Implementasi ERP menjadi salah satu cara agar seluruh proses bisnis dapat berjalan dengan baik. Namun, masih banyak perusahaan yang mengalami kesulitan saat mengimplementasikan sistem tersebut. Sehingga, perusahaan membutuhkan bantuan ahli profesional yang mampu memberikan solusi tepat dan terbaik dalam mengembangkan bisnis perusahaan, seperti ERP consultant.  

Pada artikel ini, kami akan mengulas mengenai ERP consultant. Tanpa menunggu lama, yuk, simak sampai habis!

ERP Consultant Profesi yang Banyak Dicari Perusahan Besar

Pengertian ERP

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah software yang digunakan oleh perusahaan, untuk mengelola dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan bisnis. Sistem ini mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas setiap departemen pada perusahaan.  Hal itu dikarenakan, segala proses bisnis seperti keuangan, inventory, penjualan, sumber daya manusia, dan lain sebagainya, sudah terintegrasi di dalam ERP.

Mengenal ERP Consultant

ERP consultant merupakan seorang profesional yang membantu mengelola dan mengimplementasikan ERP pada organisasi besar, dan perusahaan kecil hingga menengah. Konsultan ini memiliki pemahaman mendalam mengenai keuangan, manufaktur, industri, dan ahli dalam penggunaan ERP.

Konsultan ERP mampu memberikan solusi atau ide-ide untuk membantu klien dalam mengembangkan bisnis dan mengambil keputusan. Mereka akan mengevaluasi kebutuhan klien, dan menganalisis persyaratan apa saja yang dibutuhkan.

Selain menganalisis dan memberikan solusi, berikut peran dan tanggung jawab ERP consultant :

  • Merancang proses bisnis yang kemudian diadaptasi ke sistem ERP;
  • Menentukan software ERP dengan mempertimbangkan masalah dan kebutuhan klien;
  • Mengaudit dan menganalisis proses manajemen yang ada;
  • Melakukan konfigurasi dan mencoba aplikasi sesuai kebutuhan fungsional perusahaan yang sudah diidentifikasi;
  • Membantu klien mengoperasikan ERP.

 

Jenis-Jenis ERP Consultant

  • Konsultan Fungsional

Konsultan fungsional adalah pihak yang biasanya dihubungi pertama kali oleh klien. Konsultan ini mencari informasi sedetail mungkin, dan mengumpulkan data dari kebutuhan klien untuk memahami proses bisnis mereka. Pun, memberikan arahan yang tepat kepada klien atau perusahaan, agar implementasi ERP dapat dilakukan secara benar. Posisi ini akan memberikan solusi terbaik, dalam menentukan software yang mampu menyelesaikan permasalahan bisnis dengan efektif dan tepat.

  • Konsultan Teknis

Konsultan ini berkoordinasi dengan konsultan fungsional, dalam proses pemrograman yang bersifat teknis. Posisi ini juga bertanggung jawab untuk menentukan dan menerapkan solusi mengenai ERP yang dibutuhkan oleh klien. Konsultan teknis harus mempunyai keterampilan teknis seperti pemrograman dan query, untuk mempermudah proses ERP.

  • Subject Matter Expert (SME)

Konsultan ini memiliki pengetahuan mendalam terkait perusahaan tempat mereka bekerja, mulai dari aktivitas hingga sejarah perusahaan. Dengan pengetahuan tersebut, SME membantu tim konsultan eksternal untuk memahami proses perusahaan dan implementasi ERP.

Baca Juga: Mengenal Profesi IT Auditor yang Sangat Menjanjikan

(Visited 25 times, 1 visits today)