Saat ini Game semakin digemari oleh banyak orang baik itu dari dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini juga tak lepas dari peranan industri Game Developer Indonesia yang kini menjadi salah satu industri yang berkembang sangat pesat. Salah satu Unity Game Engine yang cukup populer digunakan adalah Unity Game. Oleh karena itu, Unity Game Developer memiliki peluang yang sangat menjanjikan.

Alasan Kenapa Banyak Developer Menggunakan Unity Game

Pada saat ini, Unreal Engine mulai dikenal sebagai Game Engine terpopuler dunia. Hal ini bisa dibilang  cukup lumrah, mengingat Unreal Engine telah berkembang lama, sejak tahun 1998.

Di sisi lain, Unity juga menawarkan tren penggunaan yang sangat positif, khususnya pada pembuatan Game Mobile. Buktinya adalah, 34% dari 1.000 Top Free Games merupakan Game yang berbasis Unity.

Popularitas Unity Game tentunya bukan tanpa sebab. Ada beberapa keuntungan yang membuat Unity menjadi disukai oleh para Developer Game, seperti :

1. Kemudahan Membuat Game Dalam Berbagai Platform

Unity Game membantu Anda untuk bisa membuat sebuah Game dalam berbagai platform. Unity sudah mendukung lebih dari 25 platform digital. Anda bisa memilih untuk membangun Game berbasis Windows, Android, Mac, Xbox, PS4, Tizen, dan sebagainya hanya cukup dalam satu perangkat lunak.

Kemampuan Unity untuk menghasilkan Game dalam berbagai Platform ini juga akan sangat berguna ketika Anda ingin meningkatkan popularitas Game. Contohnya, adalah pada awal peluncurannya, Anda mungkin hanya menyediakan Game yang berbasis PC.

Namun, seiring dengan meningkatnya penggunaan smartphone, Anda ingin meluncurkan Game untuk Android maupun iOS. Lewat Unity, Anda bisa melakukan hal ini dengan sangat mudah.

2. Mampu Membuat Berbagai Jenis Game

Anda bisa berkreasi sebanyak mungkin dalam membuat Game ketika menggunakan Unity Game. Anda dapat menciptakan berbagai jenis Game di Unity. Kemampuan dalam membangun game 3D menjadi keunggulan utama dari Unity. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan Game Engine yang satu ini untuk memproduksi Game 2D.

Salah satunya adalah Anda bisa berkreasi menciptakan Role Playing Game (RPG) dengan Unity. Game yang edukatif berupa puzzle juga dapat Anda buat dengan mudah. Unity  juga memberikan sarana yang luas bagi para Developer dalam mengembangkan Multiplayer Game.

3. Kemudahan Dalam Berkolaborasi

Dalam melakukan pengembangan Game bukanlah pekerjaan yang selalu dikerjakan personal, tetapi kerja tim. Dengan Unity, Anda bisa melakukan kolaborasi dengan anggota tim menjadi lebih mudah. Tersedia beberapa fitur berupa Unity Teams yang memungkinkan hal ini. Lewat Unity Teams, Anda dapat berbagi ataupun melakukan sinkronisasi proyek dengan anggota lain dalam waktu singkat.

Yang paling menarik adalah kolaborasi dengan menggunakan fitur Unity Team, tidak mengharuskan Anda berada dalam satu ruangan. Unity Team bekerja dengan sistem cloud. Dengan cara kerja seperti ini, Anda bisa berkolaborasi secara jarak jauh dan cepat.

4. Cara Penggunaan Yang Mudah

Membuat game dengan Unity menjanjikan cara yang sangat praktis. Unity Game memiliki sebuah fitur menarik yang disebut Play Mode.

Fitur ini memungkinkan Anda mencoba game yang tengah dibuat secara langsung tanpa menunggu proses compile. Keberadaan fitur ini membuat Anda bisa membangun game dalam waktu yang ringkas.

5. Fitur Yang Membantu Pengembangan Game

Fitur lain yang sangat spesial dari Unity Game adalah Unity Analytics. Fasilitas ini akan memberikan informasi berupa hasil analisis Game yang bakal sangat berguna bagi Anda.

Data analisis yang didapatkan ini nantinya bisa dijadikan sebagai sarana pengembangan Game di masa depan. Data ini juga bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan kenyamanan para gamer. Di waktu yang sama, data ini juga berguna bagi Developer dalam meningkatkan Monetize Game.

Peluang Karir Unity Game Developer di Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan, Unity Game merupakan Game Engine yang secara khusus sangat cocok digunakan untuk pengembangan game mobile.

Di sisi lain, angka penggunaan Smartphone di Indonesia terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Menurut data eMarketer, jumlah pengguna Smartphone di Indonesia pada 2018 sudah mencapai angka 103 juta.

Tingkat penggunaan Game Mobile di Indonesia juga terbilang sangat tinggi. Hal ini dibuktikan melalui hasil riset yang dilakukan oleh New Zoo terkait pasar industri game di tanah air.

Laporan Newzoo pada tahun 2017 menunjukkan bahwa ada sebanyak 23,7 juta Gamer di Indonesia dengan potensi pemasukan mencapai angka US$880 juta.

Di sisi lain, geliat para pelaku industri Game dan Lowongan Game Developer di Indonesia juga sangat meningkat. Tingginya aktivitas usaha tersebut bisa dilihat dari begitu banyaknya perilisan Game oleh para Developer tanah air. Menariknya, beberapa Game Developer mampu menciptakan berbagai Game yang populer di tingkat dunia. 

Baca juga artikel lainnya : Bagaimana Prospek Gaji Game Developer di Indonesia?


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 30 times, 1 visits today)