Mungkin kalian pernah mendengar tentang istilah Game Engine gratis. Yup, game engine gratis merupakan tools gratis yang digunakan pengembang dalam membuat game. Seiring berkembangnya teknologi, penggunaan aplikasi pada smartphone maupun komputer pribadi semakin marak. Aplikasi yang banyak digemari oleh banyak kalangan adalah game, sehingga pasaran game saat ini pun cukup menjanjikan. 

Merealisasikan ide-ide game keren yang bisa dinikmati banyak orang memang harus melewati proses panjang yang cukup menyita waktu terlebih dahulu. Namun, tidak sedikit developer yang sukses dan mampu bersaing membuat game-game menarik. Dibalik kesuksesan game developer, game engine memiliki peranan penting dalam proses pembuatannya. Apa saja game engine gratis yang bisa digunakan? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Unity Engine

Di antara banyaknya game engine beredar saat ini, Unity Game menjadi salah satu industri game yang berkembang pesat dan semakin populer. Unity digunakan untuk membuat game yang populer seperti Pokemon GO, Assassin’s Creed, Hearthstone, dan masih banyak lagi. Unity yang biasa digunakan oleh game developer mempunyai banyak keunggulan, seperti membuat game menggunakan scripting.

Godot

Godot Engine merupakan cross-platform game engine untuk membuat game 2D dan 3D. Godot dikatakan sebagai engine dengan sistem scene dan node terbaik yang dapat membantu menghadirkan rangkaian kode pemrograman yang terorganisir. Banyaknya tools umum yang lengkap, membuat Godot mudah diprogram dan digunakan dalam mengembangkan sebuah game.

Unreal Engine

Siapa yang tidak mengenal game-game populer dengan visual terbaik, mulai dari Kingdom Hearts III, Final Fantasy VII Remake, Dragon Ball Fighter Z, hingga Fortnite? Ya, game dengan visual keren tersebut dibangun dengan menggunakan Unreal Engine. Unreal Engine merupakan alat pembuatan grafis 3D real time terbaik untuk pengembangan game. Bahasa pemrograman yang didukung adalah C++ Dengan Blueprints, alat ini bisa membantu game developer membuat game tanpa menuliskan kode.

Armory

Armory sangat cocok digunakan bagi para developer yang familiar dengan Blender. Game engine yang bersifat open source satu ini terintegrasi dengan software animasi 3D Blender. Di kalangan pengembangan game indie, Blender sangatlah populer. Tidak perlu repot berpindah-pindah program, kombo antara Blender dan Armory akan membuat developer lebih nyaman pada saat melakukan pengembangan.

CryEngine

Game Machine yang satu ini sangat cocok untuk membuat game 3D baik di console, maupun PC. CryEngine didukung oleh VR yang lengkap dengan fitur efek visual. Dengan begitu, game yang dibuat akan terlihat lebih realistis. Untuk developer yang ingin mengembangkan game tingkat tinggi, sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakan game engine ini.

Baca Juga: 9 Keterampilan yang Diperlukan Oleh Calon Analis Forensik Komputer

(Visited 34 times, 1 visits today)