Menjadi programmer yang handal bisa secara otodidak lho! Oh, ya? Kok, bisa! Benar adanya, cara menjadi seorang programmer handal, Anda dapat mempelajarinya secara otodidak, sebab terdapat banyak cara untuk dapat menjadi seorang programmer yang handal, hanya melalui cara otodidak.

Perkembangan teknologi dan internet yang demikian pesat, membawa keuntungan tersendiri bagi banyak orang. Terutama di bidang Information Technology (IT), dalam hal bahasa pemrograman atau programming. Terutama bagi Anda yang ingin belajar programming dan terjun untuk menjadi seorang programmer handal. Dari tahun ke tahun, dunia programming berkembang amat cepat. Profesi programmer pada saat ini semakin diminati, apalagi bagi kalangan anak muda. Minat mereka terhadap dunia teknologi menjadi semakin besar, karena baik perusahaan di dalam maupun luar negeri membutuhkan jenis profesi ini.

Untuk gaji yang diberikan kepada seorang programmer tergolong menjanjikan dan akan terus meningkat seiring bertambahnya skill yang dimiliki. Kabar baiknya, profesi ini dapat dijalani, meskipun Anda tidak memiliki latar belakang pendidikan IT. Pertanyaannya adalah, apakah belajar menjadi seorang programmer dapat secara otodidak? Jawabannya adalah bisa sekali! Bagi Anda yang tertarik dengan jenis pekerjaan ini, maka simak baik-baik cara menjadi programmer secara otodidak berikut ini.

Cara Menjadi Programmer Otodidak yang Handal

Cara Menjadi Programmer

Sumber: Istock

1. Belajar Bahasa Inggris

Semua bahasa pemrograman dokumentasinya dibuat dan ditulis dengan menggunakan bahasa inggris. Setiap library, framework, open source, API’s, semuanya ditulis dengan menggunakan bahasa inggris. Oleh karenanya,  kemampuan Bahasa Inggris sangat penting sekali dimiliki oleh seorang programmer, sebagai dasar skill untuk belajar bahasa pemrograman. Selain itu, Belajar Bahasa Inggris juga dapat bermanfaat untuk belajar tutorial mengenai coding yang banyak dibuat oleh orang-orang di luar Indonesia.

2. Belajar Algoritma Dasar

Jika Anda ingin menjadi programmer secara otodidak, maka Anda harus mempelajari algoritma dari dasar. Algoritma, khususnya di dalam pemrograman adalah sekumpulan pernyataan yang dibuat untuk menyelesaikan suatu permasalahan secara sistematis. Adapun penggunaan algoritma ini, adalah untuk diterapkan ke dalam bahasa pemrograman. Nah, apabila Anda berhasil menguasai algoritma dasar, maka langkah selanjutnya untuk belajar tentang pemrograman akan jauh lebih mudah.

3 Menentukan Bahasa Pemrograman yang Digunakan

Saat ini, bahasa pemrograman semakin beragam, perkembangannya juga makin pesat. Akan tetapi, Anda tidak diharuskan untuk dapat menguasai semua itu secara bersamaan. Mulailah dengan memilih bahasa pemrograman yang paling mudah untuk dipelajari, supaya tidak terlalu membebani pada saat belajar secara otodidak nantinya. Adapun HTML, adalah bahasa pemrograman yang terhitung mudah untuk Anda pelajari sendiri, apalagi sifatnya yang open-source, sehingga dapat dipergunakan secara gratis. Namun, jangan langsung berpuas diri, setelah mahir dengan satu bahasa pemrograman saja. Cobalah mengeksplor bahasa pemrograman lain yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi, seperti Java, Visual Basic, Phyton, C, PHP, dan lainnya. Dengan mempelajari beragam bahasa pemrograman, maka kemampuan Anda akan semakin meningkat dan tidak stagnan.

4. Membuat Jadwal Belajar dengan Konsisten

Apabila Anda telah membuat keputusan untuk belajar programmer secara otodidak, maka Anda harus menyusun jadwal belajar supaya dapat tetap konsisten. Hal itu dimaksudkan, supaya Anda tidak mudah lalai atau malas, karena yang memegang kendali adalah diri Anda sendiri. Konsisten merupakan kunci penting, sukses tidaknya seseorang, tidak terkecuali ketika ingin menjadi seorang programmer. Tidak perlu belajar dalam waktu yang lama, Anda cukup meluangkan waktu sekitar 1-2 jam sehari, untuk belajar bahasa pemrograman. Lakukanlah setiap hari, supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

 5. Belajar Dari Buku dan Tutorial Online

Cara menjadi programmer handal secara otodidak berikutnya adalah dengan membaca buku tentang programming. Buku adalah sumber ilmu yang dapat menjadi referensi Anda, ketika ingin belajar menjadi programmer secara otodidak. Anda dapat mempelajari buku fisik maupun buku elektronik (e-book), yang membahas tentang dasar-dasar menjadi seorang programmer. Selain itu, media online seperti YouTube, telah banyak menyiarkan tutorial online untuk mempelajari programming. Hal ini  dapat turut membantu Anda di dalam proses belajar. Dan oleh sebab itu, apabila Anda ingin serius menjadi seorang programmer, maka Anda harus rajin mencari referensi terkait seperti mulai menonton video dan membaca buku.

