Kebutuhan perusahaan terhadap tenaga kerja Android Developer sangatlah tinggi. Oleh karena itu, lowongan Android Developer banyak terbuka dan memiliki jenjang karier yang sangat menjanjikan. Bagi Anda yang mungkin seorang IT Freshgraduate dan ingin bekerja dibidang Android, Anda perlu mengetahui dan mempelajari bahasa pemrograman Android yang sering digunakan dalam membuat aplikasi Android.

Bahasa Pemrograman Android

1. Bahasa Pemrograman Java

Saat ini bahasa Java masih bertahan diurutan 10 besar bahasa pemrograman yang paling populer di dunia. Anda bisa membuat aplikasi Android menggunakan bahasa pemrograman Java dengan menggunakan tools

  • Android Studio (IDE ini resmi didukung penuh oleh google)
  • Eclipse (IDE lain yang sebelumnya sudah didukung penuh oleh google sebelum adanya Android Studio)

Untuk pemula yang baru ingin belajar membuat aplikasi android sangat disarankan menggunakan bahasa pemrograman Java.

2. Bahasa Pemrograman Kotlin

Kotlin baru saja mendapatkan dukungan dari google sebagai salah satu bahasa pemrograman resmi untuk membuat aplikasi Android. Kotlin sendiri diciptakan oleh JetBrains yang merupakan perusahaan terkenal dalam membuat IDE seperti : Android Studio, RubyMine, PhpStrome, dll.

Kotlin diciptakan oleh JetBrains bertujuan untuk melengkapi segala kekurangan yang ada pada pemrograman java. Terbukti bahwa bahasa pemrograman Kotlin jauh lebih simple dibandingkan Java.

Keunggulan dari Kotlin adalah bisa berjalan beriringan dengan bahasa pemrograman Java. Dan bisa menggunakan library dari java.

Jika Anda sudah mempelajari bahasa pemrograman Java dan juga sudah mahir. Anda bisa langsung mencoba mempraktekan bahasa pemrograman Kotlin untuk membuat aplikasi Android.

Dalam pembuatan aplikasi Android saat ini bisa menggunakan IDE :

  • Intellij IDEA
  • Android Studio
  • Eclipse

3. Bahasa Pemrograman C++

Sebelum bahasa pemrograman Kotlin diresmikan oleh Google menjadi salah satu bahasa pemrograman yang didukung penuh untuk membuat aplikasi android, pemrograman C++ sudah lebih ada terlebih dulu setelah Java.

Java, C++, dan kotlin pun saat ini menjadi bahasa pemrograman populer yang paling sering digunakan oleh developer di seluruh dunia. Anda juga bisa menggunakan IDE Android Studio untuk mengembangkan aplikasi android dengan pemrograman C++.

4. Bahasa Pemrograman Dart

Bahasa pemrograman ini sering digunakan untuk membuat aplikasi di berbagai platform seperti : website, mobile, Internet of Things (IoT), dan server. Bahasa Dart sendiri dirilis oleh google secara open source. Untuk mengembangkan aplikasi Android bisa menggunakan pemrograman Dart kita harus menggunakan Tools Flutter.

5. Bahasa Pemrograman C#

Pemrograman lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat aplikasi android yaitu pemrograman C# (C Sharp). Jika Anda sudah memiliki dasar pemrograman C#, maka Anda tidak akan menemukan kesulitan yang berarti saat belajar membuat aplikasi android menggunakan pemrograman C#.

Tools yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi Android menggunakan pemrograman C# adalah Xamarin. Terdapat dua IDE yang ada di xamarin yaitu :

  • Xamarin yang terintegrasi dengan Microsoft Visual Studio
  • Xamarin Studio

Baca juga : Kisaran Gaji Profesi IT yang Besar di Indonesia, Siapa Mau?

(Visited 28 times, 1 visits today)