Android Developer merupakan pekerjaan yang cukup menjanjikan untuk saat ini. Hal ini dikarenakan banyaknya pengguna ponsel pintar membuat kebutuhan akan Android Developer terus meningkat, yakni dalam pembuatan Game atau aplikasi lainnya yang dapat digunakan di dalam smartphone ataupun tablet. Menjadi Android Developer juga memiliki jenjang karir yang sangat bagus dan gaji Android Developer sendiri terbilang cukup tinggi. Nah bagi Anda yang merupakan IT Freshgraduate dan ingin terjun sebagai seorang Android Developer, cara menjadi Android Developer berikut ini bisa membuat Anda cepat diterima atau bahkan dicari oleh perusahaan besar.

Bahasa Pemrograman yang Perlu Dikuasai

1. Java

Bahasa pemrograman Java merupakan bahasa yang digunakan untuk pembuatan aplikasi Android secara native/ bawaan asli dari Android. Bahasa Java juga merupakan skill pertama yang harus dikuasai oleh Developer Aplikasi Android. Tak sedikit orang yang langsung membuat coding java untuk Android lalu mengalami kesulitan. Oleh karena itu, lebih baik mempelajari dan memahami bahasa pemrograman Java terlebih dahulu sebelum membuat aplikasi Android.

2. XML(eXtensible Markup Language)

XML merupakan bahasa markup yang digunakan dalam mendeskripsikan data. Karena jika Anda telah mempelajari sintak-sintak dasar XML, nantinya akan lebih membantu dan mempermudah Anda dalam melakukan pengembangan aplikasi Android seperti merancang layout tata letak antarmuka pengguna(UI) dan parsing data dari internet.

3. SQL(Structured Programming Language)

SQL merupakan hal waji lainnya yang harus dipelajari untuk mengatur database dalam aplikasi android. SQL merupakan bahasa ekspresi query yang berfungsi dalam mengambil informasi dari database.

Mencari Referensi

Cara menjadi Android Developer yang baik tentunya kita diharuskan untuk update tentang informasi di dalam dunia Android, misalnya dengan mengunjungi beberapa situs website yang menyediakan sumber-sumber informasi terbaru seputar Android. Anda juga bisa bergabung dengan komunitas, forum atau kursus baik secara offline maupun online dan saling bertukar pikiran dengan developer lainnya.

Dalam pengembangan suatu aplikasi Android terdapat dua tools yang biasanya sering digunakan yaitu Android Studi dan Eclipse. Google juga telah menjadikan Android Studio sebagai IDE resmi dalam melakukan mengembangkan aplikasi Android. Android Studio juga merupakan pengembangan dari Eclipse, sehingga memiliki banyak fitur-fitur yang lebih baru dibanding Eclipse. Namun untuk menjalankan Android Studio, komputer kita juga harus memiliki spesifikasi yang lumayan tinggi.

Memahami Arsitektur Android

Dalam pembuatan aplikasi Android tentunya ada berbagai hal yang harus Anda pahami terlebih dahulu. Misalnya desain, komponen, pattern, dan lain-lain. Oleh karena itu alangkah baiknya jika mengawali dengan memahami apa itu Android dan cara melakukan pengembangan desainnya.

Mengutamakan Kualitas dari Pada Kuantitas

Beberapa developer mungkin memiliki pemikiran bahwa semakin banyak aplikasi yang dibuat dan dikembangkan lagi maka mereka akan semakin sukses, namun sayangnya hal ini jarang terjadi. Anda perlu memiliki pola pikir seperti ini, lebih baik developer menginvestasikan waktu mereka untuk menciptakan satu aplikasi berkualitas dibanding membuat 3 aplikasi kualitas rata-rata.

Baca juga artikel lainnya : Bocoran Soal Tes Android Developer Terlengkap

Apakah anda tertarik dan mencari Lowongan Android Developer? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda dan bergabung dengan TOG Indonesia. Dengan begini, anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 34 times, 1 visits today)