

XML (Extensive Markup Language) adalah sebuah markup language yang dirancang untuk menyimpan dan mengantarkan data. Meskipun memiliki fungsi serupa, JSON dan XML merupakan dua hal yang berbeda. Ekstensi file JSON adalah .json, sementara file XML diakhiri dengan .xml.

JSON tidak memiliki tag atau data yang tidak terpakai atau kosong. Sehingga, jika dibandingkan dengan XML, JSON jauh lebih sederhana, mudah dibaca, dan cepat. XML lebih extensible dan rumit, karena ukuran dokumen dan file besar. Itulah mengapa JSON sangat populer dan sering kali digunakan pada API.

Dalam penerapannya, JSON mengirimkan data dengan cara menguraikan data terlebih dahulu, kemudian dikirimkan melalui internet. Sedangkan XML memiliki data yang jauh lebih terstruktur. Dari segi penyimpanan, JSON menyimpan elemen secara efisien akan tetapi tidak rapi untuk dilihat. Di sisi lain, XML menyimpan elemen secara terstruktur, mudah dibaca oleh manusia dan mesin, tetapi kurang efisien.

Baca Juga: Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Oleh Developer


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 67 times, 1 visits today)