Saat ini industri game di Indonesia sudah semakin berkembang. Oleh karena itu, profesi game designer banyak dicari perusahaan yang bergerak di industri game. Bagi orang yang suka bermain game, profesi itu adalah pekerjaan impian. Nah jika Anda tertarik untuk terjun dibidang yang satu ini yuk cari tahu apa saja yang dikerjakan oleh video game designer.

Mengenal Profesi Game Designer

Game Designer

Sumber Foto : dw.com

Game designer adalah profesi yang merancang konsep dari video games atau baik di smartphone, konsol, website atau komputer. Desainer game juga membuat konsep video game yang ingin diciptakan mulai dari plot sampai tingkat kesulitannya.

Tugas dan Tanggung Jawab Game Designer

Profesi ini bertugas untuk menjadikan konsep gameplay dan layout dari sebuah game menjadi kenyataan. Bagian dari konsep yang menjadi tanggung jawabnya seperti;

  • plot dan storyline
  • karakter
  • peta, skenario, dan tingkat kesulitan
  • cara untuk memenangkan atau kalah dalam permainan
  • penciptaan user interface

Skill dan Kualifikasi Game Designer

1. Kreativitas

Anda sangat membutuhkan kreativitas untuk mengkonsepkan game yang akan dibuat. Seorang designer harus mengetahui nilai-nilai estetika yang menarik dan juga fungsional.

2. Skill teknologi

Anda harus bisa menggunakan software editing dan juga software desain untuk membuat konsep dari ide-ide cemerlangnya. Mereka juga harus membuat prototipe yang diharuskan dengan segala jenis software agar dapat dilakukan percobaan ke pasar.

3. Problem solving

Dalam pembuatan sebuah video game, banyak juga hal-hal yang tak terduga terjadi saat proses pembuatan bahkan saat proses pengujian ke publik.

Oleh karena itu, Anda harus memiliki skill problem solving yang baik agar kamu memiliki banyak rencana untuk mengatasi hal-hal yang tidak bisa diprediksi.

4. Manajemen waktu

Dalam pembuatan sebuah video game, biasanya akan diberikan deadline untuk tahap percobaan sampai peluncuran. Jadi Anda harus bisa melakukan manajemen waktu agar sukses mengerjakan proyek game tersebut sesuai deadline.

5. Teliti

Membuat animasi dalam game harus terlihat hidup demi menambah pengalaman dalam bermain video game.  Mereka juga harus teliti terhadap cerita, plot, sampai juga tingkat kesulitan harus benar-benar dipahami agar tidak terjadinya plot-hole atau bug.

Jenjang Karier Game Designer

Bagaimana jenjang karier seorang game designer? pada awalnya Anda akan mengawali dengan menjadi junior designer dan dilanjutkan menjadi designer. Jika Anda sudah memiliki pengalaman, kemugkinan akan naik menjadi senior designer atau lead designer.

Baca juga : Peluang Karir Unity Game Developer yang Menjanjikan


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 15 times, 1 visits today)