6. Tidak Membiasakan Copy Paste

Pada saat awal praktik, mungkin Anda akan menemui beberapa kesalahan. Hal itu tidak menjadi masalah, karena lewat kesalahan yang Anda lakukan, akan menjadi bahan koreksi di kemudian hari. Tidak ada seorang ahli yang terlahir langsung dengan kemampuan, begitupun juga seorang programmer. Maka, konsisten praktik menjadi kunci keahlian mereka. Setiap bidang keilmuan tentunya harus dipraktikkan, sebab apa gunanya paham teori namun tidak paham praktik secara langsung. Apalagi bagi seorang programmer, praktik menjadi suatu hal wajib supaya kemampuan yang dimiliki dapat berkembang.

7. Membiasakan Untuk Evaluasi Hasil

Setelah Anda mencoba untuk mempraktikkan hasil teori yang Anda pelajari, maka dari hasil praktik yang dilakukan tersebut, akan Anda temui beberapa kesalahan. Kesalahan tersebut dapat menjadi sebuah bahan evaluasi untuk perbaikan selanjutnya. Dan jangan cepat untuk berpuas diri, saat Anda berhasil membuat sebuah program. Teruslah untuk belajar dan melakukan evaluasi terhadap hasil. Mungkin saja, program yang Anda ciptakan mengalami error debug, sehingga perlu untuk diperbaiki lebih lanjut. 

Apabila Anda telah berusaha untuk memperbaiki namun tidak kunjung berhasil, maka saatnya Anda untuk bertanya kepada para ahli di bidang programming atau menanyakan langsung kepada rekan senior programmer Anda. Mereka akan memberikan evaluasi terhadap program yang telah Anda ciptakan. Jadikan masukan ahli sebagai pelajaran yang berharga. Dengan konsisten melakukan evaluasi terhadap hasil, maka kemampuan melakukan pemrograman akan meningkat dan Anda mampu memecahkan permasalahan yang ada. 

8. Bergabung Dengan Komunitas Programmer

Banyak orang akan makin semangat belajar, apabila berada di lingkungan yang satu frekuensi dan tepat dengan mereka. Itulah pentingnya bergabung dalam komunitas, supaya Anda tetap semangat belajar dan meningkatkan skill programming Anda. Tergabung di dalam komunitas, akan memungkinkan Anda mudah bertukar pikiran dengan para programmer lainnya, terlebih apabila kemampuan mereka jauh di atas Anda. Peluang untuk mendapat proyek juga lebih tinggi sebab, antar komunitas biasanya kerap membagikan info lowongan pekerjaan.

9. Jangan Cepat Untuk Menyerah

Pepatah mengatakan, kegagalan adalah sebuah kesuksesan yang tertunda, jadi pada saat Anda mengalami kegagalan dalam proses menciptakan program pertama Anda, maka jangan mudah menyerah. Ingatlah pada tujuan awal Anda ingin menjadi programmer yang handal. Hal ini penting untuk menyemangati Anda supaya kembali bangkit pada saat menemui kesulitan. Seorang ahli tidak akan mudah menyerah begitu saja. Tidak masalah apabila gagal sekali dua kali, karena yang terpenting adalah menjaga supaya semangat Anda tetaplah membara di dalam hati.

Baca juga: Berbagai Sertifikat Programmer yang Bisa Tunjang Karir Anda

Demikian tadi ulasan cara menjadi programmer otodidak yang handal. Tidak  mudah memang, untuk melalui proses yang panjang tersebut. Namun, nantinya Anda akan memetik hasil kerja keras tersebut di kemudian hari. Jadi, jangan berhenti untuk tetap belajar dan tentu diimbangi dengan istirahat yang cukup. Bukan tidak mungkin, ilmu seputar pemrograman ini, nantinya akan dapat dipelajari oleh semua orang secara otodidak. Di mana ada kemauan di situ pasti ada jalan. Selamat mencoba Sahabat TOGI!

TOG Indonesia Adalah Salah Satu Perusahaan IT Solution Terbaik di Indonesia

TOGI (Triple One Global Indonesia) merupakan perusahaan IT Solution bagi setiap bisnis yang ingin berkembang dengan pesat. Dalam menghadapi tantangan global di era industri 4.0, TOGI siap memberikan solusi layanan IT yang dibutuhkan oleh semua perusahaan supaya dapat bersaing ketat dalam ekonomi digital yang sangat diperlukan untuk proses bisnis kedepannya. Kami memberikan layanan IT solution terpadu kepada Anda dengan tenaga-tenaga profesional IT yang berpengalaman.

Bagi Anda para Job Seeker, kami siap membantu Anda dalam menemukan pekerjaan impian sebagai seorang Programmer. Sedangkan bagi Anda bisnis owner, kami memiliki talenta-talenta terbaik di bidang IT, sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda seperti : IT Consulting, IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, dan sebagainya. 

Dalam hal pengembangan SDM, TOGI turut menyediakan pelatihan kompeten dalam bidang IT dengan rekam jejak yang tersertifikasi demi mengembangkan SDM yang mempunyai pondasi kuat dalam menghadapi tantangan di era digital ini.

TOGI telah memiliki rekam jejak penempatan banyak tenaga-tenaga IT professional maupun layanan IT manage service baik di instansi BUMN maupun swasta. Berbagai testimoni positif dan rasa puas terhadap layanan kami menjadi bukti jika kami adalah yang terdepan dalam hal solusi IT Anda. Jangan ragu ataupun bimbang karenanya. segera hubungi kami di sini untuk informasi dan layanan konsultasi gratis dari TOGI!


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 1 times, 1 visits today)