PHP Developer atau Programmer PHP merupakan profesi dibidang IT yang pada saat ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan di Indonesia. Nah prospek kerja Programmer PHP juga bisa dibilang sangat baik, apalagi gaji dari Programmer PHP terbilang cukup besar. Nah bagi kalian yang merupakan seorang IT Fresh Graduate dan ingin menjadi Programmer PHP, kalian diharuskan bisa menjawab contoh soal Programmer PHP agar lolos pada saat interview.

Berikut contoh soal Programmer PHP yang sering diujikan pada saat interview

Apa itu PHP?

Jadi, apa itu PHP? PHP singkatan yang berasal dari “Personal Home Page”. Untuk jawaban yang mungkin lebih akademis adalah “Hypertext Preprocessor”.

PHP merupakan bahasa pemrograman open source. PHP juga merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling populer di dunia. 

Bahasa pemrograman PHP juga sering digunakan untuk pembuatan website. Salah satu keunggulan bahasa PHP adalah kemudahannya untuk diintegrasikan dengan HTML.

Apa itu PHP ‘PEAR’?

PHP PEAR merupakan ekstensi dari bahasa pemrograman PHP itu sendiri. PHP ‘PEAR’ merupakan singkatan dari “PHP Extension and Application Repository”.

PEAR juga sering digunakan oleh Programmer PHP yang sudah berpengalaman. PEAR juga menyediakan berbagai pilihan dan fungsi yang jauh lebih banyak dibandingkan PHP standar.

PHP paling sering digunakan untuk apa?

Penggunaan yang paling umum dari bahasa pemrograman PHP. 

  • PHP dapat membuat, menulis, dan menutup system file.
  • PHP dapat melakukan enkripsi data atau mencegah orang lain mengakses website Anda.
  • PHP digunakan untuk mengatur cookies. Anda dapat memodifikasi dan mengatur cookies sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berapa banyak versi PHP?

Hingga saat ini, terdapat 4 versi PHP: PHP 5.6; PHP 7; PHP 7.1; PHP 7.2.

Secara umum, Anda dianjurkan untuk menggunakan versi paling baru, yaitu versi 7.2.

Sebutkan tipe-tipe error dalam PHP

Terdapat 3 error dalam PHP yaitu :  notices, warnings dan fatal.

  • Notices yang terjadi pada PHP adalah error yang paling sering dijumpai. Kesalahan yang satu ini tidaklah signifikan dalam barisan coding
  • Warnings merupakan error pada tingkat yang lebih lanjut, hanya saja masih belum terlalu fatal dalam proses coding.
  • Fatal error merupakan kesalahan yang paling fatal. Nah jika terjadi fatal error, maka proses deretan coding Anda akan mengalami terminasi.

Apa tag paling umum untuk mengintegrasikan PHP dengan HTML?

Tag paling umum adalah:

<?php ……… ?>

Apakah PHP adalah sebuah bahasa pemrograman OOP?

OOP merupakan singkatan dari “object-oriented programming”. OOP adalah sebuah tipe bahasa pemrograman yang berfokus pada tugas objek. Semua fungsi dan keberadaan OOP ini nantinya ditujukan untuk pembuatan dan pengembangkan objek.

PHP 5 merupakan versi yang bagus untuk bahasa pemrograman OOP. PHP 5 juga memiliki banyak fitur yang dimiliki oleh OOP.

Kapan Anda dapat menggunakan “final method”?

Final method dalam PHP merupakan sebuah metode yang berguna untuk membuat sebuah proses menjadi tidak dapat di-overridable.

Apakah bahasa pemrograman PHP merupakan inheritance single atau multiple?

Pertanyaan ini bisa dibilang salah satu dari pertanyaan jebakan pada saat wawancara Programmer PHP. 

Jawabannya adalah dalam bahasa PHP, Anda hanya dapat melakukan ekstensi class dari sebuah class single lainnya. Itu berarti PHP adalah termasuk single inheritance.

Bagaimana kita menggunakan ‘image’ dalam bahasa pemrograman PHP?

Untuk menggunakan fungsi image dengan PHP, Anda diharuskan untuk mengunduh GD library. GD library merupakan sebuah tool image yang membuat Anda dapat memodifikasi data informasi sebuah gambar.

Nah itulah contoh soal Programmer PHP yang mungkin sering ditanyakan oleh perusahaan di Indonesia. Nah bagi kalian yang sedang mencari lowongan PHP Developer, kalian bisa bergabung dengan TOG Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan IT terbaik di Jakarta.

Baca juga arttikel lainnya : PHP Developer atau Node.Js Mana yang Memiliki Prospek Bagus?


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 34 times, 1 visits today)