Setelah diresmikan beberapa tahun lalu, Kotlin resmi menjadi bahasa kedua yang didukung untuk dipakai dalam membuat aplikasi Android di Android Studio. Memang untuk saat ini, posisi dari Java sebagai bahasa utama masih belum  dapat tergantikan oleh Kotlin. Namun, perkembangan dari bahasa Kotlin di komunitas developer Android terbilang sangat pesat. Bahkan, komunitas developer Android saling menguatkan dengan merilis berbagai tutorial baru dalam bahasa Kotlin dan memperbarui tutorial lama untuk menggunakan bahasa ini. Oleh karena itu belajar kotlin saat ini akan menjadi nilai tambah yang nantinya akan terpakai di masa depan. Berikut alasan kenapa kita wajib belajar kotlin untuk Android.

1. Tidak Sulit Untuk Dipelajari

belajar kotlin

Image Source : udemycdn

Kesederhanaan  dari bahasa Kotlin membuat para developer Android menjadi tertarik. Jika Anda sudah bisa menggunakan bahasa Java untuk membuat Aplikasi Android, pasti tidak akan mengalami permasalahan yang berarti saat belajar Kotlin. Kotlin sendiri didesain untuk memakai elemen-elemen yang sudah ada dengan perbaikan di bagian tertentu sehingga proses ketika sedang menulis program  menjadi lebih menyenangkan.

2. Terintegrasi dengan Android studio

Kotlin dikembangkan oleh JetBrains, yaitu perusahaan yang telah mengembangkan IntelliJ, basis awal Android Studio. Oleh karena itu, Kotlin bisa terintegrasi dengan sempurna di dalam Android Studio karena memang bisa dibilang kedua nya dikembangkan oleh perusahaan yang sama.

Di Android Studio versi 2.3 kita masih harus memasang plugin tambahan untuk Android Studio agar bisa memakai Kotlin. Tetapi, setelah versi 3.0 Kotlin sudah bisa langsung digunakan tanpa harus memasang plugin tambahan.

Baca juga artikel lainnya : Belajar Mengenal Bahasa Pemrograman Kotlin

3. Memiliki Ekosistem yang Sudah Matang

belajar kotlin

Image Source : teknologiidberita

Kotlin sudah melalui berbagai tahapan yang  panjang sebelum memasuki versi stabil 1.0 sejak tahun 2016 yang lalu. Pada akhirnya bahasa pemrograman Kotlin adalah bahasa yang sudah sangat matang. Bahasa ini tidak lagi dalam tahap beta apalagi alpha, tapi sudah stable sehingga sangat cocok dipakai untuk production. Tak hanya itu, setiap hari selalu ada library baru untuk membantu proses pembuatan aplikasi Android dengan Kotlin. Serta kita masih tetap bisa memakai library Java yang sudah ada tanpa masalah. 


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

4. Aman dari NullPointerException

Saat membuat aplikasi Android dengan menggunakan bahasa Kotlin, compiler akan langsung mendeteksi adanya kemungkinan error sebelum membuat APK (atau saat di run). Dengan begini kita bisa langsung tahu dimana sumber yang nantinya bisa bermasalah kedepa. Jika bagian yang memiliki kemungkinan error tidak diatasi, maka aplikasi tidak akan bisa di run. Berbeda dengan Java, dimana tidak ada pemeriksaan seperti itu dari sananya. Kita akan tahu bahwa suatu bagian menyebabkan NPE saat aplikasi sudah berjalan dan crash.

5. Kotlin Tidak Hanya di Android

belajar kotlin

Image Source : colaninfotech

Kotlin bisa digunakan untuk membuat aplikasi lain seperti iOS (melalui Kotlin Native), juga bisa dipakai untuk menulis JavaScript (melalui Kotlin JS). Karena Kotlin memiliki interoperability 100% dengan Java, jadi apapun yang bisa menggunakan Java juga bisa menggunakan Kotlin.

Baca juga artikel lainnya : Ini Kode Etik Analis Sistem yang Perlu Kamu Ketahui

6. Update Java di Android Relatif Lebih Lambat

Kotlin memiliki konsep lambda, extention function, functional operation on collection, sealed classes, data classes, dan konsep-konsep modern yang lain yang sudah dibungkus siap pakai saat ini juga. Bandingkan dengan Java, dimana kita harus mengakali  sendiri agar project Android bisa memakai Java 8 dan menggunakan konsep-konsep modern tadi.

7. Perusahaan Mulai Mengimplementasi Kotlin

Image Source : colaninfotech


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Perusahaan-perusahaan besar seperti Gojek juga sudah mulai mengimplementasi Kotlin di project Java yang sudah ada. Langkah ini tentu akan diikuti oleh perusahaan-perusahaan lainnya. Artinya apa? Semakin banyak perusahaan yang mengimplementasi Kotlin, maka kebutuhan akan developer Android yang memahami bahasa ini akan terus meningkat.

Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 39 times, 1 visits today)