Produk manager merupakan bagian penting dari proses produksi mulai dari perencanaan hingga evaluasi. Tidak mengherankan tugas produk manager begitu beragam dan kompleks mengikuti jenjang karirnya.

Tugas produk manager bermula dari kesanggupannya dalam menerjemahkan produk dengan benar. Ia harus bisa menuangkan visi perusahaan ke dalam produk yang diproduksi. Sejalan dengan itu, ia mesti mempelajari produk yang dahulu pernah dijual serta meneliti tren produk di pasar.

tugas product manager

Untuk menentukan produk, seorang produk manager harus berdiskusi dengan pemangku kepentingan agar produk sesuai dengan keinginan klien atau menarik bagi calon konsumen.

Setelah produk disepakati bersama, tugas produk manager berikutnya adalah berkolaborasi dengan anggota tim produksi untuk mengembangkan produk. Bersamaan dengan tugas ini, ia harus mengetahui kebutuhan untuk pembuatan produk tersebut, stok yang tersedia, jadwal produksi hingga jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan.

Di sinilah keahlian manajemen waktu seorang produk manager akan diuji. Ia harus membuat jadwal produksi yang pas sesuai dengan tenggat waktu per bagian produksi. Faktor seperti keterbatasan anggaran dan waktu patut menjadi elemen pertimbangan agar seluruh pihak tidak merasa keberatan.

Saat proses produksi, tugas produk manager beralih lebih ke mengarahkan fase produksi. Pastinya ia juga fokus mengamati jika ada cacat produksi atau keluhan dari pekerja selama proses ini. Tanggung jawab lainnya adalah mengembangkan kendali mutu dari barang produksi sambil merekam setiap fase produksi ke dalam laporan operasional produksi.

Analisa produksi berjalan selama fase ini. Jika terjadi masalah, ia harus mencari solusi, yang kemungkinan melibatkan pihak lain, mulai dari karyawan hingga atasan. Setelah produksi selesai, peran produk manager bergeser ke evaluasi keseluruhan proses produksi hingga mendengarkan masukan atau keluhan dari staf.

Dari penjabaran di atas bisa disebut produk manager mempunyai tugas dan tanggung jawab yang seperti tidak ada putusnya. Proses pra-produksi, produksi hingga paska produksi melibatkan sub-fase yang saling berkaitan sebab mempengaruhi satu sama lain.

Untuk bisa menjadi produk manager yang handal, Anda harus menguasai pengetahuan dan keahlian yang beragam. Sebagai contoh adalah kemampuan komunikasi dan kolaborasi, kecakapan dalam riset, manajemen bisnis dan produk hingga senantiasa mengikuti perkembangan berita ekonomi. Tidak lupa adalah kemampuan analisa data untuk menghasilkan statistik yang terpercaya.

Tugas produk manager di atas bisa dikatakan ditanggung oleh tiga jenjang dalam produk manager; Associate Product Manager, Product Manager dan Senior Product Manager. Gaji dapat berkisar antara Rp8 dan Rp15 juta per bulan.

Associate Product Manager, posisi yunior untuk profesi ini, mengerjakan satu atau beberapa sub-produk, satu atau sejumlah proyek dalam satu waktu. Product Manager berada di posisi menengah yang kesehariannya menangani satu produk secara keseluruhan. Sedangkan Senior Product Manager berada di tahap lanjut, yang mewajibkan pelakunya untuk lebih fokus pada pengawasan tim produksi yang ada di bawahnya.

Apakah anda tertarik dan mencari Lowongan Product Manager? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda dan bergabung dengan TOG Indonesia. Dengan begini, anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya : Product Manager: Jenjang Karir dari Junior hingga Senior


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 40 times, 1 visits today)