Freelance Web developer, kini cukup diminati oleh banyak orang. Waktu kerja yang fleksibel menarik minat orang-orang untuk berkarir di bidang ini. Bayangkan saja, Anda bisa memilih waktu yang nyaman untuk bekerja, dan kapan waktu yang pas untuk bersantai.

Selain waktu yang fleksibel, pendapatan yang didapatkan cukup menggiurkan. Seiring berkembangnya teknologi, permintaan akan web developer pun semakin meningkat. Anda bisa mengambil banyak proyek di berbagai perusahaan sekaligus tanpa terikat kontrak. Semakin banyak proyek yang Anda ambil, semakin besar pula pemasukan yang didapat.

Namun, meskipun menjadi freelance web developer memiliki banyak kelebihan, tidak semua orang bisa melakukan profesi ini. Mengapa demikian?

Profesi ini membutuhkan tanggung jawab yang sangat besar. Menjadi seorang freelancer berarti menjadi bos untuk diri sendiri. Anda bertanggung jawab untuk segala hal tanpa bantuan orang lain atau rekan kerja.

Selain itu, pendapatan sebagai pekerja lepas memang cukup menggiurkan, namun tidak menentu. Layaknya berbisnis, dalam bekerja freelancing Anda bisa  mengalami pasang-surut dalam finansial. Mungkin di bulan ini bisa Anda mendapatkan banyak proyek, namun di bulan berikutnya tidak ada sama sekali.

Meskipun tidak semua orang bisa bekerja sebagai freelance web developer, bukan berarti profesi ini tidak bisa dipelajari sama sekali.

Berikut 5 cara menjadi freelance web developer andal :

  1. Pelajari Teknologi dan Bahasa Pemrograman

Ketika membuat proyek website, dibutuhkan lebih dari satu pengetahuan bahasa pemrograman. Semakin banyak teknologi dan bahasa yang bisa dikuasai, semakin banyak pula proyek yang bisa Anda ambil. Dengan banyaknya proyek, pendapatan pun semakin terjamin.

  1. Menyusun Rencana Bisnis

Menyusun rencana bisnis membantu dalam memberikan visi dan arahan untuk bisnis. Dengan adanya rencana bisnis, Anda juga bisa menetapkan tujuan dan mengukur prestasi.

  1. Portofolio yang Menarik

Sebagai seorang freelancer, portofolio menentukan seberapa banyak klien atau proyek yang bisa Anda dapatkan. Menjadi seorang freelance web developer, pastikan Anda membuat portofolio yang menarik.  Sebab dengan portofolio, Anda bisa menunjukkan berbagai keahlian dan hasil Anda kepada klien. Ceritakan apa passion Anda, layanan apa yang bisa Anda berikan, dan apa manfaat yang bisa mereka dapatkan jika bekerja sama dengan Anda.

  1. Personal Branding yang Baik

Personal branding merupakan kunci ketika mulai bekerja sebagai seorang freelancer. Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan diri Anda. Selain dapat menarik perhatian banyak klien, personal branding yang baik dapat membangun relasi yang lebih luas lagi.

  1. Perbanyak Pengalaman dan Terus Berkembang

Perluas pengetahuan Anda dengan mengikuti perkembangan bahasa pemrograman dan teknologi. Selain itu, perbanyak pengalaman dan proyek yang Anda tangani.

 

Baca Juga Panduan Membuat CV ATS Friendly Beserta Contohnya


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 58 times, 1 visits today)