Kebutuhan perusahaan akan tenaga kerja ahli cyber security sangat tinggi di era industri 4.0. Bahkan, gaji yang ditawarkan cukup tinggi dibandingkan beberapa gaji profesi IT lainnya.  Bagi Anda yang berminat ingin mendapatkan pekerjaan di sektor ini, terdapat 10 posisi pekerjaan cyber security yang memiliki prospek menjanjikan seperti.

10 Jenis Profesi Cyber Security

Cyber Security

SUmber Foto : ids.ac.id

1. Auditor security

Untuk bekerja pada profesi ini, Anda wajib memiliki kemampuan memeriksa efektivitas sebuah sistem keamanan pada perusahaan. Tak hanya itu, Anda harus mampu memberikan solusi guna peningkatan sistem untuk lebih aman dari serangan cyber.

2. Chief information security officer

Profesi ini bertugas dalam mengatur sektor keamanan TI sebuah perusahaan. Untuk menempati posisi ini, Anda harus memiliki pengalaman yang cukup lama di bidang keamanan siber.

3. Computer forensic spesialist

Untuk bekerja di profesi ini, Anda dituntut mampu dalam mengakses dan menganalisis bukti dari beragam hal, mulai dari komputer, jaringan, atau perangkat penyimpan data.

4. Developer software security

Profesi ini bertanggung jawab dalam mengembangkan software keamanan dan mengintegrasikannya ke dalam sistem perusahaan. Tanggung jawab mereka yang lain adalah untuk memberikan dukungan serta pengujian perangkat lunak yang telah dirancang.

5. Incident responder

Mereka adalah sosok yang pertama kali harus bertindak apabila terjadi insiden keamanan atau serangan siber dan bertanggung jawab dalam edukasi dan melakukan pencegahan terjadinya insiden serupa.

6. Konsultan cyber security

Tugas pada profesi ini adalah memberikan solusi keamanan yang dihadapi oleh perusahaan. Tanggung jawab yang di emban pun cukup luas,  mulai dari menemukan cara yang paling efektif dalam melindungi jaringan, perangkat lunak, hingga melakukan pengujian dan analisis risiko yang timbul.

7. Penetration tester

Profesi yang sering disebut dengan istilah white hat hacker ini bertugas untuk mencari celah keamanan dalam sistem perusahaan dan melakukan analisa secara mendalam bug pada sistem.

8. Security analyst

Profesi ini bertugas dalam mendeteksi dan mencegah ancaman cyber terhadap perusahaan seperti perencanaan, implementasi, analisis risiko, audit internal dan eksternal, hingga koordinasi rencana keamanan dengan pihak ketiga.

9. Security architect

Untuk melakukan implementasi dan mengawasi keamanan jaringan komputer perusahaan, menjadi tugas dari profesi yang satu ini. Tangung jawab lain dari pekerjaan ini adalah mendesain, meriset hingga mengembangkan arsitektur keamanan perusahaan.

10. Security engineer

Posisi yang terakhir ini bertugas membangun serta memelihara sistem keamanan perusahaan. Tugas lain dari mereka adalah memasang firewall, menguji keamanan, mengembangkan skrip automasi untuk melacak insiden atau pun menguji keamanan dari jaringan perusahaan tersebut.

Baca juga : Cara Menjadi Cyber Security yang Andal


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 156 times, 1 visits today)