Jika anda ingin merekrut seorang programmer yang berbakat dan berpengalaman tentunya itu adalah sebuah tugas yang tidak mudah. Mencari seorang programmer tidak selalu yang memiliki skill yang ahli di bidangnya, tapi attitude programmer yang baik sangat penting untuk diutamakan. Tentunya akan sulit menemukan karyawan programmer yang layak dan memenuhi harapan anda.

Perusahan besar biasanya menawarkan hal-hal menarik untuk programmer sehingga para programmer menjadi mudah terpikat dengan imbalan yang menggiurkan, hal ini menjadi sulit untuk startup kecil atau perusahaan skala kecil untuk menemukan programmer yang benar-benar baik dan bisa diandalkan. 

Ada beberapa hal yang tentunya perlu menjadi pertimbangan agar bisa menemukan programmer berbakat dan memiliki attitude yang baik untuk membantu pekerjaan kantor Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin bisa menjadi acuan ketika perusahaan Anda ingin mencari programmer dengan attitude yang baik.

1. Keterampilan Teknis

Attitude Programmer

Hal ini penting untuk Anda perhatikan, karena salah satu kesalahan mendasar dari seorang HRD saat merekrut programmer adalah mereka sering kali melihat pengalaman dari programmer tersebut. Dari pada menyertakan pengalaman minimum dalam dunia pemograman, tim perekrutan ada baiknya mencari seseorang yang suka menambahkan skill atau mengembangkan skill mereka dengan belajar bahasa pemograman lain, atau teknologi terbaru dari bahasa pemograman yang dia kuasai. Karena pengalaman menggunakan suatu bahasa pemograman tertentu belum tentu berguna, karena teknologi selalu berkembang, terkadang teknologi lama tidak lagi digunakan di perusahaan masa kini.

2. Keinginan untuk Belajar

Teknologi selalu berkembang dan hal ini akan terus berlanjut. Kita harus mencari seseorang yang bersedia untuk berkembang, bersedia untuk belajar bahasa baru. Pengetahuan pemograman seseorang akan menjadi usang hanya dalam beberapa tahun. Jadi penting mengetahui apakah programmer tersebut memiliki minat mempelajari bahasa baru sesuai dengan kemajuan dan perkembangan teknologi atau hanya akan bermain disitu-situ saja selamanya.

3. Keterampilan Debugging

Attitude Programmer

Keterampilan debugging sama pentingnya dengan menciptakan kode program itu sendiri. Programmer yang baik mampu mengenali akar dari permasalahan dengan cepat jika ia memiliki kemampuan debugging yang baik. Jadi pekerjakanlah programmer yang dapat mengetahui atau menyelidiki kesalahan kodenya sendiri.

4. Kemampuan Berkomunikasi

Kemampuan mereka untuk berkomunikasi dan berinteraksi tentu dapat menjadi nilai tambah, karena diskusi merupakan hal penting dalam tim kerja. Jadi penting dalam menguji keterampilan berkomunikasi seorang programmer.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

5. Keterampilan Meyelesaikan Masalah

Membuat aplikasi tentunya memiliki tujuan untuk memudahkan atau menangani masalah tertentu. Sangat penting untuk mengetahui keterampilan si calon programmer dalam memecahkan suatu pemasalahan. Dan selalu berkembang, dia selalu bisa menemukan cara baru untuk membuat sesuatu hal menjadi lebih mudah, efektif dan efisien.

6. Passion

Beberapa orang programmer ada yang bekerja hanya demi mendapatkan banyak uang, sementara beberapa programmer lain bekerja memang karena dia cinta dengan dunia pemograman. Mengetahui tingkat gairah seorang programmer dinilai sangat penting, semangatnya untuk membuat program mencerminkan dedikasi dan hasil akhir yang baik.

7. Laziness

Tiga kualitas pada programmer yang baik yaitu: kemalasan, ketidaksabaran dan keangkuhan. Kemalasan terdengar seperti sifat yang sangat buruk bagi karyawan mana pun, akan tetapi manajer IT mengatakan bahwa jika kita ingin menemukan cara terbaik untuk melakukan sesuatu, tanyalah pada orang yang malas. Kemungkinannya adalah orang tersebut akan menemukan cara tercepat dan paling efisien untuk memecahkan masalah.

8. Kesediaan untuk melakukan riset

Untuk membuat suatu aplikasi terkadang kita memerlukan suatu riset. Programmer yang baik juga harus mau selalu belajar hal baru tentang industri tertentu untuk merancang program yang sesuai untuk pelanggannya.

9. Menghargai deadline

Sebagian besar programmer mengerjakan proyek dengan deadline. Meskipun sangat penting bagi para manajer untuk memahami waktu penyelesaian yang wajar untuk membuat aplikasi baru atau memperbaiki yang sudah ada, programmer juga harus menunjukkan rasa respect-nya untuk segera menyelesaikan tugasnya sebelum deadline.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia

itulah ulasan singkat mengenai  attitude programmer yang baik. Jadi penting sekali untuk mengetahui karakter seorang programmer jika Anda ingin mempekerjakan programmer di perusahaan Anda.

Jika Anda membutuhkan karyawan yang andal di bidang IT, Kami siap membantu Anda. silakan klik link di bawah ini.

Contact


Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 162 times, 1 visits today)