JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang banyak dibutuhkan saat ini. Salah satunya karena bahasa pemrograman JavaScript sendiri digunakan oleh berbagai website penelusur besar seperti Internet Explorer, Netscape, hingga Opera.  Banyak perusahaan besar seperti Microsoft, Amazon, dan PayPal juga menggunakan jasa dari JavaScript.

Mengapa perusahaan sering menggunakan bahasa pemrograman JavaScript dan Javascript juga memiliki karir yang bagus di bidang teknologi? Berikut alasannya!

Fleksibel

Dengan belajar JavaScript, Anda juga berpotensi untuk mempelajari bahasa pemrograman lain dalam satu waktu. Hal ini disebabkan karena JavaScript memungkinkan penggunanya untuk berkolaborasi dengan bahasa pemrograman lainnya. Selain itu, JavaScript terbilang fleksibel untuk diproses dalam beragam bentuk ekstensi data pada halaman suatu web.

Belajar JavaScript mengharuskan Anda mempelajari penerapannya ke dalam berbagai bentuk game dan aplikasi. Teknologi HTML5 sangat mendukung pengembang untuk membuat game melalui bahasa pemrograman JavaScript terutama game 2D. Di sisi lain, para Developer aplikasi Mobile juga turut memanfaatkan fitur-fitur di dalam JavaScript seperti React Native, Ionic, Tizen, hingga Cordova.

Mudah dipelajari

Poin ini menjadi alasan paling penting mengapa Anda diharuskan belajar JavaScript. Setiap bahasa pemrograman memiliki tingkat kesulitannya masing-masing, termasuk pada JavaScript. Namun untuk belajar JavaScript, bahasa yang digunakan terbilang cukup  mudah dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. 

Untuk belajar JavaScript, Anda juga tidak perlu repot untuk memasang tools apapun seperti compiler ataupun IDE.

Selain kemudahan dalam bahasa dan tools yang minim, Anda juga bisa menemukan referensi belajar JavaScript di mana pun Anda mau. Selain itu, bangku perkuliahan ataupun tempat kursus komputer juga menawarkan untuk belajar JavaScript, menilik dari penggunaannya yang begitu banyak di lingkungan kerja.

Multiplatform

Sistem operasi JavaScript juga dapat diaplikasikan di berbagai platform. Beberapa sistem pengoperasian populer yang telah didukung oleh JavaScript seperti Windows, Linux, dan Android. Dengan keunggulan tersebut, belajar JavaScript menjadi fundamental yang sangat baik untuk mempelajari berbagai jenis sistem operasi komputer. Jangan lupakan juga kemampuan JavaScript untuk menjalankan pengoperasian di berbagai perangkat seperti komputer hingga smartphone.

Hanya butuh memori kecil

Dengan hanya basis client-side, JavaScript mampu memproses seluruh sistem hanya melalui peramban web. Hanya HTTP-request saja yang dijalankan oleh JavaScript sehingga membuat bahasa pemrograman ini menjadi begitu ringan dan cepat.

Memori yang ringan juga berarti membuat JavaScript sangat sesuai bagi perusahaan yang ingin mengembangkan aplikasi-aplikasi ringan untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tinggal bagaimana Anda dapat menggabungkan ilmu yang didapat saat belajar JavaScript untuk dipadukan dengan kebutuhan pasar.

Mencakup Backend dan Frontend

Aspek berikut bisa jadi merupakan salah satu aspek utama mengapa belajar JavaScript punya nilai penting ketika bekerja di bidang tech. JavaScript mampu membuat program web dan aplikasi yang kompleks secara utuh dari hulu ke hilir, dari backend hingga frontend. 

Dengan adanya dukungan dari Node.js, JavaScript mampu memangkas penggunaan dua bahasa pemrograman untuk backend dan frontend, menjadi cukup satu bahasa pemrograman.

Singkatnya, belajar JavaScript juga memaksa Anda untuk sedikit banyak belajar menjadi seorang full-stack developer dengan berbagai fitur pendukung lainnya seperti Node, Angular, Express, dan seterusnya.

Baca juga artikel lainnya : Mengenal Bahasa Pemrograman C++ yang Hasilkan Gaji Tinggi


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 19 times, 1 visits today)