Gaji produk manager mempunyai rentang yang cukup besar sejalan dengan tugas dan tanggung jawabnya yang lumayan kompleks dan beragam. Gaji ini berbeda bagi setiap perusahaan tergantung pada kondisi keuangan kantor masing-masing.

Kisaran gaji produk manager adalah Rp8 juta hingga Rp15 juta, setidaknya itu yang ditawarkan oleh salah satu perusahaan rintisan bidang pendidikan, Quipper. Angka tersebut dapat menjadi panduan bagi Anda yang hendak melamar posisi ini untuk kali pertama. Bagi yang sudah berpengalaman pun, angka tersebut dapat menjadi referensi untuk melakukan negosiasi gaji, tergantung dari jenjang itu sendiri.

Angka terendah kemungkinan mengarah ke posisi yunior dari produk manager, yakni associate product manager. Level ini tergolong tingkat awal yang biasanya bertanggung jawab terhadap satu atau beberapa sub-produk, satu proyek dan banyak proyek dalam satu waktu.

Level menengah, product manager, merupakan posisi menengah yang memegang peran sepenuhnya atas suatu produk. Ia bekerja mulai dari fase perencanaan hingga proses produksinya. Gaji produk manager untuk jenjang menengah biasanya berada di antara jenjang yunior dan senior.

Gaji produk manager yang sudah senior atau bernama senior product manager biasanya menjadi yang tertinggi. Pada posisi ini, ia tidak lagi berfokus pada eksekusi proyek melainkan mengawasi tim produksi yang ada di bawahnya.

Dari ketiga jenjang profesi produk manager di atas, dapat kita bagi bahwa pekerjaan profesi ini meliputi pra produksi, proses produksi hingga paska produksi. Fase pra produksi mencakup kecakapan menerjemahkan nilai perusahaan ke dalam calon produk, diskusi dengan pemangku kepentingan hingga meneliti tren produk di masyarakat. Tak ketinggalan adalah bertukar pikiran dengan pihak klien itu sendiri.

Tahap produksi meliputi aktivitas, seperti mengecek persediaan bahan mentah, tenaga kerja, prosedur kerja hingga membuat jadwal produksi yang mengakomodir kebutuhan semua pihak. Kolaborasi dengan tim lain dan bawahan memainkan kunci penting agar produk sesuai harapan.

Apabila terjadi masalah, ia harus mencari solusi sembari terus mengembangkan produk ke depan. Setiap tahapan produksi akan ia catat dalam laporan produksi untuk mempermudah pelacakan kesalahan, jika ada, serta menyumbang poin penting untuk pengembangan produk jika memang dibutuhkan.

Seorang produk manager turut sigap menangkap keluhan bawahan, jika ada, dan tentu saja mencarikan solusi. Apabila seluruh produksi selesai, ia masih harus mengevaluasi keseluruhan proses produksi.

Beragam tanggung jawab di atas tak mengherankan mewajibkan pelakon profesi ini harus menguasai beragam keahlian. Contohnya adalah kemampuan komunikasi dan kolaborasi, riset dan analisa, manajemen bisnis dan produk, analisa data dan senantiasa mengikuti perkembangan dunia ekonomi.

Profesi ini biasanya diisi lulusan dari Manajemen Bisnis, Administrasi Niaga, Teknik Industri, Komunikasi, Desain Produk, Desain Komunikasi Visual (DKV), Rekayasa Hayati, Produksi Ternak, Agroindustri, Agrobisnis, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasi, dan lainnya.

Apakah anda mencari Lowongan Product Manager? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda dan bergabung dengan TOG Indonesia. Dengan begini, anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya : Tugas Produk Manager yang Datangkan Gaji Tinggi


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 9 times, 2 visits today)