Kotlin merupakan bahasa pemrograman baru yang dibuat oleh JetBrains yang saat ini bekerja untuk membawa bahasa ini ke sistem tertanam dan iOS. Bahasa pemrograman ini untuk Java Virtual Machine (JVM). Oleh karena itu, bahasa ini dapat digunakan di mana saja, karena Java sudah banyak digunakan saat ini (yang hampir di mana saja). Ini termasuk pengembangan server, klien, web, dan Android.

Kotlin begitu populer di kalangan pengembang karena desain bahasa yang bersih dan fitur yang kuat. Tujuannya secara eksplisit bukan untuk memperkenalkan konsep-konsep baru, tetapi untuk menyatukan fitur-fitur bahasa pemrograman yang telah terbukti bermanfaat bagi proyek-proyek skala besar.

Sejarah Bahasa Kotlin

Bahasa Kotlin pertama kali dirilis dengan versi 1.0 nya pada tahun 2016 silam. Usia yang cukup muda bukan untuk sebuah bahasa pemrograman. Di usianya yang muda, pada tahun 2017 dan telah didukung oleh Google sebagai bahasa yang digunakan untuk mengembangkan Android. Di tahun 2017 tersebut, Google juga memberikan kemudahan bagi para developer Android yang terbiasa menggunakan Java untuk mengubah code yang dituliskan dalam Java menjadi Kotlin hanya dengan 1 perintah saja.

Saat ini, bahasa pemrograman ini tengah menjadi primadona baru bagi para pengembang Android. Tak hanya itu, sudah banyak materi-materi pembelajaran yang bisa kita temukan jika ingin belajar bahasa pemrograman ini. Selain itu, Banyak perusahaan yang telah migrasi menggunakan bahasa pemrograman ini meskipun belum sampai 100% menggunakan bahasa pemrograman ini.

Penggunaan Bahasa Kotlin

1. Java Virtual Machine (JVM)

kotlin

Image Source : ytimg

JVM merupakan sebuah Virtual Machine (VM) yang dapat membuat komputer kita bisa menjalankan program yang dibuat menggunakan bahasa Java ataupun program yang dicompile menggunakan Java bytecode. Hal ini membuat Kotlin sangat cocok untuk digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang berjalan di server. 

Baca juga artikel lainnya : 5 Keahlian Analis Sistem yang Harus Dimiliki

2. Browser

kotlin

Image Source : zdnet3

Kita dapat menggunakan bahasa Kotlin seolah-olah dia merupakan Javascript dalam melakukan pengembangan di browser (untuk Front-End Development).


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

3. Native

Image Source : kotlinlang

Native merupakan teknologi yang digunakan untuk melakukan compile terhadap code Kotlin menjadi native binaries. Sehingga, bahasa ini dapat digunakan pada environment yang tidak mendukung Virtual Machine, seperti pada embedded devices (untuk IoT) atau pada iOS.

4. Android

Image Source : miro.medium

Google juga telah mendukung untuk melakukan pengembangan di platform Android menggunakan bahasa Kotlin. Karena bahasa pemrograman ini juga mampu membantu para Programmer Java dalam menyelesaikan dan menghindari masalah-masalah yang sering muncul ketika melakukan pengembangan di Android.

Baca juga artikel lainnya : Ini Kode Etik Analis Sistem yang Perlu Kamu Ketahui

Contoh dari Bahasa Kotlin

kotlin

Image Source : petanikode

Kita juga dapat mengembangkan program dengan bahasa Kotlin dengan menggunakan:

1. IntelliJ IDEA — IDE yang dibuat oleh JetBrains untuk keperluan pengembangan seperti bahasa Java dan Kotlin.

2. Android Studio — IDE yang dikembangkan dari IntelliJ IDEA untuk fokus ke pengembangan Android.

3. Eclipse — IDE untuk bahasa Java yang populer. Hal ini mendukung bahasa pemrograman ini dengan menggunakan plugin yang terdapat di Eclipse Marketplace.

4. Compiler — untuk menjalankan code Kotlin langsung di komputer kita tanpa menggunakan IDE apapun.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Itulah pengenalan mengenai bahasa kotlin, meskipun masih terbilang sangat baru, bahasa ini termasuk paling cepat perkembangannya dan sudah banyak dipakai oleh berbagai perusahaan.

Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 53 times, 1 visits today)