Membuat dan mengembangkan website atau web akan jauh lebih sulit bila tidak menggunakan framework. Pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa framework yang terbaik digunakan oleh web developer untuk mengembangkan website di tahun 2021. Yuk, simak ulasan berikut di bawah ini.

Framework Pengembangan Website Terbaik di Tahun 2021 :

1. Angular.js

Angular JS diciptakan oleh engineer Google yaitu Misko Hevery dan Adam Abrons, dan dirilis pada tahun 2012. Kerangka kerja JavaScript yang paling kuat, dan efisien adalah AngularJS. Pun, framework ini bersifat open-source dan biasa digunakan dalam membuat single page (SPA) berbasis website. Selain itu Angular JS juga sering digunakan untuk membuat menu animasi di HTML.

2. React.js

Framework yang satu ini dikembangkan oleh facebook. Dalam waktu singkat, React JS telah mendapatkan popularitas dalam waktu singkat. Dengan menggunakan React JS, developer bisa membuat berbagai user interface yang bisa dibagi menjadi beberapa komponen.

3. Vue.js

Dikembangkan pada tahun 2016, kerangka kerja JavaScript ini telah masuk ke pasaran, dan membuktikan nilainya dengan menawarkan berbagai fitur. Dual integration mode adalah salah satu fitur paling menarik untuk membuat single page (SPA) kelas atas. Selain itu, framework ini pun digunakan untuk membuat User Interface. Vue sendiri diciptakan untuk memberikan alternatif framework yang jauh lebih ringan dibandingkan framework lainnya.

4. ASP.NET

ASP.NET dikembangkan oleh Microsoft pada tahun 2012 untuk membantu pengembang aplikasi web yang menggunakan Object – Oriented secara dinamis. Teknologi ini diciptakan oleh Microsoft untuk pemrograman internet yang lebih efisien. Untuk mengembangkan web, ASP.Net dibantu oleh tools lain seperti SQL Server, Visual Studio, dan Browser.

5. ASP.NET Core

Framework ini ditujukan untuk developer yang tidak menggunakan OS Windows, tapi menyukai ASP.NET. ASP.Net Core dapat digunakan oleh pengguna Linux dan Mac OS.

6. Spring

Spring adalah framework open source berbasis java yang dirilis oleh Red Johnson sebagai alternatif dari JEE (Java Enterprise Edition). Spring bertujuan untuk mengatasi masalah desain sistem dalam pengembangan enterprise.

7. Django

Tahun 2005, Adrian Holovaty dan Simon Willson menciptakan kerangka kerja web server-side berbasis Python yang mengikuti pola arsitektur MTV. Django merupakan framework Python yang bisa digunakan untuk pengembangan aplikasi web dengan cepat, mudah, dan sedikit kode.

8. Laravel

Laravel adalah framework bahasa pemrograman PHP yang cukup populer dan terbaik di Indonesia, dan juga dunia. Setiap versi barunya laravel memunculkan teknologi baru yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan aplikasi web.

9. Ruby on Rails

Ruby on Rails cocok digunakan bagi developer yang sudah memahami ruby. Rails bertujuan untuk menyederhanakan pembuatan aplikasi berbasis web.

10. Jquery

Framework web yang satu ini diciptakan untuk memudahkan pengembang yang ingin mengembangkan website dengan bahasa pemrograman JavaScript. Jquery sangat populer digunakan karena bisa digunakan di berbagai platform.

11. Express

Express atau ExpressJS menggunakan modul http bawaan dari Node JS. Framework ini menawarkan beberapa fitur seperti routing, rendering view, dan middleware, Karena Express adalah salah satu framework yang fleksibel, developer bisa membuat web server HTML, aplikasi chat, search engine, dan lainnya.

12. Flask

Flask merupakan framework yang berasal dari bahasa pemrograman Phyton. Dengan flask, developer bisa digunakan untuk membangun web tanpa perlu membangunnya dari nol. Flask sangat ringan dan tidak bergantung oleh banyak library dari luar

Baca Juga: 10 Framework PHP Terbaik yang Banyak Digunakan Oleh PHP Developer

(Visited 44 times, 1 visits today)