Programmer merupakan salah satu profesi yang banyak dicari oleh perusahaan di Indonesia. Nah untuk menjadi seorang programmer yang andal, diperlukan skill coding. Nah bagi kamu yang tertarik untuk menjadi programmer dan bekerja diperusahaan besar, Yuk simak ulasan berikut ini yang akan membahas terkait tips atau cara coding untuk pemula agar lebih mudah dan makin jago.

Cara Coding Mudah untuk Pemula

Menguasai skill coding bisa membantu kamu dicari oleh perusahaan bergengsi atau impian banyak orang. Langsung saja berikut ini tips dan cara coding untuk pemula biar mahir dan profesional.

1. Memahami Konsep Dasar Coding

Hal pertama sebelum terjun jauh untuk mempelajari coding, setidaknya pahami dahulu konsep dasarnya. Hal ini akan menjadi pondasi untuk melanjutkan ke konsep selanjutnya.

Konsep-konsep tersebut misalnya seperti variabel, struktur data, kontrol struktur, syntax, dan juga berbagai tools untuk coding. Apakah kamu sudah mempelajari beberapa hal tersebut?

2. Pilih Bahasa Pemrograman yang Sesuai

Belajar coding, maka juga perlu siap dengan mempelajari bahasa pemrograman. Yang mana bahasanya mungkin akan terkesan kurang familiar dan rumit bagi orang awam. 

Ada beberapa bahasa pemrograman yang bisa kamu gunakan, namun tentunya bisa memilih mana yang cocok. Selain itu pilih juga sumber yang hendak digunakan untuk belajar coding.

Bahasa pemrograman untuk membuat situs dan membuat game berbasis mobile ini tidak sama. Namun pada intinya bahasa coding ini memiliki konsep dasar yang mirip, sehingga para pemula tetap dapat menggunakannya.

3. Pelajari Bahasa Pemrograman Satu Per Satu

Langkah selanjutnya setelah memilih bahasa pemrograman mana yang hendak kamu gunakan, maka bisa fokus mempelajarinya. Cukup fokus di salah satu saja jika masih pemula. 

Hal tersebut bertujuan agar tidak membuat kebingungan dan mencampuradukkan berbagai macam syntax di dalamnya. Pastikan memulai dari bahasa pemrograman yang sederhana terlebih dahulu.

Misalnya Phyton, Java Script, atau bisa juga HTML/CSS. Bagi yang hendak mengembangkan suatu situs web, maka bisa mempelajari HTML/CSS secara bersamaan. Pasalnya kedua jenis bahasa tersebut sama-sama digunakan secara real time.

Setelah memahami bahasa pemrograman pada bagian dasar, maka selanjutnya bisa melanjutkan ke yang lebih lanjut. Sehingga terus berkembang.

4. Ikut Kursus Coding

Apabila kesulitan belajar secara otodidak, maka tidak ada salahnya untuk ikut kursus coding. Terlebih saat ini juga tersedia berbagai tempat kursus online, termasuk yang melayani pembelajaran coding.

Bentuk kursus online tersebut beragam dalam pemberian materi. Seperti wujud video, tutorial, teks, komunikasi interaktif, dan sebagainya. Sebaiknya pilih kursus yang ada komunikasi interaktif di dalamnya.

Pasalnya hal tersebut akan membantu dan kamu bisa langsung praktik secara lebih spesifik. Biaya kursus bervariasi, mulai dari Rp0 saja sampai jutaan. Jadi, tergantung dimana kamu memilih tempatnya.

Baca juga : 10 Golang Framework Terbaik di Tahun 2022

5. Mempelajari Coding yang Dibuat Oleh Orang Lain

Sebagai langkah untuk mengasah kemampuan semakin kamu, bisa juga belajar lewat pekerjaan coding milik orang lain. Amati aspek sederhananya seperti metode yang mereka gunakan, kesalahan, dan mengubah kode sesuai fungsinya.

6. Belajar Coding Lewat Game Online

Cara belajar coding selanjutnya ialah dengan mempelajarinya melalui game online. Ada banyak sekali game online yang menggunakan bahasa pemrograman Java Script seperti Angrybirds, Polycraft, Football Pro, dan sebagainya.

Pelajari bagaimana cara mendesainnya sampai dengan tingkat kesulitannya seperti apa di dalam game tersebut.

7. Belajar Melalui Buku

Mungkin belajar coding menggunakan buku tergolong cara yang jadul. Namun tentunya dengan menggunakan buku akan lebih mudah membantu Anda, apalagi saat ini banyak sekali buku coding yang sudah terjemahan bahasa Indonesia.

Tidak harus beli dan mengeluarkan uang, karena pinjam di perpustakaan tempat tinggal Anda juga bisa.

Contoh buku pemrograman yang recomended seperti Coding Membuat Program karya Elizabeth Tweedale sedangkan versi Indonesianya ialah Belajar Coding Android bagi Pemula karya Yuniar Supardi.

Menguasai kemampuan coding memang tidak mudah dan butuh waktu yang cukup konsisten. Cara coding untuk pemula yang paling mudah adalah dengan ikut kursus agar memperoleh pengetahuan dan mentor sekaligus.

(Visited 60 times, 1 visits today)