Bahasa Kotlin merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun aplikasi smartphone, terurama Android. Bahasa yang satu ini juga mulai semakin populer karena pada tahun 2017 lalu Google mengumumkan bahwa Kotlin menjadi salah satu bahasa resmi untuk membangun aplikasi Android.

Bahasa Kotlin 

Dilansir dari GeeksforGeeks, Kotlin merupakan bahasa pemrograman general-purpose yang dikembangkan oleh JetBrains. Kotlin memiliki konstruksi yang berorientasi objek dan fungsiona yang membuat pengguna dapat menggunakannya dengan orientasi objek, fungsional, atau menggabungkan keduanya.

Kotlin adalah pemrograman open source yang dikembangkan sejak tahun 2010 oleh JetBrains dan pertama kali dirilis pada bulan Februari 2016. Kotlin sendiri dibuat karena terinspirasi dari bahasa pemrograman lain yang terlebih dahulu sudah ada seperti Java, C # hingga JavaScript. Hal inilah yang membuat pengembangnya berusaha menjadikan Kotlin pemrograman yang tidak terlalu rumit dan bisa dengan mudah dipelajari.

Kotlin sendiri telah kompatibel dengan Java sehingga memudahkan developer Android untuk mengembangkan sebuah aplikasi. Jika dibandingkan dengan Java, kelebihan Kotlin adalah lebih pendek. Dengan menggunakan Kotlin jumlah baris kode bisa lebih pendek sampai 40%.

Kelebihan Kotlin Developer

Lebih ringkas

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, pemrograman yang satu ini lebih ringkas jika dibandingkan dengan Java. Jadi, pengguna hanya cukup menulis coding yang lebih pendek ketika menggunakan Kotlin. Jadi, hal tersebut jelas mempermudah dan menghemat waktu dari para penggunanya.

Dapat dioperasikan dengan Java

Kelebihan lain dari Kotlin adalah kemudahannya pada saat dioperasikan dengan bahasa pemrograman lain yaitu Java. Jadi pengguna tidak perlu merasa kesulitan lagi saat menggunakan Kotlin dalam proyek yang sebelumnya menggunakan bahasa Java.

Mudah dipelajari

Kotlin menjadi salah satu dari beberapa pemrograman yang paling mudah untuk dipelajari. Jadi, jika Anda sudah bisa menggunakan Java, akan merasa jauh lebih mudah pada saat mempelajari pemrograman ini.

Mampu meminimalisir kesalahan

Bahasa pemrograman yang satu ini juga bisa diketik secara statis. Hal inilah yang membuat penggunanya bisa mengetahui jika terdapat kesalahan pada saat kompilasi. Pemrograman yang diketik secara statis memang akan langsung melakukan type checking saat sedang melakukan kompilasi.

Memiliki fitur-fitur yang beraneka ragam

Kelebihan selanjutnya dari Kotlin adalah telah dibekali dengan fitur lanjutan yang beraneka ragam fungsi seperti operator overloading, lambda expressions, hingga string templates.

Baca juga artikel lainnya : Berikut ini 7 Alasan Kenapa Kita Wajib Belajar Kotlin untuk Android

(Visited 54 times, 1 visits today)