Salah satu bahasa pemrograman yang masih sering digunakan adalah bahasa pemrograman Perl. Bahasa Perl masih sering diutamakan para programmer untuk berbagai keperluan berat seperti web development. Nah bagi Anda yang ingin menjadi web development, simak ulasan lengkap mengenai bahasa pemrograman Perl berikut ini.

Mengenal Bahasa Perl

Bahasa pemrograman ini diperkenalkan oleh Larry Wall pada tahun 1987. Ia merancang Perl secara khusus untuk keperluan text editing. Namun, bahasa Perl juga digunakan untuk berbagai keperluan termasuk administrasi sistem Linux, pemrograman jaringan, hingga pengembangan server web.

Fungsi Perl

Penggunaan Perl yang paling sering adalah untuk keperluan web development. Perl juga sering digunakan untuk mengotomatisasi banyak tugas di dalam server web dan sistem administrasi lainnya. Karena Perl bisa digunakan untuk menghasilkan email dan membersihkan sistem secara otomatis.

Perl hingga kini juga masih digunakan untuk tujuan aslinya, yaitu untuk mengekstrak data dan menghasilkan laporan, khususnya untuk keperluan business intelligence. Tak hanya itu, bahasa pemrograman ini mampu menghasilkan laporan tentang penggunaan sumber daya dan memeriksa masalah keamanan dalam jaringan web.

Karena kemampuannya ini, Perl menjadi bahasa pemrograman paling populer yang digunakan dalam aktivitas web dan server development. Selain itu, Perl juga dapat digunakan untuk pengembangan CGI (Computer-Generated Imagery).

Kelebihan Perl

1. Memiliki sistem dukungan yang kuat

bahasa pemrograman ini dianggap memiliki performa tingkat tinggi. Mengapa demikian? Sebab, ia memiliki sistem dukungan yang kuat untuk keperluan pemrograman fungsional dan prosedural.

2. Mengandung bahasa pemrograman yang canggih

Bahasa yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan kompleksitas bahasa pemrograman yang sangat tinggi sehingga mampu menangani enkripsi data dengan baik.

Tak hanya itu, Perl juga mendukung library eksternal dengan bahasa program C dan C++ melalui XS atau juga SWIG. Kumpulan bahasa yang terdapat dalam Perl dapat disematkan lebih jauh ke dalam sistem lain seperti server web dan server database.

3. Open source

Kelebihan selanjutnya dari Perl adalah bahwa ia bersifat open source. Jadi, bahasa pemrograman ini dapat diakses dan dikembangkan secara gratis.

Kekurangan Perl

1. Sulit untuk memperbaiki bug

Salah satu kelemahan dari Perl adalah bahwa ia tidak handal untuk memperbaiki bug dalam sistem. Hal ini tidak lepas dari kemampuannya untuk memanipulasi teks sehingga menyulitkan programmer untuk menemukan bug.

2. Tidak ditujukan untuk web development

Meskipun sering digunakan untuk web development, Perl sejatinya tidak diciptakan untuk mendukung keperluan tersebut. Oleh karena itu, ia sulit digunakan untuk meningkatkan kecepatan, skalabilitas, dan kenyamanan sebuah situs web.

Baca juga : 5 Jenis Pekerjaan di Bidang Blockchain yang Menjanjikan

(Visited 18 times, 1 visits today)