Dari sekian banyak bahasa pemrograman yang ada di dunia, bahasa pemrograman Java merupakan salah satu bahasa yang cukup populer baik itu di dunia maupun di Indonesia. 

Berikut Penjelasan Lengkap Mengenai Bahasa Pemrograman Java

Pengertian Java

Bahasa Pemrograman Java

Bahasa pemrograman Java adalah bahasa pemrograman tingkat yang berorientasi pada Object dan program Java tersusun dari bagian yang disebut dengan Class. Class sendiri terdiri dari berbagai metode yang melakukan pekerjaan dan mengembalikan informasi setelah melakukan tugasnya.

Para Programmer Java juga mendapatkan banyak sekali keuntungan dari kumpulan Class di pustaka Class Java yang disebut dengan Java Application Programming Interface (API). Kumpulan Class ini diorganisasikan menjadi sekelompok yang disebut dengan paket (Package). Java API telah menciptakan applet dan aplikasi canggih yang sudah menyediakan fungsionalitas yang memadai.

Jadi ada dua hal penting yang harus Anda pelajari dalam Java, yaitu bagaimana menggunakan Class yang terdapat pada Java API  dan mempelajari bahasa Java. Tidak ada cara lain selain Class yang merupakan satu-satunya cara menyatakan bagian eksekusi program. 

Pada Java program Javac untuk mengkompilasi file kode sumber Java menjadi kumpulan Class bytecode. File kode sumber juga memiliki ekstensi *.java. Kompilator Javac akan menghasilkan file bytecode Class dengan ekstensi *.class. Interpreter merupakan modul utama pada sistem yang ada pada Java dan digunakan untuk aplikasi Java serta menjalankan program bytecode Java.

Bisa dibilang Java merupakan  bahasa pemrograman yang dapat membuat seluruh bentuk aplikasi tidak hanya desktop dan web namun juga bisa membuat aplikasi mobile dan lainnya, sebagaimana dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman konvensional yang lain.

Java sendiri adalah bahasa pemrograman yang bersifat umum atau non-spesifik (general purpose). Bahasa Pemrograman Java juga berorientasi object (OOP-Object Oriented Programming), hal inilah yang membuatnya dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi. OOP merupakan program komputer sebagai kelompok object yang saling berinteraksi.

Pengertian OOP (OOP-Object Oriented Programming)

Bahasa Pemrograman Java

OOP akan mengorganisasikan program sebagai kumpulan komponen yang disebut object. Object- object ini ada secara independen, mempunyai aturan-aturan berkomunikasi dengan object lain dan untuk memerintahkan object lain gunanya untuk meminta informasi tertentu atau meminta object lain untuk mengerjakan sesuatu.

Class sendiri bertindak sebagai modul sekaligus tipe. Sebagai tipe maka pada saat akan dijalankan, program menciptakan object-object yang merupakan instan- instan Class. Class sendiri dapat mewarisi Class lain. Java juga tidak mengijinkan pewarisan jamak akan tetapi menyelesaikan kebutuhan pewarisan jamak dengan fasilitas antarmuka yang jauh lebih elegan.

Perkembangan Java juga tidak hanya selalu terfokus pada satu sistem operasi, namun dapat dikembangkan ke berbagai sistem operasi dan bersifat open source. Dengan slogannya “Write once, run anywhere”. Bahasa pemrograman Java juga banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model object yang lebih sederhana. Aplikasi-aplikasi berbasis java pada umumnya dikompilasi ke dalam bentuk p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM).

Mengapa Menggunakan Java? 

Bahasa Pemrograman Java

1. Bahasa yang digunakan sederhana

Apabila dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain, bahasa Java bisa dibilang jauh lebih sederhana dibandingkan bahasa lainnya. Hal ini dikarenakan bahasa Java menggunakan sintaks yang bisa dibilang mirip dengan bahasa C++.

2. Hanya fokus pada Objek

Bahasa pemrograman Java juga hanya terfokus pada Objek . Dengan hanya fokus pada objek, program komputer dapat saling berkomunikasi dalam satu kelompok objek.

3. Pengamanan yang cukup ketat

Terdapat 3 lapis pengamanan pada Java. Pengamanan ini tentu saja dilakukan sebagai pelindung sistem dari penyalahgunaan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

4. Dapat dipakai pada sistem operasi manapun

Java sendiri bisa beroperasi pada komputer yang menggunakan sistem operasi apapun. Hal ini bisa dilakukan karena pada Bahasa Java termasuk Platform Independence. Ketika dibuatkan sebuah file, maka file tersebut dapat dijalankan pada perangkat manapun.

5. Menggunakan sistem Exception-Handling

Exception Handling menyediakan cara biar bisa memisahkan antara bagian pengamanan kesalahan dan bagian kode normal. Dengan begitu kode tersebut diarahkan ke struktur kode program yang jauh lebih bersih. Jika menemukan kesalahan, maka Java akan langsung membuat exception. Exception bisa juga ditangkap serta dikelola oleh program tanpa memberikan dampak yang lebih buruk.

6. Mendukung Native method

Java mendukung native method yang merupakan sebuah fungsi yang ditulis di bahasa lain, khususnya C dan C++. Dengan adanya dukungan secara native method ini memungkinkan Programmer dapat menulis berbagai fungsi yang bisa dilakukan dengan cepat jika dibandingkan fungsi yang lain.

7. Terdapat Garbage Collector

Fungsi dari Garbage Collector adalah mengumpulkan “sampah” secara otomatis. Adanya Garbage Collector ini Programmer tidak perlu dibebani dengan adanya memori yang rusak.

8. Daftar perpustakaan yang lengkap

Bahasa pemrograman Java memiliki daftar perpustakaan yang cukup lengkap. Dengan adanya ini Programmer bisa membuat suatu aplikasi sesuai dengan apa yang diinginkan.

9. Adanya Fitur GUI

GUI merupakan singkatan dari Grafical User Interface adalah salah satu fitur yang ada di dalam Java.

10. Penyempurna dari C++

Bagi Anda Programmer yang terbiasa dengan bahasa pemrograman C++, Anda tidak perlu khawatir dengan bahasa pemrograman java. Karena pada Java sendiri untuk modelnya sudah disesuaikan dengan C++. Bahkan dengan bahasa pemrograman Java, Anda bisa memperluas kode-kode yang Anda inginkan dibandingkan melalui C++

Contoh Program Java yang Sederhana

Menampilkan Teks Hello World pada Java

public class MyClass {
public static void main(String[] args) {
System.out.println(“Hello World”);
}
}
Hasilnya
Hello World
Jika Anda mencari lowongan Java Developer, Anda bisa bergabung dengan kami TOG Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan IT terbaik di Jakarta

Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 112 times, 1 visits today)