Melamar kerja merupakan suatu kegiatan yang sering orang lakukan selepas menyelesaikan masa pendidikan. Seperti setelah lulus kuliah, sekolah kejuruan, atau menekuni pelatihan tertentu.

Pada proses mencari pekerjaan, tentunya ada banyak pilihan referensi perusahaan atau tempat yang Anda tuju untuk bekerja. Nah, agar tidak salah langkah ada baiknya seorang pelamar atau pencari kerja melakukan pertimbangan terlebih dahulu.

Pertimbangannya bukan hanya sebatas melihat tawaran lowongan dan menyesuaikan dengan kualitas diri saja. Ada hal lainnya yang juga perlu dipertimbangkan.

Sehingga akan membantu untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih nyaman dan tentunya dapat membantu mencapai tujuan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Beberapa Hal yang Harus Anda Pikirkan Ketika Melamar Kerja

Pastikan untuk mempertimbangkan 7 hal berikut ini sebelum memutuskan untuk melamar kerja. Sehingga bisa memastikan bahwa pekerjaan tersebut benar-benar cocok untuk Anda.

Cocok dalam artian bukan hanya terkait profesi yang tepat, tapi juga hal-hal lainnya seperti berikut ini.

1. Jarak Tempat Kerja dengan Domisili

Jarak menjadi faktor penting untuk pertimbangan ketika memutuskan melamar pekerjaan. Usahakan jarak kantor dengan lokasi tempat tinggal tidak terlalu jauh.

Hal tersebut berkaitan dengan estimasi waktu tempuh perjalanan. Sehingga tidak merasakan cepat lelah karena melakukannya setiap hari. Belum lagi ongkos transportasi yang perlu keluar lebih banyak.

Namun sebenarnya jarak yang jauh ini bisa saja Anda akali dengan berpindah domisili. Misalnya memilih untuk kos di sekitar lokasi kerja, dimana sudah banyak juga yang melakukannya.

Mungkin hal tersebut bukan perkara mudah bagi sebagian orang. Pasalnya bukan hanya tentang adaptasi saja, melainkan harus siap menjalani kehidupan secara mandiri.

2. Memastikan Pekerjaan Sesuai dengan Rencana

Setiap orang pasti punya harapan dan keinginan. Seperti ingin bekerja di suatu perusahaan tertentu, bekerja sesuai keinginan, dan sebagainya. Akan tetapi perasaan resah ketika belum mendapatkan pekerjaan, sering jadi permasalahan.

Karena butuh pekerjaan, melihat lowongan apa saja langsung gercep memasukkan lamaran. Padahal tidak semua lowongan tersebut bisa mendukung cita-cita dan karir jangka panjang.

Setidaknya pilih pekerjaan yang bisa jadi batu loncatan untuk melanjutkan karir impian Anda. Lebih tepatnya yang relevan dengan karir impian, sehingga bisa sambil belajar melatih skill.

3. Mencari Tahu Budaya Perusahaan

Hal terpenting selanjutnya adalah mencari tahu tentang budaya perusahaan yang hendak dilamar. Langkah ini akan membantu seseorang untuk bisa survive saat bekerja.

Pasalnya kalau nanti lingkungan kerja tidak cocok dengan pelamar, bisa jadi akan gampang merasa lelah, stres, dan akhirnya tidak betah. Cara termudahnya bisa dengan mempelajari budaya perusahaan lewat internet.

Seperti pada situs resmi perusahaan di halaman tentang kami, atau bisa juga lewat perorangan. Anda juga bisa mencari post karyawan di perusahaan tersebut pada platform LinkedIn.

4. Kisaran Gaji

Merupakan faktor krusial yang perlu menjadi pertimbangan, mengingat tujuan bekerja adalah mencari penghasilan. Kisaran gaji akan dilakukan ketika melakukan perbincangan dengan HRD saat wawancara.

Namun bisa juga dengan melihatnya terlebih dahulu lewat pencarian Google. Pastikan penawaran gajinya sesuai dengan kebutuhan sehari-hari, tabungan, dan kebutuhan lain.

5. Melihat Potensi Jenjang Karir di Perusahaan Tersebut

Anda bisa melihat jenjang karir karyawan di perusahaan tersebut lewat internet, seperti profil karyawan di platform LinkedIn. Apakah jenjang karir mereka berkembang? Atau bisa langsung bertanya kepada mereka.

6. Pastikan Memiliki Kualifikasi yang Cocok

Lihat persyaratan melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Kandidat seperti apa yang perusahaan butuhkan? Apakah sesuai dengan kualifikasi Anda atau tidak? Jika tidak, lebih baik urungkan niat, karena sudah pasti tidak masuk kriteria.

7. Lihat Apakah Ada Kesempatan untuk Belajar dan Berkembang

Beberapa perusahaan memberikan kelonggaran kepada karyawannya untuk menempuh pendidikan lanjutan. Baik dari segi waktu maupun biaya. Tentunya hal ini dapat membantu pekerja untuk mengembangkan karirnya.

Nah, pastikan mempertimbangkan 7 hal tersebut sebelum memutuskan untuk melamar kerja. Semoga informasi ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang cocok.

Baca Juga Metaverse Adalah: Pengertian dan Cara Kerjanya

(Visited 50 times, 1 visits today)